Home / Berita Terbaru

Sebelum Beli Motor Sport, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Yuk!

Sebelum Beli Motor Sport, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Yuk!

31 Maret 2022 | Penulis : Adira Finance

Popularitas motor sport memang tidak ada habisnya ya, Sahabat? Bagaimana tidak, motor sport memberikan kesan yang gagah sekaligus memiliki performa yang mumpuni untuk mendukung mobilitas pengendaranya. 

Seiring dengan semakin terbukanya pasaran otomotif kendaraan roda dua, membuat jumlah dan varian motor sport pun semakin banyak dijual. Meski begitu, sebaiknya Sahabat tetap memilih kendaraan dengan lebih bijak agar bisa mendapatkan motor sport sesuai dengan kebutuhan. 

Sebelum mengetahui tips untuk membeli motor sport yang tepat, ada baiknya jika Sahabat mengetahui dulu keunggulan motor ini dibandingkan motor biasa. Tujuannya untuk memastikan kembali keinginan Sahabat untuk membeli motor yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, simak uraiannya di bawah ini! 

Keunggulan Motor Sport

Secara umum, motor sport memiliki karakter sendiri, begitu pula dengan fungsinya. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan mengenai motor jenis sport, khususnya terkait dengan spesifikasi khusus yang tidak mungkin dimiliki oleh motor jenis lain. 

Berikut ini beberapa keunggulan motor sport dibandingkan motor biasa, antara lain: 

  • Tarikan dan kecepatan

    Motor jenis sport memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, lincah, gesit, dan akselerasi yang baik. Perbedaannya dengan motor bebek dan matik yaitu motor jenis sport selalu dilengkapi dengan kopling atau perpindahan gigi manual. 

    Hal tersebut ditujukan untuk membantu pengendara dalam mengendalikan akselerasi. Pengendara bisa mengatur titik di mana dia akan membawa motornya ke performa yang lebih maksimal.

    Untuk memaksimalkan performa kecepatan dan RPM (Rotasi Per Menit) yang tinggi, maka tidak jarang para produsen motor jenis sport berlomba untuk memproduksi motor dengan kapasitas yang lebih besar. Bagi Sahabat yang suka memompa adrenalin tinggi, keunggulan ini bisa jadi daya tarik yang menawan dari motor sport. 

    Baca juga: Cara Gadai BPKB Motor yang Aman dan Mudah

  • Tangguh

    Penggunaan motor sport pasti identik dengan touring. Touring biasanya menempuh perjalanan jarak jauh, sehingga membutuhkan motor dengan ketahanan yang baik, mesin yang mumpuni, stabil, dan pastinya harus gesit. Untuk hal ini, motor sport memang bisa jadi pilihan yang tepat ya, Sahabat? 

    Sebaliknya, motor sport cenderung lebih sulit untuk dikendarai dalam jarak dekat, terutama di pusat-pusat kota yang identik dengan kemacetan. Oleh karena itu, jika Sahabat hobi touring atau minimal sering melakukan perjalanan jauh, maka motor sport bisa jadi pilihan yang cocok. 

  • Gagah dan stylish

    Seperti yang telah disebutkan ya, motor sport pada umumnya memang lebih menonjolkan desain yang sangat gagah dan stylish. Hal ini bisa Sahabat lihat dari ukuran, spesifikasi, dan desain khusus yang dimilikinya, seperti striping yang keren, ukuran ban yang lebih besar dan tebal, serta jok yang bertipe racing atau single seat. 

Itulah beberapa keunggulan motor jenis sport dibandingkan motor biasa. Apakah Sahabat semakin yakin untuk membeli motor jenis ini? Eits, sebelum itu, sebaiknya Sahabat memperhatikan tips-tips agar bisa memilih motor yang tepat. 

Tips Membeli Motor Sport yang Tepat 

Selain memiliki performa yang mumpuni, tampilannya yang trendi dan sporty juga menjadi daya tarik tersendiri pada jenis motor yang satu ini. Tak ayal, hal tersebut membuat banyak penggemar kendaraan roda dua pun tertarik untuk membelinya.

Tapi sebelum itu, Sahabat harus memerhatikan beberapa hal dulu sebelum membeli motor sport, di antaranya: 

  • Tentukan spesifikasi 

    Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu spesifikasi motor sport yang akan dipilih. Sebaiknya Sahabat melihat beberapa alternatif motor sport untuk menentukan jenis yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

    Setiap kali Sahabat membuat rencana, pasti harus ada target atau tujuan yang ingin dicapai, bukan? Begitu pula saat Sahabat memutuskan untuk memiliki motor baru, Sahabat harus menentukan target kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. 

    Baca juga: Tips Membeli dan Merawat Motor Antik Agar Tetap Awet

  • Bandingkan spesifikasinya

    Setelah menulis daftar motor sport yang akan dibeli, Sahabat bisa membandingkan masing-masing motor tersebut. Hal ini akan memudahkan Sahabat untuk menentukan motor yang sesuai. 

    Misalnya saja, Sahabat sudah membandingkan antara motor sport dari merek A dan merek B. Setelah membandingkan antara desain, spesifikasi, harga, warna, dan lain sebagainya, Sahabat bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, setelah itu barulah Sahabat memutuskan untuk membeli merek yang sesuai. 

  • Perhatikan kenyamanan

    Kenyamanan adalah hal penting yang perlu Sahabat perhatikan saat ingin membeli motor sport. Beberapa poin, seperti ketinggian jok motor, jarak stang ke bodi motor, dan hal-hal lainnya merupakan sebagian faktor yang perlu Sahabat cermati saat ingin membeli satu jenis merek motor. Kendaraan yang nyaman tentu akan bisa memberikan pengalaman berkendara yang semakin aman dan menyenangkan. 

  • Cek harga

    Hal lain yang tak kalah penting yaitu memerhatikan harga dari motor sport yang akan dibeli. Sebaiknya Sahabat membeli motor sesuai dengan anggaran atau budget yang telah dimiliki. 

    Jika Sahabat sudah membuat anggaran untuk pembelian motor, usahakan jangan terlalu melebihi nilai anggaran atau nominal yang telah ditentukan. Bahkan, akan lebih baik lagi jika Sahabat membeli motor sport dengan harga yang lebih rendah dari budget awal. Dengan begitu, sisa uangnya masih bisa Sahabat gunakan untuk membeli kebutuhan lainnya. 

  • Tentukan mengenai metode pembayaran

    Satu lagi tips yang perlu diperhatikan yaitu memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Apakah Sahabat membeli dengan cara tunai? Atau cara kredit? Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Namun, jika Sahabat ingin memiliki motor sport impian dengan cepat, tanpa harus menunggu dana tunai terkumpul dengan cukup, sebenarnya Sahabat bisa memanfaatkan kredit motor dari Adira Finance. 

Kredit motor dari Adira Finance memudahkan Sahabat untuk mendapatkan motor impian dengan lebih mudah, aman, dan prosesnya cepat. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga semua fasilitas yang disediakan sudah pasti legal.

Adira Finance menawarkan kemudahan memiliki motor sport yang baru maupun bekas dengan berbagai pilihan merek yang sesuai dengan keinginan Sahabat. Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang bisa Sahabat dapatkan saat mengajukan kredit motor sport di Adira Finance, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Prosesnya cepat
  • Pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas
  • Dilengkapi dengan perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri
  • Sistem penyimpanan BPKB yang aman
  • Layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang/perwakilan, dealer, contact center, dan media digital
  • Banyak promo menarik, berupa diskon, cashback, mendapatkan Adira poin, dan lain sebagainya 

Bahkan, Sahabat bisa mendapatkan motor sport impian dengan lebih mudah dan cepat karena Adira Finance hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. IIMS merupakan pameran otomotif tahunan yang digelar di Jakarta. Pameran ini sudah digelar sejak tahun 2016 dan masih berlangsung hingga tahun ini. 

Ada banyak keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan jika ingin mengajukan kredit motor selama perhelatan IIMS berlangsung pada 31 Maret - 10 April. Sahabat bisa mendapatkan berbagai promo menarik yang Adira Finance hadirkan. Menarik banget, kan? Yuk, cari tahu informasi lebih lanjut dengan cara klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN