Home / Berita Terbaru

Rincian Paket Umrah dan Cara Cepat Berangkat ke Tanah Suci

Rincian Paket Umrah dan Cara Cepat Berangkat ke Tanah Suci

18 Januari 2022 | Penulis : Adira Finance

Kabar gembira bagi Sahabat yang berencana melaksanakan ibadah ke Tanah Suci di tahun ini. Sebab, pemberangkatan ibadah haji dan umrah di tengah pandemi kembali dibuka pada awal tahun 2022. Bahkan, Kementerian Agama RI juga sudah mengeluarkan penjelasan mengenai harga paket umrah 2022 lho

Paket umrah 2022 tentu akan berbeda-beda sesuai dengan fasilitas atau layanan yang diberikan oleh setiap biro perjalanan atau travel umrah. Pasalnya, ada travel yang menyediakan layanan pemberangkatan ke Tanah Suci sekaligus wisata ke sejumlah destinasi, salah satunya Turki.

Sementara itu, Kementerian Agama RI mengungkapkan biaya paket umrah selama pandemi COVID-19 berkisar Rp 28 juta. Dengan catatan, biaya tersebut belum termasuk tes PCR, karantina, dan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing travel umrah.

Kemenag RI juga menjelaskan bahwa harga paket umrah 2022 ini membengkak karena adanya berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya, mulai dari bus hingga kamar hotel, sehingga membutuhkan biaya tambahan. 

Kendati demikian, adanya penjelasan mengenai biaya paket umrah dari Kemenag RI pastinya membuat Sahabat jadi lebih selektif dalam memilih travel yang terpecaya dan aman, bukan? Sahabat perlu hati-hati jika ada travel yang menawarkan biaya paket umrah jauh di bawah harga pasaran, karena bisa jadi travel tersebut merupakan oknum yang tak bertanggung jawab.

Sahabat pasti pernah kan melihat berita mengenai jamaah umrah yang batal berangkat ke Tanah Suci karena menjadi korban penipuan? Nah, korban tersebut rata-rata tergiur dengan harga miring yang ditawarkan oleh oknum travel tak bertanggung jawab. Akibatnya, uang menghilang dan mereka pun tak jadi berangkat ke Tanah Suci.

Tentunya Sahabat tak ingin hal tersebut terjadi, kan? Oleh karena itu, penting untuk memilih travel dengan paket umrah yang terpercaya. Biasanya paket umrah tersebut mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Durasi perjalanan umrah
  • Nama maskapai pesawat dan biaya pulang-pergi
  • Nama hotel dan biayanya (termasuk biaya katering makan)
  • Itinerary untuk ziarah
  • Transportasi saat ziarah di Mekkah dan Madinah
  • Rincian tambahan jika ada wisata ke negara lain, seperti Turki 
  • Dan informasi tambahan lainnya (disesuaikan dengan masing-masing travel)

Jika Sahabat ingin memilih paket umrah terbaik, travel yang terpercaya, serta pemberangkatannya cepat dan mudah, maka layanan Pembiayaan Syariah Umrah dari Adira Finance Syariah bisa jadi pilihan tepat.

Layanan Pembiayaan Syariah Umrah merupakan produk pembiayaan paket Umrah dengan menggunakan akad yang berprinsip syariah, yaitu akad murabahah. Layanan ini memudahkan Sahabat untuk berangkat umrah meskipun belum ada dana tunai yang mencukupi. Sebab, Sahabat bisa mengangsur cicilan setelah pulang dari Tanah Suci. 

Mungkin Sahabat bertanya-tanya, apakah bisa memilih sendiri paket umrah yang tersedia? Jawabannya tentu bisa lho. Sahabat bisa memilih paket umrah dari biro perjalanan atau mitra travel yang telah bekerjasama dengan Adira Finance Syariah. 

Apa Keunggulan Pembiayaan Syariah Umrah?

Sebelum memilih paket Umrah yang sesuai, Sahabat perlu tahu dulu nih keuntungan yang didapatkan saat memilih layanan Pembiayaan Syariah Umrah, antara lain:

  • Pembayaran biaya Umrah dilakukan dengan cara diangsur sehingga terjangkau
  • Dapat berangkat terlebih dahulu, tanpa harus menunggu pelunasan
  • Menggunakan akad murabahah yang sesuai prinsip syariah
  • Bekerjasama dengan travel-travel terpercaya di Indonesia yang menyediakan paket umrah terbaik 

5 Pedoman Pasti Umrah dari Kemenag RI

Adira Finance bekerjasama dengan travel-travel yang terpercaya dan sudah menerapkan pedoman 5 Pasti Umrah sesuai ketentuan dari Kementerian Agama RI. 

Oleh karena itu, Sahabat sebaiknya tidak hanya fokus pada paket Umrah yang disediakan, tetapi Sahabat juga perlu memastikan ketentuan pedoman ini agar mengurangi risiko penipuan dari oknum tak bertanggung jawab.

Apa saja 5 pedoman Pasti Umrah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

  1. Pasti Travelnya

    Selain memilih paket umrah yang sesuai, Sahabat juga harus memastikan biro perjalanan atau travelnya memiliki izin penyelenggaraan ibadah umrah dan tour muslim dari Kementerian Agama RI. Sahabat dapat melihat perizinan ini pada situs resmi Kemenag. 

    Perhatikan juga apakah travel tersebut telah memiliki kantor sendiri dan berapa orang yang pernah menggunakan travel tersebut? Sahabat perlu melakukan riset terhadap track record travel yang akan dipilih untuk melaksanakan perjalanan umrah. 

  2. Pasti Jadwalnya

    Setelah memastikan travelnya terdaftar pada laman resmi Kemenag, Sahabat juga perlu memastikan jadwal keberangkatan dan perencanaan waktu umrah untuk para jamaah yang telah mendaftar. 

    Selain itu, Sahabat juga wajib mengetahui jadwal aktivitas atau itinerary ibadah umrah dan city tour (ziarah) yang telah disiapkan oleh pihak travel saat pergi ke Tanah Suci. 

  3. Pasti Terbangnya

    Untuk memastikan tidak terjadi penundaan yang terlalu lama, Sahabat harus memastikan tiket pesawat sudah atau sedang dalam proses booking oleh pihak travel. Yup! Tiket pesawat ini biasanya sudah termasuk ke dalam paket umrah yang disediakan oleh travel sejak awal. 

    Pastikan pula pesawat yang akan digunakan, apakah sesuai dengan program yang dijanjikan atau tidak? Bila terjadi pergantian armada pesawat, Sahabat juga harus memastikan kembali, apakah pesawat pengganti tersebut setara dengan pesawat yang diganti atau di-upgrade dengan fasilitas yang lebih baik? Hal ini penting untuk diketahui agar Sahabat terhindar dari risiko mendapatkan fasilitas yang lebih buruk dari yang sudah dijanjikan di awal. 

  4. Pasti Hotelnya

    Sahabat juga perlu memastikan hotel yang tertera dalam paket umrah dari travel yang bersangkutan. Hotel yang ideal untuk dijadikan tempat menginap selama ibadah umrah biasanya minimal bintang 3. 

    Jika ada pergantian hotel, seharusnya Sahabat mendapatkan hotel yang setara atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, saat melihat paket umrah yang ditawarkan oleh travel, Sahabat perlu mengetahui nama hotel yang dipilih. 

  5. Pasti Visanya

    Saat beribadah umrah, tentunya Sahabat harus memiliki visa umrah yang masih berlaku, kan? Jika tidak punya atau masa berlakunya sudah habis, maka Sahabat tidak bisa berangkat umrah. 

    Maka dari itu, pihak travel harus memastikan bahwa masing-masing jamaah telah memiliki visa sebelum keberangkatan. Selain itu, travel juga harus memastikan visa tersebut masih berlaku. Nah, Sahabat juga harus lebih aktif memastikan hal ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat hendak berangkat ke Tanah Suci. 

Itulah beberapa pedoman “pasti umrah” yang berdasarkan dengan Kementerian Agama RI. Sahabat tidak perlu khawatir saat memilih paket umrah dari travel yang bekerjasama dengan Adira Finance Syariah, karena travel-travel tersebut sudah pasti menerapkan pedoman “pasti umrah” di setiap layanannya. 

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui paket umrah dari Adira Finance Syariah? Sahabat bisa melihat informasi lengkapnya di sini. Informasi di laman tersebut akan terus di-update mengenai pembiayaan syariah Umrah dari travel-travel yang tersedia. Jadi, pastikan Sahabat melihat informasi mengenai Pembiayaan Syariah Umrah secara berkala, ya! 

Sahabat juga bisa menghubungi call center Adira Finance di nomor 1500511 atau e-mail customercare@adira.co.id supaya lebih mudah dan cepat untuk mengetahui informasi mengenai paket umrah 2022 dari travel yang tersedia. Semoga artikel ini membantu, ya!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN