Home / Berita Terbaru

Tips Cara Mengisi Baterai Sepeda Listrik yang Benar

03 Juli 2024 | Penulis : Adira Finance

Sahabat, kesadaran lingkungan saat ini semakin meningkat di masyarakat. Maka tak heran jika sepeda listrik kian marak dijumpai di berbagai daerah. Sepeda listrik kerap menjadi salah satu pilihan alternatif transportasi yang ekonomis, praktis sekaligus ramah lingkungan.

Meskipun simpel dalam pemakaiannya, namun satu hal yang perlu diperhatikan saat memiliki kendaraan listrik adalah terkait baterai yang menjadi komponen utamanya.

Penggunaan baterai pada sepeda listrik harus benar-benar menjadi perhatian, terutama saat mengisi daya. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam pengisian baterai, salah satu hal sangat mungkin terjadi adalah baterai yang menjadi lemah.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kali ini kita akan coba untuk membahas mengenai cara mengisi baterai sepeda listrik yang benar agar pemakaiannya lebih awet, tahan lama dan baterai tidak mudah menjadi drop. Yuk simak tipsnya berikut ini:

Gunakan Charger yang Sesuai

Saat ingin mengisi daya baterai kendaraan listrik, pastikan jika Sahabat menggunakan charger dengan kapasitas yang sesuai bawaan pabrik. Pada umumnya, daya baterai yang dibutuhkan ada di kisaran 96 sampai 144 watt. Tetapi, untuk memastikannya, Sahabat dapat mengecek spesifikasi yang tertera charger tersebut. 

Disarankan untuk menggunakan charger atau catu daya bawaan dari kendaraan listrik yang Sahabat miliki. Dengan menggunakan charger bawaan, secara spesifikasi tentu akan lebih sesuai sehingga bisa memperpanjang usia baterai.

Perhatikan Waktu Pengisian Baterai

Selain charger yang sesuai, Sahabat juga perlu memperhatikan waktu pengisiannya. Apalagi masing-masing sepeda listrik biasanya memiliki prosedur pengisian daya yang berbeda. Jadi, pastikan untuk mengikuti aturan sesuai merek sepeda yang Sahabat miliki. Pada umumnya pengisian baterai ini membutuhkan waktu 4 sampai 6 jam.

Jika baterai sudah penuh, beberapa jenis sepeda listrik bisa digunakan untuk menempuh perjalanan bahkan hingga berkilo-kilo meter jauhnya. Namun daya tahannya tergantung dengan voltase baterai yang dimiliki. Jika sepeda Sahabat sudah dilengkapi fitur pengisian cepat, waktu yang dibutuhkan biasanya berkisar 3 jam saja untuk pengisiannya.

Pilih Sumber Listrik Stabil

Dengan menggunakan sumber listrik dengan tegangan yang stabil, pengisian baterai bisa berjalan lebih lancar. Hindari sumber tegangan listrik yang kurang stabil karena akan menghambat penyimpanan arus di baterai sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kerusakan pada charger.

Jangan Tunggu Baterai Kosong

Pada saat ingin mengisi daya baterai sepeda listrik, Sahabat perlu memastikan agar jangan sampai benar-benar kosong. Jika baterai sepeda sudah tinggal 50%, lakukan pengisian daya segera. Meskipun ketika pengisian daya tidak sampai penuh, yang terpenting isi baterai tersebut sudah bertambah. Hal tersebut disarankan untuk menjaga usia pakai baterai yang lebih awet.

Selain itu pada saat mengisi daya baterai sebaiknya setelah sepeda tersebut selesai digunakan. Tetapi ada satu hal yang perlu Sahabat perhatikan, yaitu ketika mengisi daya baterai sebaiknya mesin sepeda sudah dalam keadaan dingin sebelum melakukan pengisian kembali pada baterai.

Hindari Mengisi Baterai Saat Mesin Menyala

Pada saat mengisi baterai sepeda, pastikan kondisi mesin dalam keadaan mati. Sebab jika kondisi mesin menyala, dikhawatirkan pengisian daya baterai menjadi kurang optimal. Hal lain yang mungkin saja bisa terjadi yaitu memicu terjadinya korsleting listrik.

Cek Kapasitas Baterai Secara Berkala

Sebagai poin tambahan, Sahabat juga perlu untuk mengecek kondisi baterai secara berkala. Pastikan untuk tidak melakukan overcharging, karena kondisi tersebut bisa melemahkan kemampuan baterai sepeda dalam menyimpan arus.

Lebih jauh lagi, overcharging juga bisa membuat baterai lebih mudah panas sehingga kinerja baterai semakin menurun. Jadi jika Sahabat melakukan pengisian, sebaiknya segera dicabut saat sudah full untuk menghindari overcharging.

Sahabat, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat mengisi baterai pada sepeda listrik agar baterai bisa lebih awet dan tahan lama. Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan akan sepeda listrik saat kian meningkat.

Hal tersebut dikarenakan fungsi sepeda listrik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik untuk kebutuhan harian maupun untuk keperluan mobilitas usaha. Selain karena simpel dan praktis, perawatannya pun tidak sulit serta ekonomis.

Bagi Sahabat yang tertarik untuk membeli sepeda listrik secara kredit, kini Sahabat dapat mengajukan pembiayaannya di Adira Finance. Proses pengajuan di Adira Finance sangat mudah, cepat serta tenor yang bisa disesuaikan.

Adira Finance adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan sepeda listrik impian Sahabat. Jadi tunggu apalagi?. Yuk, langsung ajukan kredit sepeda listrik Sahabat di Adira Finance sekarang juga dengan mengisi formulirnya di sini!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN