Home / Berita Terbaru

Renovasi Rumah Tapi Dompet Tidak Bocor

Renovasi Rumah Tapi Dompet Tidak Bocor

01 September 2022 | Penulis : Adira Finance

Rumah merupakan tempat melepas penat sambil berkumpul bersama keluarga tercinta. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar semakin betah menghabiskan waktu di rumah adalah dengan renovasi. Renovasi yang dilakukan bisa besar ataupun kecil. Renovasi besar dilakukan untuk memperbaiki atau merombak bagian besar rumah, seperti tampak depan, area dalam rumah maupun membangun ulang rumah. Sementara renovasi kecil merupakan upaya untuk memberikan sentuhan baru pada area rumah, seperti memperbaiki area taman agar lebih asri ataupun melakukan penataan interior pada ruangan. Tidak hanya untuk keperluan estetika dan kenyamanan, renovasi juga dilakukan untuk memperbaiki fungsi bagian rumah yang bermasalah, seperti adanya bocor, rusak maupun munculnya retak. Agar pengeluaran tidak ikutan “bocor”, berikut yang perlu diperhatikan saat melakukan renovasi.

  1. Buat rencana dan hitung biaya renovasi

    Tahap perencanaan renovasi menjadi hal yang seru karena bisa membayangkan dan menentukan gambaran area rumah yang akan direnovasi. Tetapi, gambaran ini juga harus dihitung dengan tepat agar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Semakin banyak area yang akan direnovasi, semakin besar pula biaya yang dibutuhkan, terlebih lagi jika ingin menggunakan bahan dasar ataupun furnitur tertentu. 

  2. Tentukan pilihan jasa, kontraktor atau borongan

    Menentukan jasa juga bisa mempengaruhi besarnya budget renovasi. Jika menggunakan jasa kontraktor tentu biaya yang dibutuhkan lebih besar, tetapi proses perencanaan dan pengerjaan bisa dibantu sepenuhnya dari awal hingga selesai. Opsi lain yang dapat dipilih adalah menggunakan jasa dari tukang borongan. Dengan menggunakan jasa tukang borongan, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan renovasi. Namun kelemahan dari penggunaan jasa tersebut adalah dibutuhkannya waktu, energi, dan perhatian lebih untuk memonitor setiap pekerjaan yang dilakukan.

  3. Belanja kebutuhan renovasi sendiri

    Agar lebih yakin dengan segala pengeluaran yang dibutuhkan untuk renovasi, berbelanja kebutuhan sendiri juga bisa menjadi opsi agar budget lebih terkontrol karena bisa memilih dan melihat bahan serta material secara langsung. Jika ada budget lebih, membeli bahan-bahan renovasi dengan kualitas terbaik juga bisa dilakukan. 

Sudah sampai mana persiapan renovasi rumah, Sahabat? Perencanaan dan perhitungan biaya renovasi perlu diperhatikan untuk mendapatkan rumah idaman yang nggak bikin kantong “bocor”. Tambahan dana persiapan renovasi rumah juga bisa didapatkan melalui #diModalin dari Adira Finance sebagai salah satu bentuk komitmen Perusahaan untuk menghadirkan kemudahan dalam solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk pinjaman dana multiguna dari Adira Finance, silakan mengunjungi adira.id/e/dimodalin-art1.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN