Home / Berita Terbaru

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Mobil Sport Murah

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Mobil Sport Murah

01 Agustus 2022 | Penulis : Adira Finance

Mobil sport murah bisa menjadi alternatif terbaik ketika Sahabat ingin memiliki mobil sport. Sahabat bisa memiliki mobil sport dengan harga yang terjangkau tanpa perlu meragukan kualitasnya. Dengan memiliki mobil sport, Sahabat bisa merasakan langsung sensasi berkendara terbaik, karena mobil sport umumnya dibekali dengan teknologi otomotif terbaik di kelasnya. Performa mesin mobil sport murah juga tak kalah karena dilengkapi dengan handling yang presisi dan menjadi andalan pada kendaraan kelas ini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Sahabat pahami terlebih dahulu ketika ingin segera memiliki mobil sport murah. Sahabat perlu mengetahui tips membeli dan cara merawat mobil sport murah tersebut. 

Tips Membeli Mobil Sport Murah

Jika Sahabat adalah penggemar dunia otomotif, mobil sport murah memang menggiurkan dan cukup mudah dijangkau. Tetapi, sport car bukanlah mobil biasa yang bisa digunakana sehari-hari karena memang didesain khusus untuk memiliki kecepatan di atas rata-rata. Lantas, apa saja tips membeli mobil sport murah yang perlu Sahabat ketahui?

  1. Beli baru atau bekas?

    Seperti diketahui, sport car umumnya dijual dengan harga yang tinggi sekali. Namun, harga itu setimpal dengan teknologi yang ditawarkan di setiap unitnya. Sahabat pun perlu menentukan terlebih dahulu ingin membeli mobil sport murah, yang mahal, yang baru, atau yang bekas? 

    Cari tahu dan lakukanlah riset untuk model sport car yang Sahabat inginkan. Hal ini penting agar Sahabat juga bisa mengambil ancang-ancang jika ingin menjualnya lagi agar harganya pun tidak turun jauh.

  2. Butuh keahlian berkendara yang andal

    Jika Sahabat mampu untuk memilikinya, pastikan juga Sahabat mampu untuk mengimbangi kemampuan dalam mengendarainya. Sebab, mengendalikan mobil sport murah ataupun yang mahal sekalipun bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi pemula. 

    Perbedaan mesin mobil yang lebih mumpuni adalah indikator yang perlu diantisipasi, karena setiap injakan pedal gas yang diberikan akan sangat terasa. Setir mobil sport juga didesain lebih responsif, bahkan spesifikasi mobil sport umumnya memang bukan dibuat untuk aktivitas sehari-hari. Belum lagi sejumlah ruas jalan raya di kota-kota di tanah air umumnya tidak begitu mulus. Jalanan berlubang patut Sahabat pertimbangkan sebelum mengendarainya.

    Oleh sebab itu, pastikan Sahabat telah mempelajari terlebih dahulu rute jalan raya yang relatif mulus. Agar lebih aman dan nyaman, pastikan juga bahwa mobil sport Sahabat telah dilengkapi dengan ground clearance yang rendah.

  3. Pilih mana, desain yang menarik atau kecepatan?

    Memiliki mobil sport murah tentu sah-sah saja. Mobil sport murah saat ini juga tersedia dalam berbagai model, desain, dan kecepatan masing-masing. Maka, mana yang Sahabat akan pilih, antara mobil sport murah dengan desain yang menarik atau mobil sport dengan kecepatan terbaik?

    Jika Sahabat menginginkan kecepatan terbaik, berarti Sahabat juga siap dengan segala risikonya. Beberapa mobil sport dirancang untuk memiliki kecepatan luar biasa, rata-rata sport car terbaik kelas dunia pun berhasil menempuh kecepatan 100 kilometer per jam dalam 3 detik saja.

    Sebaliknya, jika Sahabat menginginkan mobil sport murah untuk berjalan-jalan di tengah kota atau siap menjadi pusat perhatian, Sahabat bisa memilih sport car yang memiliki desain menarik. Namun, setiap mobil memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda-beda. Sahabat bisa memilih dan memilikinya sesuai selera, mulai dari konsep yang stylish, agresif, atau desain yang lebih sopan.

  4. Pertimbangkanlah sejumlah biaya tambahan

    Ketika Sahabat memutuskan ingin membeli mobil sport murah, berarti Sahabat juga sudah memastikan ada sejumlah biaya tambahan lainnya. Ini penting karena calon pembeli juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan lain seperti asuransi, biaya servis mobil, biaya perawatan fitur-fitur canggih, hingga biaya pajak setiap tahunnya.

    Oleh karena itu, Sahabat perlu membuat perencanaan biaya untuk membeli mobil sport, termasuk mobil sport murah, lho. Jika Sahabat merasa seluruh biaya tambahan ini cukup dan sesuai dengan kondisi keuangan, Sahabat bisa langsung melakukan riset dan persiapkan tanggal pembelian mobil sport impian tersebut.

Cara Merawat Mobil Sport

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil sport murah tadi, Sahabat juga perlu mengetahui cara merawat mobil sport murah agar performa tetap terjaga baik.

  1. Gantilah oli secara berkala

    Cara merawat sport car tak jauh berbeda dengan mobil konvensional. Maka, perhatikanlah oli kendaraan mobil sport. Lakukan penggantian oli untuk mobil sport secara berkala, satu kali dalam enam bulan. Hal ini penting untuk dilakukan agar mesin sport car Sahabat tidak kasar.

  2. Sesuaikan bahan bakar

    Hampir semua mobil sport memiliki RON atau Research Octane Number yang lebih tinggi untuk bahan bakarnya. Hal ini bertujuan agar mesin lebih awet dan ruang pompanya tidak cepat berkerak. Karena itu, bahan bakar untuk mobil sport tidak bisa sembarangan dan pilihlah BBM dengan RON yang tinggi pula.

  3. Perhatikan sistem keamanannya

    Mobil sport umumnya memiliki sistem keamanan yang lebih baik dari mobil konvensional. Semua sistem keamanannya dirancang dengan baik dan diintegrasikan ke dalam satu sistem. Beberapa komponen keamanan mobil sport antara lain Dynamic Stability Control (DSC), Antilock Breaking System (ABS), dan Active Stability Control (ASC). Beberapa komponen mobil sport murah itulah yang benar-benar harus dijaga dengan baik.

  4. Cek kondisi bodi mobil sport

    Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk merawat mobil sport adalah kondisi bodi mobil sport tersebut. Sahabat perlu rutin mengeceknya dan selalu melakukan perawatan bodi mobil sport agar selalu tampil dalam kondisi baik. Mobil sport murah pun perlu diperlakukan dengan kasih sayang agar bodi tidak cepat rusak atau lecet, termasuk mencegah terjadinya korosi.

  5. Periksa komponen secara rutin

    Lakukan pemeriksaan komponen mobil sport Sahabat secara rutin, dan lakukan penggantian komponen secara teratur. Pengecekan ini penting agar ketika ada komponen yang rusak atau mulau usang, Sahabat bisa langsung menggantinya. Pasalnya, kerusakan satu komponen yang dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan komponen lainnya. Pastikan mobil sport murah Sahabat tetap dalam kondisi prima dan tangguh dengan mengganti beberapa komponen setelah melampaui 10.000 kilometer.

Nah, jika Sahabat berencana membeli mobil sport murah namun dananya belum memadai, kini Sahabat dapat manfaatkan layanan Kredit Mobil dari Adira Finance. Kredit mobil merupakan cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dicicil. Layanan ini memudahkan siapapun untuk mendapatkan mobil impian dengan lebih cepat dan mudah. Ada skema pembayaran, seperti persentase uang muka (DP) dan cicilan yang sudah ditentukan sesuai tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan kredit mobil dari Adira Finance sudah pasti aman dan legal. Persyaratan dan prosesnya juga cepat, lho. Sebelum Sahabat mengajukan kredit mobil baru murah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

Adira Finance memilik ketentuan konsumen yang terbagi ke dalam beberapa kategori, di antaranya konsumen perorangan karyawan (PNS atau swasta), konsumen perorangan wiraswasta dan profesional, serta konsumen perusahaan atau kelembagaan. Untuk mengetahui ketentuan konsumen Adira Finance, Sahabat bisa klik di sini

Di samping itu, sebagian besar ketentuan di Adira Finance tidak akan memberatkan Sahabat, asalkan Sahabat sudah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Beberapa persyaratan tersebut antara lain merupakan WNI, usia minimal 21 tahun saat mengajukan kredit dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas, serta memiliki penghasilan tetap. Sahabat pasti ingin pengajuan kredit mobil baru murah berjalan lancar dan cepat, kan? Oleh karena itu, Sahabat juga harus memperhatikan riwayat pinjaman sebelumnya, agar proses verifikasi berjalan lebih mudah.

Pengajuan kredit mobil di Adira Finance cukup mengagunkan BPKB kendaraan bermotor (motor atau mobil) yang dimiliki sebagai jaminan. Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi, seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui persyaratan lengkap, bisa klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN