Home / Berita Terbaru

Penjualan Honda BR-V Hanya 1 Unit, Ini Kode Setop Produksi?Penjualan Honda BR-V Hanya 1 Unit, Ini Kode Setop Produksi?

Penjualan Honda BR-V Hanya 1 Unit, Ini Kode Setop Produksi?Penjualan Honda BR-V Hanya 1 Unit, Ini Kode Setop Produksi?

28 September 2017 | Penulis : Adira Finance

JAKARTA – Mengejutkan memang ketika melihat laporan dari data penjualan (wholesale) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) untuk merek Honda. Di mana, pada Agustus tahun ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya mendistribusikan 1 unit BR-V dari pabrik ke diler.

Kabar di atas tentu menjadi pertanyaan besar, apakah BR-V sudah tidak sesuai dengan harapan lagi? Sehingga HPM mulai membatasi pengirimannya ke diler. Banyak faktor tentunya kenapa hal ini terjadi.

Menurut pihak Honda Prospect Motor sendiri melalui PR Officer, Yessy Anastasia saat dihubungi Dapurpacu.com, bahwa kondisi tersebut karena adanya penyesuaian supply bulanan dan prioritas produksi yang biasa dilakukan setiap waktu.

Jika demikian, dapat diartikan bahwa penjualan Honda BR-V kemungkinan besar tidak sesuai yang diharapkan sejak beberapa bulan sebelumnya.

Kenyataan HPM hanya mendistribusikan 1 unit ke diler, bisa diterjemahkan bahwa masih banyaknya unit BR-V yang tertahan di diler (stok), sehingga pabrik tidak mau menambah pengiriman. Sesuai rumus umumnya, wholesale (Pengiriman unit dari pihak pabrik atau distributor ke diler) dikurangi retailsales (Unit yang sudah dikirim ke diler dan sudah laku terjual) menghasilkan jumlah stok unit-belum laku terjual.

Itu bisa dilihat dari angka wholesale pada tiga bulan sebelumnya (Mei-Juli) yang terus menunjukkan pengurangan bahkan hingga 50%. Mulai dari Mei, HPM mendistribusikan BR-V sebanyak 2.149 unit, kemudian pada Juni berkurang lagi menjadi 1.281 unit, dan terus menurun pada Juli jadi sebesar 590 unit.

Artinya, dari tiga bulan sebelumnya saja data retailsales (unit yang dari diler kemudian laku terjual ke konsumen-end user) BR-V dipastikan sangat jauh dari harapan. Sayangnya, HPM tidak mau membuka data penjualan retailsales-nya dengan alasan tidak ada.

Selain itu, kondisi tersebut menyatakan bahwa karena stoknya terlalu sehingga HPM akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi sementara. Atau ada faktor (masalah) lain yang membuat pabrik hingga tidak bisa menjalankan aktivitas produksi.

Jika tren negatif tersebut terus berlanjut maka tidak menutup kemungkinan wujud “Mobilio melar” ini akan hilang dari peredaran secara perlahan. Apalagi performa yang ditunjukkan pesaingnya, Rush masih konsisten di puncak tertinggi kelas LSUV. Ditambah kabarnya, Rush dan Terios sudah disiapkan hadir dengan tampilan yang lebih segar lagi.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN