Home / Berita Terbaru

Tips Jitu Cara Belanja Online yang Aman dan Mudah

Tips Jitu Cara Belanja Online yang Aman dan Mudah

20 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Seiring perkembangan dunia digital yang semakin pesat, banyak orang yang lebih memilih cara belanja online untuk mendapatkan barang dengan mudah. Namun, di balik kemudahannya tersebut, belanja online pun bisa menjadi jebakan bagi Sahabat yang belum terbiasa melakukan transaksi jual beli secara online. Itulah sebabnya, sebagian orang mengalami pengalaman buruk saat melakukan cara belanja online karena tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Nah, supaya Sahabat terhindar dari hal tersebut, sebaiknya pahami terlebih dahulu cara belanja online yang aman dan cepat dari penjelasan di artikel ini, yuk! 

Cara Belanja Online yang Aman dan Praktis

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Sahabat lakukan saat hendak berbelanja secara online dengan aman dan praktis, di antaranya: 

  1. Gunakan situs belanja online yang terpercaya

    Seiring meningkatnya kebiasaan konsumen untuk berbelanja secara online, maka banyak pula situs belanja yang bisa diakses dengan mudah. Padahal, situs-situs tersebut belum tentu aman dan terpercaya. Sebelum melakukan cara belanja online, Sahabat harus memastikan bahwa situs belanjanya memang sudah terpercaya. Sebab, situs-situs tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi yang memiliki sekuritas yang terjamin. Dengan begitu, cara belanja online yang dilakukan akan lebih aman dan nyaman. Bahkan, situs yang terpercaya pun terkadang memberikan berbagai kemudahan kepada konsumen saat membeli suatu produk. 

  2. Pilih penjual yang memiliki reputasi baik

    Setelah menentukan situs yang terpercaya, cara belanja online yang aman selanjutnya yaitu memilih penjual atau seller dengan reputasi baik. Sahabat perlu cermat memilih penjual yang tepat karena terkadang masih banyak penjual yang tidak bertanggung jawab yang nekat berjualan di marketplace. Untuk itu, pastikan memilih penjual yang memang sudah direkomendasikan atau memiliki reputasi yang baik. 

  3. Riset dan bandingkan harga 

    Cara belanja online yang aman selanjutnya yaitu Sahabat harus melihat harga produknya terlebih dahulu. Bandingkan harga produk di satu penjual dengan penjual lainnya. Inilah enaknya cara belanja online melalui marketplace, Sahabat tak perlu repot bertanya ke masing-masing penjual karena biasanya harga produk sudah tercantum di laman produk, sehingga lebih mudah untuk membandingkan harganya. Cara belanja online ini sangat berguna karena bisa menyesuaikan dengan dana yang Sahabat miliki. Selain itu, Sahabat juga patut curiga jika ada penjual yang menjual satu produk yang harganya jauh di bawah harga pasaran. 

  4. Baca deskripsi produk

    Membaca deskripsi produk termasuk salah satu cara belanja online agar lebih nyaman dan aman. Hal ini untuk memastikan fungsi produk sesuai dengan yang Sahabat butuhkan atau tidak. Baca deskripsi itu cukup penting untuk mengetahui spesifikasi, bahan, warna, keunggulan, dan informasi detail lainnya. Sebagai contoh, saat ingin membeli barang elektronik. Sahabat bisa tahu berapa daya yang dibutuhkan untuk barang tersebut agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan biaya listrik per bulan. 

  5. Tanya ketersediaan produk

    Saat melakukan cara belanja online, tak sedikit di antara Sahabat yang “kalap”, sehingga langsung memesan produk dan membayarnya. Namun, ternyata produk tersebut tidak tersedia. Jika hal ini terjadi, Sahabat mungkin akan kecewa bukan? Itulah sebabnya, sebelum melakukan pembayaran, pastikan Sahabat menanyakan ketersediaan produk tersebut kepada penjual. Sebab, ada pula penjual yang akan mengirimkan jenis produk lain secara acak jika produk yang Sahabat inginkan sudah habis. Akibatnya, produk yang sampai ke rumah tidak sesuai ekspektasi. 

  6. Pilih jasa pengiriman yang tepat

    Saat melakukan cara belanja online, Sahabat juga perlu memilih jasa pengiriman yang tepat. Setiap jasa pengiriman memiliki ketentuan harga yang berbeda. Sahabat bisa memilih jasa pengiriman yang mematok harga cukup rendah agar dapat menekan total biaya yang harus dibayarkan melalui marketplace. Selain itu, saat melakukan cara belanja online, perhatikan pula durasi pengiriman untuk menyesuaikan kebutuhan Sahabat saat menggunakan produk tersebut. 

  7. Perhatikan total biaya produk dan pengiriman

    Sebelum masuk ke proses pembayaran, cara belanja online yang harus diperhatikan yaitu total biaya yang dikeluarkan. Biaya tambahan seperti ongkos kirim tak boleh luput dari perhatian Sahabat. Selain itu, pastikan pula apakah ada biaya tambahan lain yang harus dikeluarkan, seperti biaya admin dan sejenisnya. Itulah sebabnya, Sahabat perlu lebih cermat mengetahui ongkos kirim dari tempat asal pengiriman produk ke alamat tujuan yang Sahabat tentukan. 

  8. Pantau garansi produk

    Hal yang perlu jadi perhatian saat melakukan cara belanja online yaitu garansi produknya. Hal ini penting, terutama garansi untuk alat elektronik dengan harga yang cukup tinggi. Dengan membaca informasi garansi, Sahabat dapat memahami bagaimana cara klaim kerusakan dan syarat yang dibutuhkan. Jika saat melakukan cara belanja online Sahabat ingin penjual yang memberi kepastian dari sisi keaslian dan garansi produk, Sahabat bisa pilih para pemegang merek atau toko besar yang membuka akun resmi di marketplace. Biasanya para pemegang merek asli memiliki kategori khusus, sehingga sudah terpercaya keaslian produknya. 

  9. Pilih metode pembayaran yang diinginkan 

    Keunggulan cara belanja online di marketplace yaitu Sahabat bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Saat ini sudah banyak marketplace yang menyediakan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank, virtual account, pembayaran melalui supermarket tertentu, dompet digital, hingga metode pembayaran secara cicilan. Saat melakukan cara belanja online, pastikan Sahabat memilih metode pembayaran yang tepat, penting untuk memerhatikan biaya admin yang harus dikeluarkan. Selain itu, Sahabat perlu menyimpan bukti pembayaran untuk memastikan transaksi tersebut berhasil dibayar. 

Cara belanja online memang semakin jadi pilihan banyak orang, terlebih setelah munculnya pandemi Covid-19 yang mengurangi mobilitas setiap orang untuk keluar rumah. Sebagai gantinya, banyak orang terbiasa bertransaksi jual beli secara online dengan menggunakan smartphone atau gadget lain. Melihat kebiasaan ini, semakin banyak pula perusahaan yang menghadirkan kemudahan bagi para konsumen untuk mendapatkan barang impian hanya melalui online. 

Nah, bagi Sahabat yang ingin mengetahui cara belanja online yang aman untuk membeli motor baru atau bekas, mobil baru atau bekas, produk elektronik dan furnitur, bahkan kebutuhan dana tunai sekalipun sekarang ada kemudahan mendapatkannya di Adira Virtual Expo 2021 yang akan diselenggarakan mulai tanggal 19 Agustus sampai dengan 19 September 2021.

Adira Virtual Expo merupakan pameran virtual yang didesain dalam konsep 3D dengan beragam booth dan display produk seperti pameran offline. Di Adira Virtual Expo, Sahabat bisa mendapatkan pembiayaan produk otomotif berkualitas secara online, seperti mobil baru dan bekas, serta motor baru dan bekas dengan harga yang kompetitif. Selain itu, Sahabat juga bisa mengajukan pembiayaan produk smartphone, sepeda listrik, produk asuransi, dan pinjaman dana multiguna yang bermanfaat. Adira Virtual Expo hadir dengan beragam solusi keuangan yang mudah, cepat, dan aman, serta terdapat berbagai promo, diskon, dan cashback yang menarik untuk Sahabat. Yuk, langsung dapatkan aksesnya di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN