Home / Berita Terbaru

Test Ride Vespa GTS 150 I-Get: Enggak Malu-maluin Diajak TouringTest Ride Vespa GTS 150 I-Get: Enggak Malu-maluin Diajak Touring

Test Ride Vespa GTS 150 I-Get: Enggak Malu-maluin Diajak TouringTest Ride Vespa GTS 150 I-Get: Enggak Malu-maluin Diajak Touring

17 Oktober 2017 | Penulis : Adira Finance

YOGYAKARTA – PT Piaggio Indonesia mengajak kami bersama tujuh media nasional lainnya, touring ke Yogyakarta untuk mengetes dua varian baru Vespa yaitu GTS 150 i-get dan GTS 300, serta Piaggio MP3 500 Business sekaligus menghadiri gelaran Kustomfest (7-8/10).

Di dalam perjalanan, awak media diberi keleluasaan untuk memilih tiga produk baru tersebut, atau bahkan memilih riding menggunakan Moto Guzzi yang juga disiapkan oleh Piaggio Indonesia. Dapurpacu.com tertarik dengan Vespa GTS 150 i-get, karena diantara motor-motor lainnya motor inilah yang kapasitas mesinnya paling kecil.

Rombongan berangkat dari diler Piaggio yang berada di daerah Bogor, jarak yang ditempuh dari Bogor dengan melewati jalur selatan menuju Yogyakarta, meyuguhkan rute yang menantang karena rombongan melewati jalur berbelok kondisi lalu lintas yang macet dan trek lurus, yang bisa membuat rombongan membetot gas lebih dalam.

Mesin dan Fitur

Berbeda dengan Vespa GTS 150 edisi sebelumnya, GTS edisi terbaru ini menggendong mesin i-Get 4-langkah, silinder tunggal, SOHC, dengan kepala silinder diisi 4 klep dengan kem tunggal, spesifikasi mesin yang mirip dengan Piaggio Medley 150.

Dengan spesifikasi mesin seperti itu, memberikan pengalaman berkendara menyenangkan. Disebut menyenangkan karena hentakan tenaga di awal begitu terasa, di putaran mesin tengah tenaga terasa ‘smooth’ tapi berisi, jadi meskipun terkesan lambat tapi motor terus dapat melaju kencang.

Asalkan pintar menjaga torsi dan memainkan tuas gas, tenaga Vespa GTS 150 tidak begitu keteteran kala mengikuti rombongan, kebetulan Dapurpacu.com saat touring posisinya sering berada di belakang road captain (RC) yang menggunakan Moto Guzzi California berkapasitas mesin 1.380cc.

Memang perlu diakui, jika keluar dari tikungan atau tiba-tiba RC memelintir tuas gasnya secara cepat. Mesin GT150 cc ini, bukan tidak mampu mengejar, hanya perlu waktu untuk bisa kembali membuntuti RC.

Dalam kondisi macet yang kami alami ketika masuk Cimahi hingga keluar Cibiru, Bandung, hentakan mesin di putaran bawah yang smooth tidak membuat pengendaranya capek, karena harus menahan hentakan torsi. Selain itu, jika fitur Start and Stop System aktif maka ketika tuas gas dibuka mesin akan menyala, tapi hentakan mesin tidak membuat pengendaranya kaget.

Kala disuguhkan trek lurus ketika akan memasuki wilayah Yogyakarta. Vespa GTS150 i-Get ini juga dapat melesat kencang. Walaupun pada kecepatan 80 km/jam hingga 100 km/jam terasa lama. Namun jangan kaget jika tuas gas sudah mentok, bukan berarti tenaganya sudah habis, perlahan namun pasti jarum spidometer akhirnya bisa menyentuh kecepatan 120 km/jam.

Handling dan Posisi Berkendara

Dirancang berdimensi panjang 1950 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 800 mm, terasa besar bagi kami ketika menunggangi GTS150 i-get ini. Tapi kenyamanan saat duduk tidak bisa dustai. Jok lebar berpunuk tipis di bagian belakang menambah kenyamanan kala riding.

Dengan wheelbase 1350 mm, motor ini enak untuk diajak manuver ketika melewati jalur berliku. Seperti saat memasuki daerah sebelum Wangon, Jawa Tengah yang menyuguhkan aspal mulus dengan karakter jalan yang berliku.

Rasa kantuk yang mulai terasa, hilang ketika asik bernari di atas GTS150 i-get dalam melahap tikungan. Melibas tikungan dengan kecepatan 60 km/jam, tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk menguasai handling. Tapi hati-hati karena ketika sedang menikung, standar tengah mentok kena aspal, akan menimbulkan rasa kaget bagi yang tidak terbiasa.

Keselamatan

Skuter matik dilengkapi sistem pengeraman dilengkapi ABS kanal ganda, rem depan cakram 220 mm, dan cakram juga dengan ukuran 220 mm untuk bagian belakang.

Sistem pengereman berteknologi ABS, membuat kami percaya diri kala melakukan pengeraman keras. Hentakan pedal rem terasa tidak terlalu menghentak, sehingga pengendara tidak merasa kaget saat sistem ABS bekerja.

Dengan suguhan yang seperti itu rasanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 49,9 juta on the road Jakarta. Tidak rugi untuk memboyong Vespa GTS150 I-get ini ke rumah, apalagi performa dan kemampuan GTS150 I-get ini enggak malu-maluin, ketika diajak touring.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN