Home / Berita Terbaru

Rekomendasi Motor Matic Bekas yang Pas di Tahun 2022

Rekomendasi Motor Matic Bekas yang Pas di Tahun 2022

08 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Motor matic bekas adalah salah satu pilihan yang tepat jika Anda ingin memiliki motor jenis ini dengan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, Anda perlu memerhatikan dengan betul sebelumnya. Pastikan Sahabat membeli motor matic bekas dengan kualitas terbaik. 

Motor matic memang cukup menjadi idola beberapa masyarakat di Indonesia. Pasalnya, motor jenis ini mudah dan nyaman untuk dikendarai terutama pada saat kondisi jalanan macet. 

Nah, jika saat ini Sahabat tengah berencana untuk membeli motor matic bekas, ada baiknya membaca dengan seksama informasi berikut ini. Meski biayanya tidak sebesar membeli motor matic baru, namun tentu ada perencanaan dana dalam rencana pembelian ini yang tentu tidak dengan jumlah dana yang sedikit. Sehingga perlu memperhatikan beberapa hal ini sebelum membeli motor matic bekas.

Menentukan Motor Matic Bekas yang akan Dibeli

Sahabat perlu untuk tahu jenis motor apa yang ingin dimiliki. Jika tidak menentukan, di prosesnya kita bisa merasa kesulitan memilih saat datang ke penjual motor bekas yang punya banyak pilihan untuk ditawarkan. 

Untuk menentukannya, Sahabat bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Misalnya jika akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh, beli motor dengan cc besar untuk memenuhi kebutuhan ini. Kemudian dalam hal motor matic bekas, pastikan tarikan awal yang responsif. Dilihat dari power dan torsi motor matic bekas yang akan dibeli nantinya.

Jika sudah memahami hal-hal di atas, penting juga untuk mengetahui harga pasaran motor matic bekas saat itu. Hal ini perlu dilakukan agar tidak tertipu oleh pedagang curang dan bisa dijadikan pembanding dari satu tempat dengan tempat yang lain. Jangan sampai juga Sahabat tergiur dengan harga motor matic bekas yang murah ya. 

Yang paling penting adalah kondisinya agar tidak kemudian jadi beban yang baru di aktivitas jangka panjangnya.

Lakukan Hal-hal ini Saat Membeli Motor Matic Bekas

Agar tidak tertipu saat membeli motor matic bekas ada baiknya Sahabat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk memastikan motor matic bekas yang dibeli nantinya tidak merugikan dan Sahabat tidak tertipu dengan penjual nakal yang mungkin saja kamu temukan.

  1. Memiliki plat wilayah yang sama dengan KTP

    Pilih motor matic bekas yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan Sahabat sesuai dengan hal-hal yang disampaikan sebelumnya. Jika sudah, periksa plat nomornya dan usahakan masih satu provinsi dengan domisili atau alamat di KTP kamu. Hal ini untuk meminimalisir tambahan biaya cabut berkas jika nantinya akan balik nama.

  2. Jangan transfer uang muka sebelum melihat kondisi motor

    Hati-hati, ya! Spesifikasi dan informasi di awal yang lengkap dan menarik jangan sampai menggiurkan Sahabat dan jadi terburu-buru untuk mengirimkan uang muka. 

    Pastikan kamu melihat secara langsung dan secara fisik motor matic bekas yang akan dibeli ini. Jangan terbawa iming-iming agar tidak didahului orang lain sehingga perlu membayar uang muka. 

  3. Lihat kondisi motor di rumah pemilik

    Buat janji untuk cek kondisi motor matic bekas yang rencananya Sahabat akan beli di rumah pemilik. Hal ini dilakukan sebagai persiapan jika nanti di dalam prosesnya ada hal yang tidak sesuai dengan perjanjian kamu bisa menemui penjualnya lagi. Usahakan lakukan proses ini di siang hari ya untuk keamanan dan kenyamanan.

  4. Cek kelengkapan surat motor

    Cek surat-surat motor matic bekas dengan jeli dan seksama. Cek BPKB, STNK dan faktur. Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin yang tertulis di surat motor dan yang ada di plat motor yang dijual ini. Jangan sampai terlewat jika ada hal yang tidak cocok, ya!

  5. Cek bodi dan mesin 

    Pastikan bodi motor matic bekas nya original dan tidak ada goresan apalagi retakan. Cek juga stang dan rangka motornya, jangan sampai miring atau bengkok. Karena kondisi ini bisa jadi karena motor matic bekas pernah mengalami kecelakaan. 

    Jangan lupa, cek juga kondisi oli motor. Pastikan olinya tidak kotor dan berlebih. 

  6. Jangan tergiur kilometer kecil

    Sering kali dianggap jika semakin kecil kilometer maka akan semakin baik kondisi motor. Hal ini benar tapi kalau tidak ada kecurangan ya.

    Kalau kilometer kecil tapi tidak sesuai dengan kondisi motor bisa jadi speedometer sudah dimanipulasi sebelumnya.

  7. Cek panel dan kelistrikan motor

    Cek apakah seluruh bagian motor berfungsi; lampu depan, lampu belakang, sein, klakson serta fitur-fitur yang lainnya.

  8. Minta test drive dulu ya!

    Jika semua hal di atas dirasa sudah sangat aman dan terpenuhi, jangan lupa untuk coba mengendarai motor yang akan kamu beli. Perhatikan saat mesin dinyalakan ya

    Jika suaranya kasar dan mendengung bisa jadi pertanda ada suatu hal yang perlu diservis atau diperbaiki. Coba juga di jalanan yang tidak rata untuk mengetahui kondisi suspensinya. 

Sebagai tambahan informasi, untuk memudahkan Sahabat dalam perencanaan pembelian motor matic bekas dan tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari, ada fasilitas Kredit Motor dari Adira Finance. Melalui fasilitas ini, Sahabat bisa mendapatkan dana pinjaman dengan cara yang cepat. Apalagi jika Sahabat mengajukan pinjaman dananya melalui aplikasi Adiraku. 

Adiraku merupakan sebuah aplikasi mobile yang dapat diakses menggunakan mobile platform Android maupun iOS yang memberikan kemudahan Layanan Adira Finance kepada Konsumen secara digital.

Aplikasi Adiraku menghadirkan berbagai layanan yang menguntungkan, di antaranya layanan kredit mobil baru atau bekas, kredit motor baru atau bekas, kredit elektronik dan furnitur, serta pembiayaan syariah Umrah. 

Sahabat cukup menggunakan handphone saat mengajukan pinjaman. Praktis, kan? Yuk, langsung install aplikasi Adiraku di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN