Home / Berita Terbaru

Sebelum Renovasi Rumah Tingkat Minimalis, Perhatikan 3 Hal Ini!

Sebelum Renovasi Rumah Tingkat Minimalis, Perhatikan 3 Hal Ini!

08 Maret 2022 | Penulis : Adira Finance

Sahabat membutuhkan ruangan baru di rumah? Atau butuh space baru untuk mendukung kegiatan sehari-hari? Sekarang merenovasi rumah ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Sebab, ada banyak kemudahan untuk Sahabat saat ingin merenovasi rumah tingkat minimalis, salah satunya menggunakan fasilitas pembiayaan dana untuk keperluan konsumtif.

Dengan bantuan fasilitas pembiayaan dana, Sahabat bisa bisa mendapatkan pinjaman dana tunai untuk merenovasi rumah tingkat minimalis yang selama ini diidam-idamkan. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah yang lebih luas dan nyaman? Kita semua tentu ingin memilikinya, bukan? 

Nah, sebelum berniat merenovasi rumah tingkat minimalis menggunakan bantuan pembiayaan dana, ada beberapa hal penting yang harus Sahabat perhatikan. Simak penjelasannya berikut ini, ya! 

Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Renovasi Rumah Tingkat Minimalis

Berikut ini beberapa hal yang harus Sahabat pertimbangkan saat akan merenovasi rumah tingkat minimalis, di antaranya: 

  1. Rencanakan renovasi secara matang

    Perencanaan merupakan langkah awal agar renovasi rumah tingkat minimalis berjalan dengan baik. Untuk rencana awal, pastikan Sahabat melakukan riset untuk melihat referensi rumah idaman yang akan direnovasi.

    Sekarang riset model bangunan rumah sudah cukup mudah, Sahabat bisa memanfaatkan internet untuk melihat ide-ide yang menarik. Selain itu, Sahabat juga bisa konsultasi dengan pihak yang ahli di bidangnya, seperti arsitek atau desainer interior.

    Dengan bantuan arsitek atau desainer interior yang andal, Sahabat bisa merenovasi rumah tingkat minimalis sesuai dengan anggaran dan hasilnya kemungkinan besar sesuai dengan ekspektasi di awal. 

    Perencanaan juga mencakup pemilihan material yang akan digunakan, karena material tersebut memiliki peranan penting dalam menjaga kondisi rumah tingkat minimalis setelah direnovasi. 

  2. Persiapkan anggaran

    Setelah rencana sudah detail dan gambaran renovasi cukup jelas, langkah selanjutnya yaitu mulai membuat perincian anggaran atau budget yang dibutuhkan untuk renovasi rumah tingkat minimalis.

    Jika Sahabat menggunakan jasa arsitek, desainer interior, atau kontraktor, biasanya rancangan anggaran ini sudah termasuk ke dalam jasanya. Jadi, saat konsultasi sedang berjalan, parah ahli tersebut akan memberikan estimasi rincian biaya yang dibutuhkan. 

    Saat menyiapkan anggaran untuk renovasi rumah tingkat minimalis, sebaiknya Sahabat juga perlu menyiapkan dana tak terduga untuk mengatasi harga material yang tiba-tiba naik atau hal-hal tak terduga lainnya. 

  3. Kenali luas bangunan dan lahan rumah

    Penting bagi Sahabat untuk mengetahui luas bangunan atau lahan sebelum merenovasi rumah tingkat minimalis. Namanya rumah minimalis, bukan hanya desainnya saja yang harus minimalis, tetapi cara renovasinya pun harus dilakukan seefisien mungkin. 

    Dengan mengenal lebih detail tentang rumah, bisa saja Sahabat tidak membutuhkan perombakan rumah yang besar, sehingga dapat membantu Sahabat dalam memangkas biaya renovasi. 

Baca juga: Butuh Pinjaman Uang Cepat Cair? Ini Tipsnya!

Ide Desain untuk Renovasi Rumah Tingkat Minimalis

Sahabat masih bingung untuk menentukan desain rumah tingkat minimalis yang akan direnovasi? Eits, tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada beberapa ide desain interior dengan konsep minimalis, antara lain: 

  • Back to basic 

    Terkadang kita tidak perlu memikirkan terlalu banyak ide desain yang berlebihan saat merenovasi rumah tingkat minimalis. Agar lebih mudah dan murah, renovasi rumah bisa Sahabat lakukan dengan menggunakan atau mengembalikan elemen-elemen dasar pada rumah.

    Salah satu contohnya, mengusung konsep back to basic. Sahabat bisa menggunakan warna-warna dasar, seperti putih dan pemilihan furnitur minimalis tanpa detail berlebih. Tidak hanya membuat suasana rumah jadi lebih baru, konsep back to basic juga membuat ruangan jadi terkesan lebih luas dan clean. Yang tidak kalah penting, back to basic juga jadi konsep yang tak lekang oleh waktu, jadi Sahabat tidak perlu renovasi atau ganti desain terlalu sering. 

  • Tambah ruangan tanpa sekat

    Hal lain yang membuat rumah tingkat minimalis jadi terkesan lebih luas yaitu pemilihan ruangan tanpa sekat. Daripada merenovasi ruang keluarga dan ruang makan dengan tambahan tembok penyekat, sebaiknya Sahabat memisahkan antara kedua ruangan itu menggunakan karpet yang berbeda warna. Bisa juga menggunakan penyekat minimalis yang tidak membuat ruangan tampak penuh. 

  • Tambah balkon untuk bersantai

    Rumah tingkat minimalis akan lebih nyaman saat memiliki balkon di atasnya, bukan? Cobalah merenovasi dan menambahkan balkon untuk bersantai, ukurannya tidak perlu terlalu luas, sesuaikan saja dengan luas bangunan yang ada. Dengan begitu, konsep minimalis akan tetap ada, sekaligus lebih efisien. 

  • Tambah pencahayaan alami di dalam rumah

    Saat merenovasi rumah tingkat minimalis di lantai 2, Sahabat bisa menambahkan pencahayaan alami di dalam rumah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, di antaranya menggunakan atap transparan di beberapa bagian, tidak banyak sekat, ventilasi lebar, pemilihan cat warna cerah, dan menggunakan kaca pada salah satu dinding. 

  • Kurangi penggunaan furnitur berlebih

    Salah satu penyebab rumah tampak penuh sesak adalah penggunaan furnitur yang besar dan berlebihan. Demi menghadirkan rumah tingkat minimalis yang nyaman, sebaiknya Sahabat kurangi penggunaan furnitur di semua ruangan. Untuk mengakali kondisi ini, Sahabat bisa memilih furnitur yang multifungsi. 

  • Desain natural dengan tanaman 

    Terkadang, renovasi rumah tingkat minimalis bertujuan untuk menyegarkan suasana rumah sehingga dapat melakukan aktivitas yang lebih nyaman. Salah satu tipsnya yaitu dengan menggunakan tanaman. Kehadiran tanaman di dalam rumah bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat suasana jadi lebih segar lho. Selain menempatkan tanaman di dalam rumah, Sahabat juga bisa memanfaatkan ruang terbuka untuk menyatukan lingkungan alam. 

  • Kurangi warna yang mencolok

    Hal lain yang harus diperhatikan saat renovasi rumah tingkat minimalis yaitu pemilihan warna cat. Penggunaan warna mencolok di dalam rumah bisa menyebabkan hunian terasa lebih sesak dan penuh. Oleh karena itu, sebaiknya Sahabat memilih warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, cream, dan lain sebagainya. Warna-warna netral ini bisa memberikan ilusi atau kesan ruangan jadi lebih luas, sekaligus sesuai dengan konsep awalnya, yaitu “rumah tingkat minimalis”. 

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum merenovasi rumah tingkat minimalis. Tidak bisa dipungkiri jika biaya memiliki peran besar dalam merealisasikan renovasi ini, sehingga tak sedikit orang yang mengurungkan niat untuk merenovasi karena alasan dana tak cukup. Tentu saja saat mengumpulkan dana yang sesuai pun pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar kan? 

Namun, seperti yang sudah disebutkan di awal, sekarang Sahabat tidak perlu khawatir karena ada kemudahan untuk mendapatkan dana renovasi rumah, salah satunya dengan memanfaatkan layanan Kredit Multiguna dari Adira Finance. 

Kabar baiknya, Sahabat bisa mendapatkan banyak keuntungan jika mengajukan Kredit Multiguna selama program Sahabat Flash Deal Road to IIMS 2022 berlangsung. Dengan kesempatan ini, Sahabat bisa mendapatkan bunga mulai dari 0,58%, cashback sampai dengan 2 juta, cashback adirapoin, dan masih banyak bonus lainnya.

Promo Kredit Dana Multiguna cuma berlaku sampai tanggal 18 maret 2022. Jadi, ayo langsung manfaatkan promonya di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN