Home / Berita Terbaru

Panen Cuan, Begini Peluang Usaha Toko Aksesoris

Panen Cuan, Begini Peluang Usaha Toko Aksesoris

21 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Produk yang berkaitan dengan fashion biasanya paling banyak diminati oleh sebagian besar orang, khususnya perempuan. Ada satu produk yang sampai sekarang sering dilirik, yaitu aksesoris. Penggunaan aksesoris bisa mempercantik tampilan, sehingga banyak orang yang mencari produk ini. Nah, kebutuhan inilah yang bisa dijadikan peluang usaha toko aksesoris. 

Bahkan, saat ini aksesoris tidak hanya identik dengan perempuan, tetapi juga banyak laki-laki yang sudah mulai mengenakan produk ini. Tak heran ya Sahabat, sekarang sudah banyak toko aksesoris yang bermunculan, baik secara online maupun offline. 

Apakah Sahabat berminat untuk merintis usaha atau bisnis toko aksesoris? Jika iya, sebaiknya Sahabat perhatikan dulu beberapa tips yang harus dilakukan sebelum merintis bisnis toko aksesoris. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini, yuk!

Tips Merintis Usaha Toko Aksesoris

Meskipun terlihat mudah, tetapi Sahabat perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum menjalankan usaha toko aksesoris, antara lain: 

  • Riset pasar terlebih dahulu

    Sebelum menjalankan usaha toko aksesoris, pastikan Sahabat riset dan analisa pasar terlebih dahulu. Analisa pasar ini mencakup riset mengenai kompetitor, harga jual, dan target konsumen untuk disesuaikan dengan strategi bisnis Sahabat. Jika Sahabat sudah menganalisa pasar, strategi usaha toko aksesoris bisa jadi lebih efektif dan lebih mudah untuk merintisnya. Analisa pasar juga memberikan bekal untuk Sahabat sebelum terjun berjualan, agar Sahabat mengetahui situasi “real” di pasar tersebut. 

  • Tentukan supplier 

    Setelah menganalisa pasar, saatnya Sahabat mencari supplier aksesoris yang dipercaya untuk menyuplai semua kebutuhan bisnismu. Saat ini sudah banyak supplier yang bisa Sahabat pilih berdasarkan produk yang dijual. Namun, pastikan Sahabat memilih supplier yang tepat, perhatikan dulu identitas supplier tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Pemilihan supplier juga berkaitan dengan target pasar dari bisnis Sahabat lho. Jadi, sebaiknya lebih cermat memilih supplier agar usaha toko aksesoris Sahabat berjalan sesuai rencana. 

  • Berikan promo menarik

    Siapa yang tidak suka promo dan diskon menarik? Hampir sebagian besar orang pasti tergiur dengan promo menarik saat membeli produk. Nah, Sahabat juga bisa menjadikan hal ini sebagai strategi untuk menarik perhatian calon pembeli. Sebagai contoh, saat pertama kali membuka toko aksesoris, Sahabat bisa memberikan promo menarik untuk 20 pembeli pertama dengan diskon 20%. Ada banyak jenis promo menarik lain yang bisa Sahabat gunakan sebagai salah satu strategi bisnis yang tepat. 

  • Atur strategi promosi online dan offline yang tepat

    Saat menjalankan usaha toko aksesoris, sebaiknya Sahabat maksimalkan promosi di online maupun offline. Jika Sahabat memanfaatkan keduanya, maka kemungkinan besar usaha toko aksesoris yang Sahabat jalani bisa meraup untung yang menjanjikan. 

    Untuk promosi online, Sahabat bisa memanfaatkan media sosial dengan cara membuat akun khusus toko aksesoris dan memasang iklan digital. Sahabat juga perlu membuat toko aksesoris di marketplace karena saat ini sebagian besar orang belanja berbagai kebutuhan melalui marketplace. 

    Untuk promosi offline, Sahabat bisa memanfaatkan strategi promosi word of mouth, yaitu bentuk promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut. Jadi, jika ada seorang pelanggan yang merasa suka dengan produk tertentu, maka ia bukan hanya suka saja, bisa jadi dia juga akan merekomendasikan produk tersebut ke teman atau kerabatnya. 

  • Tetap komitmen dan konsisten

    Saat kita menjalankan sebuah bisnis, pasti banyak tantangan yang akan kita lalui di depan. Terkadang tantangan ini yang sering membuat sebagian orang langsung mundur dan tidak melanjutkan bisnisnya. Padahal, yang terpenting saat kita merintis bisnis yaitu komitmen dan konsisten. 

    Itulah sebabnya, Sahabat perlu komitmen dan konsisten saat merintis usaha toko aksesoris. Pasalnya, tidak ada bisnis yang bisa menguntungkan dengan cara yang instan. Semuanya butuh proses dan konsistensi dari para pelaku usaha yang bersangkutan. 

  • Atur pemasukan dan pengeluaran yang baik

    Dalam menjalankan usaha toko aksesoris, keuangan adalah hal krusial yang harus diatur dengan benar. Kesalahan perhitungan bisa jadi berakibat fatal terhadap bisnis yang dijalani, karena Sahabat harus mengetahui setiap uang yang masuk maupun keluar. Sahabat juga perlu memisahkan antara modal dengan keuntungan, supaya bisa tahu setiap keuntungan yang didapatkan dan bisa menjadi patokan apakah bisnis Sahabat sudah menguntungkan atau belum. 

  • Siapkan modal bisnis 

    Tips yang tak kalah penting yaitu menyiapkan modal usaha dengan benar. Setiap bisnis pasti membutuhkan modal yang mencukupi agar bisa berjalan sesuai dengan rencana, bukan? Terkadang, masalah modal yang justru membuat sebagian orang mundur untuk merintis sebuah bisnis.

    Padahal faktanya, modal bisnis bisa Sahabat dapatkan dengan mudah dan cepat lho, caranya dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Kredit Multiguna memudahkan konsumen untuk mendapatkan modal usaha toko aksesoris. 

    Fasilitas ini juga memberikan banyak keuntungan kepada Sahabat, di antaranya jaminan BPKB aman, proses cepat, persyaratan mudah, banyak promo menarik, dan lain sebagainya. Selain itu, Sahabat juga tidak perlu khawatir karena Kredit Multiguna dari Adira Finance sudah pasti aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ingin mengajukan modal usaha sekarang? Yuk, langsung klik di sini

Produk Aksesoris yang Diminati Banyak Orang

Setelah mengetahui tips untuk menjalankan usaha toko aksesoris, sekarang saatnya Sahabat ketahui produk aksesoris yang diminati banyak orang. Berikut ini beberapa rekomendasi produknya, antara lain: 

  1. Kacamata

    Selain digunakan untuk melihat lebih jelas, kacamata juga sudah menjadi tren fashion yang diminati banyak kalangan. Banyak orang yang menggunakan kacamata dengan lensa netral karena dianggap bisa menambah penampilan jadi lebih menarik. Selain itu, kacamata hitam juga tidak boleh absen dari barang jualan Sahabat, karena biasanya banyak orang yang hobi mengoleksi kacamata hitam dengan berbagai model yang menarik. 

  2. Jam tangan

    Jam tangan termasuk aksesoris yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Nah, momen inilah yang bisa Sahabat manfaatkan dengan baik untuk menjalankan usaha toko aksesoris. Bahkan, saat ini banyak pula orang yang hobi mengoleksi jam tangan dengan model yang menarik dan unik. 

  3. Topi

    Selain kacamata dan jam tangan, topi termasuk aksesoris yang dicari oleh perempuan maupun laki-laki. Tren topi pun sepertinya masih populer dari dulu sampai sekarang ya, Sahabat? Berbagai macam model topi, seperti floppy hat dan boater hat masih diminati, bahkan bucket hat juga semakin populer di beberapa tahun belakangan ini. 

  4. Ikat pinggang

    Penggunaan ikat pinggang bermanfaat untuk menyempurnakan penampilan seseorang. Bahkan, ada beberapa dress yang bisa lebih menarik saat ditambah dengan ikat pinggang yang sesuai. Hal inilah yang membuat popularitas ikat pinggang semakin meningkat, khususnya di kalangan perempuan. Oleh karena itu, pastikan Sahabat tidak melewatkan ikat pinggang sebagai salah satu produk aksesoris yang bisa dijual ke pelanggan. 

  5. Anting, gelang, dan kalung

    Saat mendengar kata aksesoris, Sahabat pasti langsung teringat dengan anting, gelang, dan kalung, kan? Ketiga produk ini memang identik sebagai aksesoris yang selalu tren dari tahun ke tahun. Popularitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi, ada banyak jenis anting, gelang, dan kalung yang hadir untuk membuat penampilan seseorang jadi menarik. Momen inilah yang perlu Sahabat maksimalkan untuk menjalankan usaha toko aksesoris agar lebih untung. 

Itulah beberapa produk aksesoris yang bisa Sahabat jual. Apapun jenisnya, pastikan Sahabat mengatur strategi bisnis dengan baik agar bisa menguntungkan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN