Home / Berita Terbaru

Persiapkan Dana Kuliah Anak Sejak Dini, Kenapa Tidak?

Persiapkan Dana Kuliah Anak Sejak Dini, Kenapa Tidak?

07 September 2022 | Penulis : Adira Finance

Pengaturan keuangan keluarga tidak hanya diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga untuk masa depan, termasuk dana kuliah Si Kecil. Di Indonesia sendiri sudah banyak pilihan universitas baik negeri maupun swasta yang menyediakan penawaran dan fasilitas sesuai dengan minat dan kemampuan Si Kecil. Lalu, bagaimana cara untuk mulai mempersiapkan biaya kuliah anak?

  1. Kumpulkan informasi selengkap-lengkapnya

    Cari dan kumpulkan informasi terkait universitas, jurusan, kurikulum, biaya, profil tenaga pengajar, fasilitas sekolah serta aktivitas pendukung lainnya. Dengan mengetahui beberapa informasi ini, orang tua dapat memberikan gambaran tentang kegiatan, kebutuhan dan fasilitas yang akan didapatkan. Keinginan dan cita-cita Si Kecil bisa jadi berubah dan Ia belum memiliki gambaran yang jelas akan masa depannya, sehingga informasi ini bisa menambah wawasannya.

  2. Hitung anggaran biaya

    Setelah mengumpulkan informasi, langkah selanjutnya adalah membuat daftar rincian biaya serta perbandingan antar universitas ataupun jurusan yang diinginkan. Rincian biaya ini dapat digunakan untuk memberikan gambaran dana pendidikan yang perlu disiapkan, seperti uang pangkal saat masuk universitas. Selain itu, pada jurusan tertentu juga diperlukan dana tambahan seperti uang praktikum, pembelian alat-alat penunjan, dan lain-lain. Rincian biaya ini menjadi dasar penentuan dana yang harus dipersiapkan namun tetap harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

  3. Persiapkan biaya sejak dini

    Seperti kata peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”, dana pendidikan Si Kecil untuk jenjang universitas bisa dipersiapkan sejak dini. Bisa dimulai dari biaya uang pangkal, kemudian dilanjutkan dengan biaya-biaya lainnya. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak mengganggu cash flow keuangan keluarga.

Dengan demikian, persiapan dana kuliah anak menjadi lebih terencana. Meski begitu, hidup terkadang tidak berjalan sesuai dengan rencana, seperti terjadinya situasi tidak terduga yang mungkin bisa mengganggu cash flow sehingga perlu mengatur ulang strategi keuangan. Saat ini, Adira Finance meluncurkan kampanye #diModalin sebagai salah satu bentuk komitmen Perusahaan untuk menghadirkan kemudahan solusi keuangan yang sesuai dengan berbagai kebutuhan pendidikan bagi masyarakat seperti dana untuk sekolah, kuliah dan kursus. Selain itu, #diModalin juga memberikan fasilitas dana lainnya untuk kebutuhan pernikahan, kesehatan, renovasi rumah dan modal usaha. Untuk informasi lebih lanjut mengenai #diModalin dari Adira Finance, silakan mengunjungi adira.id/e/dimodalin-art2.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN