Home / Berita Terbaru

Ragam Tipe Rumah Minimalis dan Keunggulannya Masing-masing

Ragam Tipe Rumah Minimalis dan Keunggulannya Masing-masing

20 Juli 2022 | Penulis : Adira Finance

Rumah merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Ada banyak tipe rumah yang ada di pasaran. Meski begitu, tipe rumah minimalis merupakan tipe yang paling banyak diminati saat ini. 

Sebelum memiliki rumah impian, ada baiknya Sahabat mencari tahu terlebih dahulu tipe rumah minimalis seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Tipe rumah minimalis pun memiliki beberapa variasi, mulai dari yang sederhana hingga yang paling elegan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Secara umum, tipe rumah minimalis adalah 21, 36, 45, dan 70. Meskipun begitu, ada pula beberapa tipe rumah minimalis lain yang menawarkan keunggulannya masing-masing bagi pemiliknya.

Seperti apa tipe rumah minimalis yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat? Simak penjelasan mengenai tipe-tipe rumah minimalis berikut sejumlah keunggulannya.

Tipe-tipe Rumah Minimalis

Berikut ini adalah tipe-tipe rumah minimalis yang umum dijumpai dan dijual dalam satu area perumahan. 

  1. Rumah Tipe 21

    Tipe rumah minimalis 21 masuk dalam kategori rumah sederhana. Tipe rumah 21 ini berarti model rumah dengan luas bangunan 21 atau 24 meter persegi dengan ukuran 3x7 meter atau 6x3,5 meter dengan total luas lahan antara 50-60 meter persegi. Dalam tipe ini, sebuah rumah biasanya terdiri dari beberapa ruangan seperti satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, area makan kecil, sudut untuk mencuci baju, dan ruang tamu/keluarga. Hunian tipe 21 adalah yang paling lazim dengan variasi tipe 24, 27, dan 30.

    Konsumen untuk tipe rumah ini termasuk dalam segmen middle-low atau entry-level. Umumnya, pemilik rumah tipe 21/24 ini memilih untuk mengalokasikan anggaran untuk membeli tipe tersebut karena harganya lebih terjangkau. Cicilan untuk rumah dengan tipe ini juga tergolong ringan setiap bulannya. Hunian untuk tipe ini umumnya dibanderol mulai dari Rp100 jutaan per unit.

  2. Rumah Tipe 36

    Tipe rumah minimalis selanjutnya adalah tipe 36. Hunian tipe 36 ini juga menjadi favorit konsumen karena ukurannya yang pas, tidak terlalu sempit, dan harganya pun masih cukup terjangkau. Konsumen untuk tipe rumah ini juga termasuk middle dan middle-low. Dimensi untuk hunian ini adalah 6x6 meter atau 9x4 meter dengan bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 60-72 meter persegi, hingga 90 meter persegi.

    Hunian tipe 36 ini juga lebih besar dari tipe 21. Di dalam setiap unit rumah tipe 36, umumnya terdapat 1-2 kamar tidur, sebuah kamar mandi, ruang tamu atau keluarga, ruang makan, dan dapur. Perawatannya pun tergolong mudah dan murah. Hunian tipe 36 ini juga cocok bagi keluarga kecil yang telah dikaruniai seorang anak.

  3. Rumah Tipe 45

    Tipe rumah minimalis selanjutnya setingkat di atas tipe 36, yaitu hunian tipe 45. Hunian untuk tipe ini dapat menjadi solusi tepat bagi yang merasa sedang untuk tipe 36, tetapi belum cukup. Konsumen untuk hunian tipe ini masuk dalam segmen middle-low dengan kisaran harga rata-rata mencapai setengah miliar rupiah, cukup bagi Sahabat yang membutuhkan kenyamanan lebih.

    Hunian tipe 45 ini berdimensi 6x7,5 meter dengan luas tanah antara 72, 90, atau 96 meter persegi. Ruangan yang ditampung untuk rumah tipe ini jauh lebih banyak karena formatnya yang lebih luas, bahkan bisa mencakup taman dan garasi yang memadai. Jika dibandingkan dengan tipe 21 dan 36, kualitas hunian tipe 45 ini jauh lebih baik.

  4. Rumah Tipe 54

    Selanjutnya adalah tipe rumah minimalis yang lebih besar lagi, yaitu tipe 54. Hunian dengan tipe ini tentu saja bisa menampung lebih banyak ruangang lagi karena berdiri dengan dimensi rata-rata 9x6 meter dan 13x5,4 meter. Hunian tipe 54 tentu lebih nyaman lagi karena menyediakan kamar yang jauh lebih luas dari tipe-tipe rumah sebelumnya. Rumah tipe ini juga cocok untuk dibangun secara vertikal karena luas lahannya yang mendukung.

    Bangunan rumah tipe ini memiliki petak tanah lebih luas, antara 120-150 meter persegi. Sahabat bisa memanfaatkan banyak lahan yang tersedia untuk membangun ruangan yang lebih spesifik seperti ruang kerja, ruang tidur tambahan, atau ruang fasilitas olahraga maupun hobi tertentu.

  5. Rumah Tipe 60

    Tipe rumah minimalis yang setingkat di atasnya lagi adalah tipe 60 yang lebih luas lagi. Konsumen untuk rumah tipe ini masuk dalam segmen middle hingga middle-up dengan ragam dimensi antara 6x10 meter atau 5x12 meter. Ukuran yang setingkat lebih besar ini juga bisa menampung lebih banyak ruang, termasuk ruangan yang spesifik.

    Hunian tipe 60 tentu dibanderol dengan harga mulai dari Rp500 jutaan ke atas. Meskipun tergolong model rumah sedang—lebih besar dari tipe 54 dan lebih kecil dari tipe 70—rumah tipe 60 ini cocok bagi Sahabat yang memiliki keluarga besar. Tipe rumah minimalis ini juga tidak terlalu sempit untuk acara kumpul keluarga atau keperluan lainnya.

  6. Rumah Tipe 70

    Tipe rumah minimalis berikutnya adalah tipe 70 yang umumnya sudah berdiri tegak dengan dua lantai. Konsumen untuk hunian tipe ini adalah segmen middle-up hingga kelas atas. Unit-unit dengan dua lantai ini tentu lebih banyak memiliki ruangan seiring ukurannya yang lebih besar dari tipe 60. Karena itu pula, hunian tipe ini mampu menampung lebih banyak lagi anggota keluarga.

    Harga yang ditawarkan untuk setiap unit tentunya dimulai dari miliaran rupiah. Jika mengusung konsep rumah tumbuh, hunian tipe ini juga bisa dikembangkan menjadi tipe 100 yang bisa mengakomodasi lebih banyak kebutuhan ruang, perabotan, dan fungsi-fungsi lainnya.

  7. Rumah Tipe 120

    Tipe rumah minimalis selanjutnya tergolong dalam tipe rumah mewah yang didirikan di atas lahan seluas 150 meter persegi. Sahabat bisa mendapatkan dimensi 10x12 meter atau 8x15 meter. Tipe rumah minimalis untuk tipe 120 ini umumnya masuk dalam portofolio pengembang yang kerap membangun perumahan mewah di suatu kawasan strategis.

    Dengan budget yang jauh lebih tinggi dari tipe-tipe sebelumnya, hunian tipe 120 ini memiliki kualitas bangunan yang jauh lebih baik. Spesifikasi material bangunannya pun biasanya sudah disesuaikan dengan harga hunian tipe ini dan sangat mendukung gaya hidup Sahabat.

Sahabat, itulah beberapa tipe rumah minimalis yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli rumah idaman. Akan tetapi, ketersediaan biaya memang berperan besar dalam merealisasikan pembelian atau renovasi rumah. Tetapi, Sahabat tak perlu khawatir karena ada kemudahan untuk mendapatkan dana pembelian rumah, salah satunya dengan memanfaatkan layanan Kredit Multiguna dari Adira Finance.

Fasilitas Kredit Multiguna ini bisa diajukan hanya dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan Sahabat dalam menyelesaikan renovasi rumah sesuai keinginan. Proses pengajuan untuk fasilitas ini pun cukup praktis dan cepat, jadi Sahabat tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan dana.

Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna ini melalui aplikasi Adiraku. Adiraku merupakan aplikasi mobile yang dapat diakses lewat mobile platform Android maupun iOS. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan layanan Adira Finance secara digital. Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai layanan menguntungkan, seperti kredit mobil baru atau bekasi, kredit motor, kredit elektronik dan furniture, serta pembiayaan syariah umrah.

Sahabat bisa melakukan pengajuan langsung dari smartphone dengan meng-install aplikasi Adiraku di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN