Home / Berita Terbaru

Ternyata Segini Biaya Pakai Mobil Listrik BMW untuk HarianTernyata Segini Biaya Pakai Mobil Listrik BMW untuk Harian

Ternyata Segini Biaya Pakai Mobil Listrik BMW untuk HarianTernyata Segini Biaya Pakai Mobil Listrik BMW untuk Harian

31 Oktober 2017 | Penulis : Adira Finance

TANGERANG – Memiliki mobil bertenaga listrik di Indonesia dianggap belum cocok oleh sebagian besar masyarakat di sini, karena selain belum siapnya infrastruktur, biaya yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai juga dianggap tidak murah dibandingkan dengan mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Anggapan tersebut ingin dibantah oleh BMW Group Indonesia saat menggelar BMW Electric Vehicle Workshop bersama media, Kamis (26/10). Pihak BMW Group Indonesia membangi pengalaman membandingkan biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan kendaraan bertenaga listrik dalam aktivitas keseharian.

Dalam presentasi oleh Anindyanto Dwikumoro, Product Specialist BMW Group Indonesia, pengalamannya mengendarai SUV plug-in hybrid BMW X5 xDrive40e iPerformance membuktikan biaya yang dikeluarkan justru lebih murah bila dibandingkan menggunakan X5 xDrive35i bermesin bensin.

“Total saya menggunakan jarak sekali jalan dari rumah ke kantor itu 22 kilometer, saya tinggal di suburban, kantor saya ada di tengah kota, itu saya benar-benar bisa gunakan pure electric driving dengan jarak 22 kilometer ini,” terang pria yang akrab dengan sapaan Anin itu.

“Waktu saya sampai rumah, malam, saya charge dengan travel charger, ketika pagi hari lepas subuh saya berangkat itu total saya gunakan dari baterai minimum sampai full itu memakan waktu 7 jam.”

Dengan baterai penuh X5 iPerformance mampu menempuh jarak 60 kilometer, yang disebut membutuhkan biaya sebesar Rp 18.908 untuk tarif listrik untuk jarak tempuh 22 kilometer. Sementara dengan BBM bensin RON 95 seharga Rp 9.350 per liter, biaya rata-rata yang dikeluarkan Rp 41.140 untuk jarak tempuh sama, namun belum termasuk waktu yang terbuang untuk mengantre di SPBU seandainya membutuhkan pengisian.

Dengan travel charger yang bisa dibawa ke mana-mana, daya listrik yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian baterai adalah 1.700-1.800 Watt. Sementara untuk dipasang di rumah, BMW menyediakan Wallbox charger yang terbagi dua jenis yakni Wallbox standar dan Wallbox Plus yang mampu persingkat waktu pengisian baterai.

Sebagai pebanding, jika dengan travel charger waktu pengisian membutuhkan 7 jam, dengan Wallbox Plus durasi pengisian ulang dipersingkat menjadi 3 jam. Biaya dengan menggunakan Wallbox Plus pun lebih rendah.

Untuk pengisian baterai dari kosong ke penuh dalam 3 jam menggunakan Wallbox Plus, biaya yang dibutuhkan menjadi Rp 16.295, namun untuk cara ini dibutuhkan daya listrik 3.300-3.400 Watt.

Lebih lanjut, dengan menggunakan tenaga listrik emisi yang dihasilkan bisa mencapai 3/4 lebih rendah daripada mobil bermesin bensin.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN