Home / Berita Terbaru

Tertarik Memulai Bisnis Franchise Makanan? Ini 7 Tahapannya!

Tertarik Memulai Bisnis Franchise Makanan? Ini 7 Tahapannya!

24 Maret 2022 | Penulis : Adira Finance

Sering melihat artis-artis Ibu Kota memulai bisnis makanan yang hits? Sekarang Sahabat juga bisa lho merintis bisnis makanan dengan sistem franchise. Bisnis franchise makanan merupakan salah satu usaha kuliner yang saat ini banyak diminati. 

Lewat franchise, Sahabat tidak perlu bingung atau pusing memikirkan konsep hingga produk makanan yang akan dijual, karena semuanya sudah disiapkan oleh pemegang franchise atau disebut juga dengan franchisor. 

Melalui franchise makanan, Sahabat bisa mendapatkan sejumlah manfaat yang menguntungkan, di antaranya manajemen bisnis sudah jelas, merek atau brand sudah dikenal masyarakat, peluang sukses lebih cepat, dan manajemen finansial lebih mudah. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Franchise Makanan

Sebelum terjun ke dalam bisnis franchise makanan, sebaiknya Sahabat perhatikan beberapa hal penting agar bisnis yang dirintis ini bisa berjalan dengan baik, antara lain: 

  1. Pilih produk dengan target market yang jelas

    Banyak franchise makanan yang bisa Sahabat pilih, mulai dari harga yang murah, makanan yang enak, target pasar jelas, atau alasan lainnya. Namun, sebelum tergiur dengan harga yang ditawarkan oleh franchisor, sebaiknya Sahabat memilih produk dengan target market yang jelas.

    Meskipun jenis makanannya terlihat menjanjikan, tetapi lihat lagi, apakah ada orang yang akan membelinya? Apakah produk tersebut memang disukai oleh orang? Sesuaikan antara harga, rasa, kualitas, dan hal penting lainnya agar bisnis franchise makanan yang dijalani bisa menguntungkan. Umumnya, bisnis franchise makanan itu memiliki sistem kontrak yang lebih dari 2 tahun, jadi jangan sampai waktu dan uang Sahabat terbuang begitu saja, ya! 

  2. Pastikan makanan tersebut tidak musiman

    Sahabat masih ingat dengan tren es milo kepal beberapa waktu lalu? Tren makanan ini memang sempat digemari oleh banyak orang, sehingga meningkatkan pemasukan secara instan. Hal musiman ini memang menarik minat semua orang di awal peluncurannya, tetapi kemungkinan besar tidak akan berlangsung lama.

    Jika ingin memilih franchise makanan, pastikan yang tidak musiman supaya bisnis ini bisa bertahan sampai jangka panjang. Untuk memeriksanya, Sahabat bisa menggunakan portofolio skala penjualan sebagai acuan. 

    Apabila skala penjualannya stabil dalam jangka waktu yang lama, maka bisa dibilang kuliner ini memiliki daya beli yang bagus. Dengan begitu, Sahabat bisa mempertimbangkan untuk memilih franchise makanan tersebut. 

    Baca juga: 12 Ide Usaha Minuman Kekinian yang Bikin Cuan

  3. Pilih franchisor yang suportif dan terpercaya

    Dari sekian banyak jenis franchise makanan yang tersedia di pasaran, sebaiknya Sahabat tidak hanya memilih bisnis yang paling menguntungkan. Lebih dari itu, pilihlah bisnis yang memiliki sistem kerjasama yang saling menguntungkan.

    Usahakan juga memilih franchise makanan yang punya pemilik atau franchisor yang terpercaya dan suportif untuk mendukung kelangsungan bisnis tersebut. Franchisor yang suportif biasanya akan memudahkan Sahabat untuk membuat inovasi, namun tetap sesuai dengan SOP franchise tersebut. 

  4. Riset mengenai brand yang dipilih

    Selain memilih produk yang tepat, Sahabat juga perlu menentukan brand yang sesuai. Misalnya, Sahabat sudah memutuskan ingin memilih menjual burger, tetapi saat ini banyak kan franchise makanan yang menjual burger? 

    Nah, Sahabat perlu membandingkan antara satu franchise burger dengan franchise sejenis. Lihat mana yang bisnisnya bisa menguntungkan dan sistem kerjasamanya jelas. Selain itu, usahakan pilih brand yang reputasinya baik dan memiliki track record yang bagus. Hindari memilih brand yang pernah punya masalah atau kontroversi. 

  5. Periksa legalitas

    Hal seperti ini memang terkesan ternikal ya, Sahabat? Tetapi tips ini tak kalah penting dari tips-tips sebelumnya. Periksalah semua hal terkait legalitas pemilik franchise makanan beserta produk yang dijualnya. 

    Lihat dan baca dengan seksama poin-poin kontrak kerja sama yang akan Sahabat setujui. Cermati baik-baik dan jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang menurutmu cukup timpang atau agak memberatkan. 

  6. Atur promosi dengan baik

    Meskipun saat menjalankan bisnis franchise makanan, kita sudah mendapatkan berbagai hal dari pihak franchisor, termasuk fasilitas promosi, bukan berarti Sahabat tidak menyusun strategi dengan baik. 

    Penting bagi Sahabat untuk menyusun strategi promosi agar bisnis franchise makanan yang dijalani semakin diminati banyak orang. Dengan begitu, Sahabat pun bisa merasakan keuntungannya.

    Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan, terutama promosi secara online. Sahabat bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram dan Tiktok untuk membuat konten-konten menarik, serta iklan digital agar target pasar lebih luas. 

  7. Sesuaikan dengan budget 

    Saat memilih franchise makanan, Sahabat perlu menyesuaikan dengan budget yang ada. Banyak franchise makanan yang sudah sangat terkenal dengan perputaran keuntungan yang menggiurkan, tapi balik lagi ya, Sahabat, franchise tersebut pasti mematok harga yang cukup tinggi. 

    Tak ada salahnya jika Sahabat ingin memilih jenis franchise seperti itu, namun pertimbangkan kembali mengenai konsep bisnis, SOP, sistem kerja sama, kualitas, dan lain sebagainya. Apalagi sekarang Sahabat sudah bisa menggunakan kemudahan fasilitas Kredit Multiguna untuk mendapatkan modal usaha franchise makanan. 

Cara Mendapatkan Modal Usaha Franchise Makanan

Seperti yang sudah disebutkan, Sahabat bisa mendapatkan modal usaha dengan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Fasilitas ini terdiri dari 2 jenis, di antaranya:

  • Fasilitas pinjaman dana

    Kredit multiguna dengan jaminan BPKB motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif, seperti biaya renovasi rumah, wisata, pendidikan, kesehatan, pernikahan, dan perayaan lain, serta kebutuhan produktif seperti modal usaha, tentunya dengan pencairan dana langsung ke konsumen.

  • Kredit multiguna/jasa

    Fasilitas ini sebenarnya sama, yang membedakan yaitu pembiayaan dana dari mitra penyedia barang dan jasa yang bekerja sama dan/atau yang tidak bekerja sama dengan Adira Finance. 

Baca juga: 9 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Bikin Untung, Berani Coba?

Untuk mendapatkan modal usaha franchise makanan, Sahabat bisa langsung mengajukan Kredit Multiguna di Adira Finance. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga transaksinya sudah pasti aman. 

Selain itu, fasilitas kredit multiguna juga memberikan berbagai keuntungan menarik bagi Sahabat, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat
  • Bunga dan angsuran lebih ringan
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas
  • Layanan yang bersahabat di raturan kantor cabang atau perwakilan, merchant, toko, contact center, dan media digital
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan (Swasta/PNS), wiraswasta, profesional, atau kelembagaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran 
  • Bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti cashback atau tambahan poin


Cukup dengan jaminan BPKB motor atau mobil, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah. Yuk, langsung ajukan kredit multiguna di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN