Home / Berita Terbaru

Strategi Pengembangan Bisnis Toko Roti Cepat Sukses

10 Juni 2024 | Penulis : Adira Finance

Pengembangan bisnis untuk usaha toko roti tentunya sangat perlu dilakukan. Terlebih lagi toko roti masih menjadi salah satu ide bisnis yang terbilang cukup menjanjikan karena banyak digemari para masyarakat.

Peluang bisnis toko roti memang cukup besar sehingga Sahabat bisa mengembangkannya agar semakin sukses. Namun, untuk mengembangkan sebuah bisnis toko roti tentu saja tidak bisa instan. Harus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut, di antaranya:

Membuat Perencanaan Secara Jelas

Mengembangkan bisnis toko roti secara matang tentu saja tidak bisa lepas dari perencanaan secara jelas. Sahabat sangat perlu mempertimbangkan sejumlah hal penting. Contohnya saja modal, jenis roti, izin usaha, target pasar dan lainnya.

Perencanaan tersebut dibutuhkan agar nantinya toko roti yang akan Sahabat kembangkan dapat berjalan lancar dan baik. Karena tanpa adanya perencanaan yang matang, kemungkinan besar bisnis Sahabat dapat mengalami banyak kendala dari internal maupun eksternal.

Memahami Target Market

Kesuksesan dari sebuah bisnis toko roti tentunya tak bisa lepas dari target market yang tepat. Dengan adanya target market yang lebih spesifik, tentu saja Sahabat dapat lebih mudah untuk menentukan jenis roti yang akan ditawarkan. Selain itu akan lebih menarik perhatian dari calon konsumen.

Kemudian untuk keuntungan lain adalah Sahabat dapat lebih mudah untuk memikirkan gagasan ataupun ide mengenai strategi pemasaran agar bisa lebih jelas dan terarah. Bahkan, nantinya Sahabat juga dapat lebih mudah untuk mengidentifikasi produk serupa dari kompetitor.

Belajar Dari Pesaing

Apapun jenis bisnis yang Sahabat jalankan, adanya pesaing atau kompetitor tentu saja menjadi salah satu aspek yang tak bisa dihindari. Tetapi, dengan adanya pesaing tersebut bukan menjadi suatu ancaman maupun kendala, justru bisa memacu Sahabat untuk terus mengembangkan bisnis.

Jadi, sangat penting untuk selalu belajar dari pesaing agar bisa terus terpacu untuk berinovasi serta bisa memahami pasar secara lebih mendalam. Selain itu juga bisa meningkatkan layanan pelanggan, kredibilitas bisnis dan lainnya.

Mengutamakan Kualitas dan Rasa

Dalam sebuah bisnis toko roti, kualitas serta rasa tentu saja menjadi salah satu kunci sukses yang perlu diperhatikan. Hal tersebut sangat penting karena bisa mempertahankan konsumen agar tidak pindah ke toko roti lainnya. Tetapi, untuk menjaga konsistensi rasa memang menantang.

Oleh karena itu, Sahabat sangat perlu memperhatikan beberapa hal, seperti membuat standarisasi menu, adanya manajemen dapur pusat saat memiliki cabang, terdapat SOP yang jelas dan memilih bahan baku berkualitas tentunya.

Melakukan Inovasi

Sebuah bisnis toko roti memang termasuk jenis usaha yang sejak dulu sudah ada. Jadi, Sahabat perlu untuk melakukan pengembangan bisnis dengan berinovasi secara kreatif. 

Dengan inovasi secara kreatif, tentu saja akan menciptakan suatu produk yang mempunyai daya jual tinggi serta berbeda dari pesaing. Secara umum, bisnis toko roti dapat melakukan inovasi dengan rasa yang lebih lezat, modifikasi roti mengikuti perkembangan, bentuk beragam dan lainnya.

Membuat Kemasan Lebih Menarik

Apakah Sahabat tahu jika kemasan dari suatu produk dapat menarik perhatian dari calon konsumen agar membeli? Kemasan memang tak hanya sekadar untuk melindungi produk yang dijual saja, namun juga dapat menjadi identitas untuk merk ataupun brand roti yang Sahabat jual. 

Selain itu dengan memperhatikan kemasannya tentu saja akan memberikan daya tarik dan keunikan tersendiri. Bahkan juga menyajikan informasi yang dibutuhkan calon konsumen seputar produk roti tersebut.

Memaksimalkan Penjualan Offline dan Online

Bisnis toko roti ini bisa Sahabat maksimalkan dengan dua cara, yaitu secara offline dan online. Di zaman modern seperti saat ini tentu saja akan memudahkan para pelaku bisnis untuk bisa mengembangkan bisnis secara lebih luas, begitupun toko roti Sahabat.

Berhubung roti ini termasuk makanan yang mempunyai tanggal kadaluarsa cukup singkat, tentu saja Sahabat bisa memanfaatkan berbagai media sosial. Jadi, Sahabat bisa menjual produk secara online menggunakan sistem pengiriman instan.

Sahabat bisa mencoba untuk memanfaatkan aplikasi penyedia jasa antar makanan agar dapat menjangkau para calon konsumen secara lebih luas.

Selain secara online, Sahabat juga dapat memaksimalkan penjualan secara offline. Caranya adalah menyewa ruko, menerima pesanan di rumah ataupun menyewa tempat khusus. 

Tetapi, Sahabat juga harus memastikan untuk memilih lokasi yang strategis. Tujuannya tentu saja untuk bisa menjangkau target market secara tepat dan lebih luas. 

Menyediakan Kemudahan Transaksi

Sekarang ini banyak orang menginginkan kemudahan ketika melakukan transaksi, begitupun ketika membeli roti di toko Sahabat. Calon konsumen tentunya tidak hanya menggunakan satu jenis bank tertentu ataupun metode pembayaran tertentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat bisa menyediakan berbagai pilihan metode pembayarannya. Mulai dari cash, transfer bank, melalui aplikasi jasa pengantaran makanan dan yang lainnya. Hal ini tentu saja akan mempermudah Sahabat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Untuk bisa memaksimalkan pengembangan usaha toko roti Sahabat, tentu saja layanan Pinjaman Dana Tunai dari Adira Finance bisa menjadi pilihan dan solusi yang tepat. Sahabat bisa mengajukan pembiayaan modal usaha untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Tak perlu khawatir karena Adira Finance akan memberikan kemudahan untuk Sahabat. Mulai dari bunga rendah, jaminan hanya BPKB kendaraan, proses yang mudah dan cepat serta yang lainnya. Oleh karena itu, hanya dalam waktu singkat saja Sahabat sudah bisa mendapatkan tambahan modal.

Tunggu apa lagi? Segera ajukan pembiayaan modal untuk pengembangan bisnis toko roti di Adira Finance sekarang juga!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN