Home / Berita Terbaru

Rekomendasi Bisnis Kreatif Kekinian yang Bikin Untung

Rekomendasi Bisnis Kreatif Kekinian yang Bikin Untung

25 Mei 2022 | Penulis : Adira Finance

Bisnis kreatif merupakan salah satu solusi efektif untuk menambah pundi-pundi pemasukan. Bisnis kreatif kian dilirik banyak orang, terutama untuk menghidupkan ekonomi masyarakat yang sempat terganggu akibat pandemi tahun 2020 lalu. Tak perlu ragu lagi untuk segera memulainya, sebab ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa segera Sahabat mulai.

Di masa-masa ketika pandemi mulai mereda ini, puluhan ide bisnis kreatif menjadi tren seiring meningkatnya permintaan dari pasar. Maka tak jarang banyak para pelaku usaha baru yang akhirnya terjun dan menekuni ide bisnis kreatif tersebut. Meskipun tren bisnis selalu berubah setiap tahunnya, ada beberapa ide bisnis kreatif yang tak lekang oleh waktu. Bahkan, ada beberapa bisnis kreatif pula yang kini justru digandrungi oleh konsumen.

Simak beberapa ide bisnis kreatif berikut yang dapat menjadi peluang usaha untuk siapa saja, termasuk Anda.

Ide Bisnis Kreatif Kekinian yang Bikin Untung

Ide bisnis kreatif akan sangat berwarna seiring meredanya situasi pandemi belakangan ini. Minat kaum muda saat ini untuk menjadi seorang pebisnis juga semakin tinggi. Inilah beberapa ide bisnis kreatif kekinian yang bikin untung dari berbagai bidang. 

  1. Katering sehat

    Katering merupakan salah satu jenis bisnis yang sudah ada sejak lama. Namun, Sahabat pun bisa memulai bisnis kreatif katering ini seperti membuka bisnis katering sehat. Berbeda dari katering pada umumnya, Sahabat bisa menyediakan katering sehat yang telah disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggan. Misalnya, Sahabat menyediakan makanan khusus bagi pelanggan yang sedang menjalankan berbagai metode diet, seperti diet mayo, dengan menu-menu makanan yang mengandung sedikit garam.

    Katering sehat ini memang sedang digemari di kota-kota besar. Namun, Sahabat juga perlu memiliki pengetahuian mendalam tentang kondisi kesehatan dan gizi makanan. Termasuk juga bekerja sama dengan ahli gizi. Sahabat juga bisa menyediakan menu makanan untuk berbagai kondisi kesehatan seperti kanker dan diabetes.

  2. Florist

    Jika Sahabat suka merawat tanaman berbunga, Sahabat pun bisa memulai bisnis kreatif florist atau toko bunga. Bukan sekadar menjual bunga, sebagai pelaku bisnis kreatif, Sahabat bisa menawarkan desain dan merangkai buket bunga yang menarik. Meskipun ide bisnis ini ada di mana-mana, permintaan buket bunga selalu tinggi, terutama untuk acara wisuda atau pernikahan. Sahabat bisa menjadi florist yang dapat menerima pengiriman ke berbagai daerah yang bisa disesuaikan juga untuk berbagai acara.

  3. Clothing line

    Ide bisnis kreatif berikutnya adalah clothing line. Mengapa clothing line? Sebab, ada banyak pelaku bisnis yang minim pengalaman tetapi mampu membawa clothing line-nya meraup sukses dengan brand-nya sendiri. Sejak awal, Sahabat perlu memperhatikan branding dan produk pakaian yang ingin dijual dan pasarkan model-model pakaian yang sesuai dengan selera konsumen. Clothing line juga dapat Sahabat kenalkan kepada orang-orang terdekat dahulu sebelum menjaring pasar yang lebih luas lagi.

  4. Desain case smartphone

    Smartphone adalah kebutuhan masa kini untuk banyak orang. Banyak orang, terutama dari kalangan muda, yang ingin membuat tampilan luar smartphone-nya lebih keren atau cantik. Oleh karena itu, mendesain case smartphone juga bisa menjadi ide bisnis kreatif kekinian yang menguntungkan.

    Bukan cuma case smartphone polos saja, konsumen kini juga menyukai case custom yang memiliki gambar atau corak tertentu yang diinginkan konsumen. Sahabat bisa menerima desain yang diinginkan konsumen dan tinggal mencetak desain tersebut di bahan case yang sudah dipilih lewat jasa printing pihak lain. Dengan kata lain, Sahabat berarti hanya perlu menyediakan bahan casing saja.

  5. Pembuat konten media sosial

    Media sosial memiliki pengaruh besar dalam pemasaran online. Akan tetapi, tidak semua bisnis memiliki staf khusus yang bertugas untuk membuat konten bagi akun media sosialnya. Karena itulah jasa pembuatan konten media sosial sangat laris. Jika Sahabat ingin melakoni salah satu ide bisnis kreatif ini, Sahabat juga perlu membuat konten visual yang baik, untuk gambar maupun video. Sahabat juga perlu memiliki kemampuan dalam kiat-kiat pemasaran di media sosial.

    Beberapa hal yang perlu dipelajari dan dikuasai seperti mengenali jenis-jenis audiens dan kompetitor bisnis milik klien serta mempelajari latar belakang pangsa pasar klien sebagai dasar konten yang akan dibuat. Di samping itu, Sahabat juga perlu memperhatikan jenis-jenis konten yang terdapat pada media sosial milik para kompetitor sang klien. Tujuannya untuk menghindari konten yang identik. Ditambah lagi, cara ini juga digunakan untuk melihat potensi konsep baru yang dapat diaplikasikan pada media sosial klien.

  6. Produk daur ulang

    Rekomendasi bisnis kreatif selanjutnya adalah membuat produk daur ulang. Hal ini berarti berkaitan dengan sampah yang telah menjadi masalah lingkungan serius. Meski begitu, ada banyak jenis sampah dan limbah produksi yang masih dapat dikreasikan menjadi produk lain, kok. Sahabat dapat memanfaatkan botol atau kaleng minuman, aneka plastik, potongan kain, tumpukan kertas, dan banyak lagi.

    Berbagai produk daur ulang dapat dihasilkan dari beragam jenis sampah tersebut menjadi barang yang berguna lagi. Salah satunya adalah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Sahabat bisa mengumpulkan bahan daur ulang atau menerima donasi jenis sampah tertentu untuk kembali dikreasikan menjadi barang yang baru.

  7. Bahan makanan siap masak

    Ide bisnis kreatif berikutnya yang bisa mendatangkan banyak keuntungan adalah menyediakan bahan makanan yang siap masak. Ide bisnis kreatif ini akan sangat membantu bagi sebuah keluarga yang sibuk hingga tak sempat memasak sendiri di rumah. 

    Sahabat bisa membantu banyak orang untuk memecahkan masalah ini dengan menawarkan berbagai menu masakan yang bahan-bahannya belum dimasak. Sahabat bisa menawarkan produk berupa bahan-bahan makanan yang sudah dibersihkan, dipotong-potong, dan ditakar. Pokoknya konsumen hanya tinggal memasaknya sesuai selera. Ide bisnis ini tak boleh dilewatkan karena peluangnya masih cukup besar, terutama di kota-kota besar di tanah air.

Berbicara soal memulai bisnis kreatif ini tentu perlu persiapan, salah satunya adalah pendanaannya. Sahabat perlu membuat rencana dengan jelas agar bisa terealisasi dengan baik. 

Salah satu pilihan untuk mendapatkan modal untuk menjalani bisnis kreatif dengan mudah dan cepat yaitu dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Kredit Multiguna memudahkan konsumen untuk mendapatkan modal usaha.

Fasilitas ini juga memberikan banyak keuntungan kepada Sahabat, di antaranya jaminan BPKB aman, proses cepat, persyaratan mudah, banyak promo menarik, dan lain sebagainya. Selain itu, Sahabat juga tidak perlu khawatir karena Kredit Multiguna dari Adira Finance sudah pasti aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ingin mengajukan modal usaha sekarang? Yuk, langsung klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN