Home / Berita Terbaru

Ternyata Teknologi GT-R Jadi Andalan Mesin Irit RenaultTernyata Teknologi GT-R Jadi Andalan Mesin Irit Renault

Ternyata Teknologi GT-R Jadi Andalan Mesin Irit RenaultTernyata Teknologi GT-R Jadi Andalan Mesin Irit Renault

17 Desember 2017 | Penulis : Adira Finance

PARIS – Berkembangnya isu lingkungan dan efisiensi konsumsi energi menuntut pabrikan otomotif berinovasi menciptakan teknologi baru. Seperti dilakukan oleh Renault yang memperkenalkan mesin jenis baru mereka.

Sebuah mesin empat silinder 1.3 liter turbo diperkenalkan oleh Renault yang akan digunakan mulai 2018, lahir atas hasil pengembangan bersama Daimler. Renault dan Daimler tergabung dalam sebuah aliansi kemitraan.

Mesin berdimensi terbilang kecil ini saat ini telah dipakai oleh Renault Scenic dan Grand Scenic, lalu akan menyusul dipakai oleh model Renault lainnya tahun depan. Beberapa teknologi serapan dibawa ke mesin baru ini.

Masih memanfaatkan aliansi, mesin ini mendapatkan teknologi Bore Spray Coating yang dibawa dari Nissan GT-R, begitu juga direct injection dan Dual Variable Timing Camshaft. Dengan rangkaian teknologi tadi, mesin akan mampu memberikan torsi lebih di putaran rendah dan juga torsi lebih linear di putaran lebih tinggi.

Renault akan tawarkan mesin ini dalam tiga varian konfigurasi, yakni Energy TCe 115 bertenaga 115 hp dan torsi 220 Nm, kemudian Energy TCe 140 dengan 140 hp dan 240 Nm, lalu Energy TCe 160 dengan 160 hp dan 260 Nm.

Varian 160 akan dipadukan transmisi manual 6-speed, sedangkan pilihan transmisi otomatis efficient dual-clutch (EDC) akan mampu beri tambahan 10 Nm di 1.800 rpm.

Mengingat Daimler ikut berperan dalam pengembangan mesin ini, ke depannya Mercedes-Benz juga kemungkinan akan memakainya pada generasi baru A-Class. Begitu juga untuk Nissan dan Mitsubishi nantinya.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN