Home / Berita Terbaru

Butuh Pinjaman Dana? Ini Syarat dan Tips Agar Cepat Cair

Butuh Pinjaman Dana? Ini Syarat dan Tips Agar Cepat Cair

25 Mei 2021 | Penulis : Adira Finance

Pinjaman dana dianggap sebagai penyelamat di waktu mendesak. Banyak orang yang membutuhkan biaya, tetapi tidak memiliki dana tunai yang cukup untuk membayarnya. Di sinilah peran pinjaman dana sangat penting untuk memudahkan Sahabat jika perlu melakukan pembayaran suatu hal di waktu yang mendesak. Saat ini sudah banyak sumber pinjaman dana yang bisa Sahabat pilih sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, tak sedikit pula perusahaan penyedia pinjaman dana memberikan persyaratan dan pengajuan yang cukup mudah kepada para konsumennya. Lantas, seperti apa mendapatkan pinjaman dana yang tepat? Untuk lebih jelasnya, Sahabat perlu simak informasi yang ada dalam artikel ini ya. 

Sumber Pinjaman Dana

Selain bank, ternyata saat ini sudah banyak penyedia jasa pinjaman dana yang bisa dipilih oleh Sahabat. Namun, setiap lembaga ini memiliki syarat dan ketentuan sendiri terkait pinjaman dana yang akan diberikan. Selain itu, sebelum Sahabat menggunakan fasilitas pinjaman dana, sebaiknya perhatikan dulu dengan benar legalitas dan keamanan dari perusahaan penyedia jasa pinjaman tersebut. Dari mana saja Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dana?

  • Perusahaan penyedia jasa pinjaman

    Sudah banyak sekali perusahaan atau lembaga penyedia jasa pinjaman dana yang bisa menjadi solusi untuk Sahabat. Saking banyaknya, Sahabat juga perlu cermat dalam memilih perusahaan yang tepat agar pinjaman dana berjalan dengan lancar. Pilihlah perusahaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Itu tandanya, perusahaan tersebut sudah legal dan aman untuk menyediakan layanan pinjaman kepada konsumen yang membutuhkannya. Selain itu, perhatikan pula syarat dan ketentuan dari perusahaan tersebut saat memberikan dana pinjaman. Ini karena banyak perusahaan keuangan yang justru memberatkan konsumen saat proses pelunasan dana pinjaman. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat bisa memilih Adira Finance sebagai perusahaan atau lembaga keuangan penyedia jasa pinjaman yang menghadirkan syarat, ketentuan, dan pengajuan yang cukup mudah. 

  • Koperasi

    Melalui koperasi simpan pinjam, Sahabat bisa meminjam sejumlah dana secara tunai untuk keperluan tertentu. Meskipun begitu, sebagian besar koperasi menyediakan jasa ini hanya untuk para anggotanya saja. Fasilitas pinjaman tidak bisa diberikan kepada orang yang di luar dari anggota koperasi. Jadi, bagi Sahabat yang tergabung dalam keanggotaan koperasi simpan pinjam, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fasilitas ini. 

  • Pegadaian

    Lembaga non keuangan yang satu ini ternyata cukup populer di kalangan masyarakat untuk dijadikan sumber pinjaman dana. Pada layanan pegadaian, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dengan cara menggadaikan barang-barang berharga yang Sahabat miliki sebagai jaminan. Namun, tidak semua jenis barang dapat digadaikan. Biasanya, barang yang dapat digadaikan berupa emas, kendaraan, atau alat elektronik. Oleh pihak pegadaian, nantinya barang-barang tersebut akan dianalisa untuk ditentukan berapa nilainya, lalu pinjaman Sahabat pun bisa diperoleh sesuai dengan nilai barang tersebut. 

  • Bank

    Bank termasuk sumber pinjaman yang masih diminati banyak orang. Di bank, jenis pinjaman yang bisa Sahabat gunakan adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda saat memberikan KTA kepada nasabahnya. 

Syarat Pinjaman Dana 

Setiap sumber pinjaman dana memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Namun, pada perusahaan atau lembaga keuangan, syarat dan ketentuan yang diberikan relatif mudah dan prosesnya cepat. Umumnya, Sahabat perlu mempersiapkan sejumlah dokumen data diri sebagai bukti yang orisinal atau otentik sebelum mengajukan pinjaman. Beberapa dokumen pribadi yang diperlukan, di antaranya:

  • E-KTP asli
  • E-KTP pasangan (jika sudah menikah)
  • E-KTP penjamin (jika ada)
  • Kartu keluarga (KK)
  • Bukti bekerja atau usaha dan penghasilan
  • Bukti tempat tinggal
  • NPWP
  • Dokumen kendaraan berupa STNK dan BPKB 

Syarat tersebut belum tentu berlaku di sumber pinjaman lainnya. Oleh karena itu, Sahabat perlu memastikan terlebih dahulu sumber pinjaman yang dipilih, kemudian simak dengan cermat apa saja persyaratan yang perlu disiapkan sebelum mengajukan pinjaman dana. 

Baca juga: 11 Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Tips Memilih Pinjaman Dana yang Aman

Lalu, bagaimana caranya memilih pinjaman yang aman dan pengajuannya bisa cepat disetujui oleh pihak penyedia jasa? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan, antara lain: 

  1. Perusahaan atau lembaga keuangan sudah terdaftar di OJK

    Sebelum menggunakan fasilitas pinjaman, pastikan Sahabat memilih perusahaan atau lembaga keuangan yang terpercaya. Salah satu tanda perusahaan tersebut sudah legal yaitu telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sahabat perlu hati-hati karena saat ini semakin marak perusahaan atau lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman ilegal. Oleh karena itu, pastikan Sahabat memilih perusahaan keuangan yang sudah kredibel dan dikenal oleh banyak orang agar terhindar dari penipuan. 

  2. Transparansi biaya

    Transparansi biaya menjadi salah satu kunci penting saat menggunakan fasilitas pinjaman. Sahabat perlu mengetahui berapa bunga yang harus dibayar, berapa lama tenor atau jangka waktu pinjaman, seperti apa mekanisme pelunasannya, dan apakah ada biaya tambahan lain atau tidak. Idealnya, Sahabat dapat melihat informasi tersebut dengan mudah dan transparan di halaman website penyedia jasa. Biasanya lembaga keuangan yang kredibel akan menyediakan kolom simulasi yang bisa Sahabat cek sendiri mengenai pinjaman yang akan digunakan. Dengan begitu, Sahabat tidak akan kaget saat melakukan pinjaman dan melunasinya di kemudian hari. Selain itu, Sahabat juga bisa mengestimasikan berapa biaya yang harus dibayar setiap bulannya. 

  3. Persyaratan mudah dan proses cepat

    Saat memerlukan pinjaman dana, Sahabat pasti ingin yang persyaratannya mudah dan prosesnya cepat, bukan? Oleh karena itu, Sahabat bisa menggunakan fasilitas dari lembaga keuangan yang memberikan syarat dan ketentuan yang tidak memberatkan agar proses pinjaman jadi lebih mudah. Proses pengajuan yang cepat juga masih menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang ingin mengajukan pinjaman. Nah, saat ini sudah ada solusi pengajuan yang praktis, cukup mengajukan dari rumah dan melalui smartphone saja lho.

Sahabat bisa menggunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance yang menyediakan berbagai fitur layanan, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, hingga kredit multiguna. Bagi Sahabat yang membutuhkan dana untuk pembiayaan barang dan/atau jasa, seperti modal usaha, biaya wisata, pendidikan, kesehatan, renovasi rumah, kenduri, dan biaya lainnya, Sahabat dapat memaksimalkan layanan Kredit Multiguna. 


Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan pinjaman dana yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa menggunakan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan memanfaatkan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Kredit multiguna ini bisa diajukan dengan bunga rendah dan tenor panjang, sehingga tidak memberatkan Sahabat saat proses pembayaran cicilannya.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN