Home / Berita Terbaru

Sunat Laser, Metode Khitan Modern yang Aman dan Nyaman

Sunat Laser, Metode Khitan Modern yang Aman dan Nyaman

20 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Sunat laser kini lebih banyak dipilih orang tua ketika akan menyunat anaknya. Metode khitan dengan sunat laser ini dianggap lebih aman, nyaman, dan modern, bahkan tidak sakit seperti halnya metode sunat tradisional. 

Sahabat, seperti diketahui, sunat merupakan prosedur yang bertujuan untuk mengangkat jaringan kulit yang menutupi ujung penis atau kulup. Sunat biasanya dilakukan pada bayi laki-laki yang baru lahir atau menginjak usia sekolah. Namun, ada juga laki-laki yang baru sunat saat sudah dewasa.

Di balik itu, ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk melakukan sunat, antara lain sunat biasa menggunakan pisau bedah dan sunat laser. Namun, saat ini, sunat laser lebih banyak dipilih karena dinilai lebih unggul dibandingkan sunat biasa.

Apa yang Dimaksud dengan Sunat Laser?

Sunat laser adalah istilah yang umum digunakan untuk metode khitan tanpa menggunakan pisau bedah, contohnya metode khitan tradisional. Sunat laser sempat jadi perbincangan lantaran dianggap menggunakan laser. Padahal, istilah sunat laser ini kurang tepat karena sebenarnya tidaklah menggunakan laser, apalagi laser seperti di film fiksi ilmiah.

Sunat laser ini memang tidak menggunakan pisau melainkan memakai alat bernama electro cauter. Electro cauter adalah alat berbentuk seperti pulpen dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan. Penggunaan electro cauter dalam sunat laser dilakukan dengan cara mengaliri alat tersebut dengan listrik. 

Kedua ujung alat itu akan menjadi panas dan memerah, setelah itu akan digunakan untuk memotong kulit kulup dalam prosedur sirkumsisi. Penggunaan panas inilah menyebabkan kulup dapat terpotong tanpa atau minim perdarahan pada penis. Pasalnya setelah kulit dipotong, luka pada area yang disunat akan langsung menutup dan darah yang berada di sekitarnya membeku.

Perlu diketahui, metode sunat laser atau sunat listrik ini tetap membutuhkan jahitan untuk merapikan hasil sunat dan membuat luka pascasunat lebih cepat sembuh. Jadi, metode sunat ini sebenarnya serupa dengan sunat biasa, hanya menggunakan alat yang berbeda. Bukan hanya anak-anak, sunat laser juga bisa dilakukan untuk dewasa.

Keunggulan dan Risiko Sunat Laser

Sunat laser memang sempat booming dan banyak digunakan untuk prosedur khitan laki-laki. Namun, ada beberapa keunggulan serta risiko dari pelaksanaan prosedur sunat ini.

Keunggulan Sunat Laser

Penelitian telah membuktikan bahwa sunat laser memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Waktu perdarahan lebih singkat 
  • Luka lebih cepat sembuh dibandingkan sunat konvensional yang menggunakan pisau bedah
  • Waktu yang diperlukan untuk proses pengerjaannya lebih singkat
  • Tampilannya memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan sunat dengan pisau bedah

Risiko Sunat Laser

Di balik keunggulannya, semua tindakan bedah memang memiliki risiko. Termasuk ketika memilih melakukan khitan dengan metode sunat ini. Berikut ini adalah risiko yang mungkin bisa terjadi akibat sunat laser:

  • Infeksi
  • Nyeri setelah menjalani sunat
  • Perdarahan setelah sunat
  • Reaksi obat bius lokal, seperti memar dan iritasi kulit, atau reaksi obat bius total yang lebih berat, seperti pusing, mual, dan gangguan pernapasan

Tips Perawatan Setelah Sunat Laser

Secara umum, proses sunat tidak membutuhkan waktu lama. Proses menyunat bayi misalnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Sedangkan proses penyunatan anak-anak atau dewasa bisa membutuhkan waktu hingga 30-60 menit. Sementara pemulihan setelah sunat membutuhkan waktu sekitar 5-7 hari.

  1. Minum obat penghilang rasa sakit (analgesik)

    Minumlah obat yang diberikan oleh dokter segera setelah sunat laser untuk menghindari rasa sakit setelah obat anestesi lokal yang disuntikkan habis. Minumlah obat secara teratur sesuai petunjuk dokter.

  2. Istirahatkan anak

    Istirahatkan anak untuk beberapa hari setelah melaksanakan sunat laser. Hal ini sangat penting demi menghindari bengkak (oedem) yang berlebihan. Setelah sunat, anak masih bisa berjalan kaki, asalkan seperlunya. Hindari melakukan aktivitas yang berlebihan seperti melompat-lompat atau berlari-lari.

  3. Perhatikan apakah ada perdarahan pada bekas sunat

    Perdarahan yang normal biasanya hanya berlangsung sebentar setelah operasi. Jika terjadi rembes cukup dirawat dengan kasa steril yang telah dibubuhi povidone iodine. Namun, jika terjadi perdarahan terus dalam beberapa jam setelah operasi, segera hubungi dokter.

  4. Jaga luka bekas khitan agar tetap bersih dan kering

    Usahakan celana yang digunakan anak lebih longgar untuk menghindari gesekan. Bersihkan bekas bercak darah pada bekas khitan. Penggunaan iodine atau rivanol untuk membersihkan luka tidak disarankan, karena akan memperlambat penyembuhan luka. Jika sudah lebih dari 3 hari, bekas luka sunat laser boleh dibersihkan dengan kasa steril dan air hangat secara perlahan selama beberapa hari (sesuai petunjuk dokter).

    Gunakan tisu untuk membersihkan setelah buang air kecil. Apabila sudah buang air kecil, bersihkan ujung lubang kencing secukupnya secara perlahan, usahakan jangan mengenai luka sunat. Hindari menggosok luka bekas sunat, karena bisa mengakibatkan kulit luka dan berdarah kembali. Biarkan kulit bekas luka luruh dengan sendirinya.

  5. Tidak ada pantangan makanan

    Adalah mitos bahwa seseorang yang baru saja dikhitan mendapat pantangan makanan seperti ikan, telur, dan daging. Sebaliknya, makanan yang mengandung protein diperlukan tubuh untuk membantu proses penyembuhan luka agar lebih cepat kering. Kecuali, jika anak memang memiliki riwayat alergi terhadap makanan tadi dan menyebabkan reaksi alergi seperti gatal, bentol, dan lain-lain. Jagalah konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, hindarilah makanan yang menyebabkan gangguan kesehatan.

Nah, jika Sahabat ingin memilih metode sunat laser untuk anak, lakukan riset sederhana untuk mengetahui berbagai hal terkait metode ini. Setelah itu, Sahabat juga dapat menentukan anggaran biaya yang sesuai dengan prosedur tersebut. Jika budget tidak cukup karena untuk memenuhi kebutuhan lain, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Pembiayaan AMANAH (Adira Multi Dana Syariah) dari Adira Finance. 

Pembiayaan AMANAH merupakan layanan pembiayaan dana berlandaskan prinsip syariah dengan menggunakan akad Al-Bai’ wa al-isti’jar. Akad Al-Bai’ wa al-isti’jar adalah salah satu mekanisme pembiayaan ulang atau refinancing yang dilakukan berdasarkan prinsip Al-Bai’ dalam bentuk penjualan suatu barang oleh konsumen kepada Adira Finance yang disertai dengan menyewakan kembali barang tersebut kepada konsumen yang sama berdasarkan prinsip Ijarah Muntahiyah Bittamlik, pada akhir masa sewa tersebut dilakukan pengalihan kepemilikan kepada konsumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Pembiayaan AMANAH memberikan kemudahan dana pinjaman dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, jaringan pembayaran angsuran yang luas, perlindungan asuransi sesuai prinsip syariah, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, call center, dan media digital. 

Layanan pembiayaan AMANAH dari Adira Finance sudah pasti aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, Sahabat bisa menggelar acara khitanan anak dengan cepat dan mudah. Yuk, langsung ajukan pembiayaannya di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN