Home / Berita Terbaru

Pinjam Dana Tunai itu Nggak Apa-apa, Asal Ikuti 6 Tips Ini

10 Juni 2024 | Penulis : Nurhayati

Hidup di zaman sekarang itu penuh tantangan, terutama soal keuangan. Biaya hidup yang terus naik, kebutuhan mendesak yang kadang muncul tiba-tiba, dan mimpi jangka panjang seperti punya rumah sendiri atau membiayai pendidikan anak, bikin kita harus lebih pintar dalam mengatur uang. Salah satu cara terbaik buat menghadapi semua ini adalah dengan menambah pemasukan. Nggak cuma membantu menyeimbangkan anggaran bulanan, punya sumber pendapatan tambahan juga memberikan rasa aman dan fleksibilitas finansial.

Eh tapi sebelum berniat menambah pemasukan, pastikan dulu kebutuhan kita itu bukan karena FOMO. Postingan di media sosial yang selalu pamer kebahagiaan sering banget bikin kita ngerasa FOMO (Fear Of Missing Out). Ada rasa takut dan cemas kalau kita ketinggalan tren atau hal-hal terbaru. Update status teman-teman bikin kita ikutan pengen karena ngeliat mereka kayaknya asik banget menikmati hidup. Akhirnya, kita jadi bertindak konsumtif dan boros.

"Sebenarnya konsumtif itu nggak apa-apa kalau ada uangnya. Tapi, kalau uangnya nggak ada pakai pinjam macam-macam buat beli secangkir kopi itu sama sekali nggak wise," kata Ayu Sara Herlia, Financial Literacy Specialist dan founder @mamaber.uang di acara kemarin. 

Banyak orang menambah pemasukan dengan cara meminjam uang dari pinjaman online. Tentu ini bukan sesuatu yang bijak mengingat bunga pinjaman online itu tinggi. Bukannya masalah finansial selesai malah menambah masalah baru dengan hutang yang menumpuk. 

Indra Meyman Harefa, Head of Regional Non Auto Business Adira Finance, juga mengingatkan, jangan sampai kita terjebak dalam pinjaman yang seharusnya dihindari. Kita harus pintar-pintar memilih pinjaman yang tepat. Hati-hati sama pinjaman online yang memberatkan dan ilegal.

Sementara mas Dwi Nopianto dari AXI Adira Finance, barang itu nggak terasa mahal kalau kita punya uang. Semua orang kan punya kemampuan kantong yang beda-beda. Jadi, kita harus ingat tujuan beli sesuatu itu apa dan untuk siapa. Fokus aja ke fungsinya. Kalau fungsinya sudah terpenuhi, ya itu sudah cukup. "Cukup beli fungsi, bukan gengsi," katanya.

Menekan Pengeluaran Hidup Dengan Menjalani Frugal Living

Frugal living atau hidup hemat lagi naik daun nih. Tapi, sebelum kamu ikut-ikutan tren ini, ada baiknya kamu paham dulu tujuannya. Buat apa sih melakukan frugal living? Yang pasti, tujuannya harus jelas. Soalnya, frugal living versi masing-masing orang tuh beda-beda.

Jaman sekarang, banyak orang yang asal hemat tanpa lihat budget. Ujung-ujungnya malah pinjam ke pinjol (pinjaman online). Nah, ini yang harus dihindari. Frugal living bukan berarti hidup susah, tapi lebih ke arah bijak mengatur pengeluaran sesuai kemampuan.

Ada juga yang nggak setuju sama konsep frugal living. Mereka bilang hidup itu harus dinikmati. Kalau pengen lebih nyaman, mending cari penghasilan tambahan daripada cuma ngurang-ngurangin pengeluaran. Hidup hemat sih boleh aja, tapi kalau nggak ada tujuan yang jelas, ya buat apa?

Misalnya, kamu punya cita-cita beli rumah. Nah, mengurangi pengeluaran untuk menabung demi rumah impian itu sah-sah aja. Tapi, kalau cuma ngurangin pengeluaran tanpa tujuan yang jelas, mending nggak usah. Hidup hemat bukan berarti kita nggak boleh menikmati hidup. Intinya, bijaklah dalam mengatur keuangan, dan pastikan setiap penghematan yang kamu lakukan ada tujuannya.

Pinjam Uang dengan Aman? Yuk, Ikuti Tips Ini!

Butuh dana cepat buat keperluan mendesak? Jangan khawatir, pinjam uang dari lembaga keuangan bisa jadi solusi yang tepat. Tapi, biar aman dan nggak menyesal, ada tips nih sebelum memutuskan meminjam uang:

1. Pilih Lembaga Keuangan Terpercaya

Pastikan kamu meminjam dari lembaga yang terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ini penting banget biar kamu nggak terjebak sama pinjaman ilegal yang bisa bikin kamu rugi.

2. Tentukan Tujuan Pinjaman

Sebelum meminjam, pastikan kamu tahu jelas buat apa pinjaman itu. Entah itu untuk biaya kesehatan, renovasi rumah, atau keperluan lainnya. Jangan sampai pinjam uang cuma buat foya-foya ya!

3. Periksa Kemampuan Bayar

Hitung dengan cermat kemampuan kamu buat membayar cicilan. Idealnya, cicilan bulanan nggak lebih dari 30% dari pendapatan kamu. Jadi, keuangan kamu tetap sehat dan nggak keteteran.

4. Rencanakan Pembayaran dengan Baik

Punya rencana matang buat bayar pinjaman adalah kunci. Tentukan jadwal pembayaran yang sesuai dengan kemampuan dan pastikan nggak ada yang terlewat. Biar nggak bingung, bisa kok atur pengingat di kalender atau pakai aplikasi.

5. Hindari Pinjaman Berbunga Tinggi

Waspadai pinjaman dengan bunga tinggi yang bisa memberatkan. Cari yang menawarkan bunga kompetitif dan transparan, kayak di Adira Finance. Biar kamu tahu persis berapa yang harus dibayar tanpa ada biaya tersembunyi.

6. Manfaatkan Peluang Bisnis

Kalau bisa, manfaatkan juga pinjaman buat hal-hal produktif, misalnya membuka usaha kecil-kecilan. Dengan begitu, pinjaman kamu bisa jadi investasi yang menguntungkan.
Dengan mengikuti tips di atas, pinjam uang nggak perlu bikin deg-degan lagi. Ingat, pinjaman yang bijak adalah pinjaman yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

Lalu gimana kalau kita butuh dana tunai untuk kebutuhan mendesak? Pinjaman dana tunai Adira Finance bisa jadi salah satu solusi.

Pinjaman Dana Tunai Adira Finance 

Salah satu solusi pinjaman dana tunai yang bisa kamu coba adalah Sahabat Dana Tunai dari Adira Finance. Finance hadir dengan solusi pinjaman dana tunai yang bisa jadi penyelamat saat kamu butuh dana mendesak. Terdaftar dan diawasi oleh OJK, Adira Finance menawarkan proses pengajuan yang mudah, bunga kompetitif, dan jaringan cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Jadi, kamu bisa mendapatkan dana cepat tanpa ribet dan dengan rasa aman. Adira Finance juga punya berbagai program menarik yang bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan dan membuka peluang bisnis baru.

Sahabat Dana Tunai ini menawarkan pinjaman dengan Pinjaman jaminan BPKB kendaraan, baik motor maupun mobil. Cocok banget buat kamu yang butuh dana cepat untuk keperluan produktif seperti modal usaha atau bahkan untuk kebutuhan konsumtif seperti renovasi rumah, biaya liburan, pendidikan, kesehatan, dan perayaan lainnya. Yang paling penting, dana langsung cair ke tangan kamu.

Sahabat Dana Tunai juga punya cabang di mana-mana di Indonesia, proses pinjaman tunai cepat dan simpel, bunganya juga bersaing banget, dan ada banyak program menarik yang bisa kamu nikmati. Pastinya, pinjaman dengan jaminan BPKB Motor ini aman dan nggak akan dijual ke pihak lain. Tertarik untuk tahu lebih jauh mengenai pinjaman cepat tunai ini? Yuk cek di Pinjaman Dana Tunai Adira Finance.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN