Home / Berita Terbaru

Tips Membangun Rumah Mewah Minimalis yang Mudah

Tips Membangun Rumah Mewah Minimalis yang Mudah

21 Oktober 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat sedang berencana untuk membangun rumah mewah minimalis? Membangun rumah impian memang membutuhkan banyak persiapan yang matang, mulai dari luas lahan, konsep rumah, kualitas material, tukang bangunan, dan lain sebagainya. Bahkan, membangun rumah mewah minimalis pun terkadang menyita waktu cukup banyak karena Sahabat perlu lebih cermat untuk memerhatikan setiap proses pembangunan. 

Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena sebenarnya rumah mewah minimalis memiliki konsep pengaturan dan persiapan perabot yang sesedikit mungkin. Meskipun begitu, Sahabat tetap perlu menyiapkan berbagai hal sebelum membangun rumah tersebut. Perencanaan ini penting dilakukan agar proses pembangunan tidak memicu pengeluaran yang membengkak. Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah mewah minimalis. Tips ini cukup bermanfaat agar proses pembangunan berjalan dengan terstruktur. Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah Mewah Minimalis

Membangun rumah mewah minimalis memang cukup pertimbangan yang matang agar hasilnya sesuai dengan harapan. Supaya proses pembangunan rumah dapat terencana dengan baik, berikut ini beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan sebelum membangun rumah mewah minimalis, antara lain:

  1. Buat rencana pembangunan rumah

    Membuat rencana pembangunan rumah mewah minimalis yang lengkap dan rinci akan memudahkan Sahabat saat menjalani proses pembangunan. Sebaiknya Sahabat perlu menghitung berapa estimasi dana yang dikeluarkan, ukuran bangunan, memilih tukang bangunan, jenis material yang digunakan, dan hal-hal lain yang akan ikut serta dalam pembangunan ini.

    Perencanaan pembangunan ini pun berguna sebagai manajemen pengendalian jika terjadi penyimpangan selama proses pembangunan. Artinya, perencanaan bisa mengontrol Sahabat untuk tetap dalam satu jalur yang sama. Sebagai contoh, jika Sahabat tidak memiliki perencanaan yang jelas, mungkin saja di tengah jalan Sahabat ingin mengubah rancangan. Hal inilah yang menyebabkan proses pembangunan semakin lama dan konsepnya tidak konsisten. 

  2. Menentukan lokasi dan luas bangunan

    Langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi yang akan dijadikan hunian Sahabat. Setelah itu, tentukan luas bangunan untuk membangun rumah. Sebagai contoh, Sahabat memutuskan untuk membangun rumah mewah minimalis dengan tipe 300/450, dalam artian membangun rumah dengan luas bangunan 300 m² di atas tanah seluas 450 m². 

    Dengan begitu, maka Sahabat akan lebih mudah menghitung kebutuhan material bangunan dan lainnya saat hendak membangun rumah. Perhitungan luas bangunan ini akan meminimalisir Sahabat untuk tidak membeli material atau properti yang berlebihan karena sudah sesuai dengan luas bangunan yang telah ditentukan. 

  3. Pilih desain minimalis yang tepat

    Rumah minimalis memiliki berbagai jenis desain yang berbeda, mulai dari minimalis modern, minimalis klasik, dan lain sebagainya. Jika Sahabat ingin membangun rumah mewah minimalis dengan konsep tertentu, pastikan desainnya harus tepat. Sahabat perlu menyesuaikan desain rumah dengan luas bangunan. 

    Hal ini berguna agar mengurangi ketimpangan saat proses pembangunan. Sebagai contoh, Sahabat ingin membangun rumah mewah minimalis, tetapi lahan bangunan tidak begitu besar, maka Sahabat harus menyesuaikan material dan propertinya dengan tepat agar bangunan rumah sesuai dengan rencana di awal. 

    Saat ini sudah banyak lho inspirasi rumah mewah minimalis yang dibangun di lahan yang tidak begitu besar. Jadi, Sahabat tidak perlu khawatir karena di lahan yang kecil pun bisa dibangun rumah mewah yang nyaman. Dalam hal ini, peran desain rumah dan tukang bangunan pun ikut andil menciptakan rumah yang sesuai harapan. 

  4. Selektif dalam memilih tukang bangunan yang profesional

    Saat membangun rumah mewah minimalis, penting bagi Sahabat untuk selektif dalam memilih tukang bangunan yang profesional. Langkah ini berlaku juga jika Sahabat ingin menggunakan jasa arsitek. Sahabat bisa mencari tukang bangunan yang sudah memiliki reputasi dan telah dikenal baik. Tukang bangunan yang profesional dan berpengalaman bisa diajak berdiskusi mengenai berbagai hal seputar proses pembangunan rumah mewah minimalis, mulai dari denah, desain, material, waktu pengerjaan, dan lain sebagainya. 

  5. Riset harga material bangunan

    Penting bagi Sahabat untuk riset mengenai harga material bangunan sebelum membangun rumah mewah minimalis. Ini karena harga material bangunan biasanya akan naik setiap saat dan jika Sahabat tidak riset, kemungkinan besar dana yang dikeluarkan bisa membengkak lho. Sahabat juga bisa riset perbedaan harga material antara 1 toko bangunan dengan toko bangunan lainnya, perhatikan pula kualitas material yang dijual. 

    Riset harga ini bisa dilakukan melalui internet atau mengunjungi langsung toko tersebut. Sebaiknya Sahabat juga mengajak tukang bangunan atau orang yang lebih paham mengenai kualitas dan harga material agar lebih yakin sebelum membeli material tersebut. 

  6. Memilih material lokal yang berkualitas

    Salah satu cara menekan budget saat membangun rumah mewah minimalis yaitu dengan memilih material lokal yang berkualitas. Perlu Sahabat ketahui bahwa saat ini sudah banyak industri-industri lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan material impor. 

    Namun, memang ada pula material lokal yang memiliki harga lebih tinggi dibandingkan material impor. Yang terpenting yaitu Sahabat perlu lebih cermat memilih material yang tepat untuk rumah mewah minimalis tersebut. Pastikan pilih material yang berkualitas. 

  7. Membangun rumah secara bertahap

    Jika Sahabat berencana membangun rumah mewah minimalis dengan dana terbatas, maka Sahabat bisa melakukan proses pembangunan secara bertahap. Pembangunan yang dilakukan secara bertahap memang memakan waktu yang lebih lama, tetapi cara ini bisa meringankan Sahabat saat mengeluarkan dana. 

    Namun, jika Sahabat ingin membangun rumah mewah minimalis sekaligus dan cepat, sekarang ada kemudahan dalam mendapatkan pinjaman dana lho. Dengan memanfaatkan layanan pinjaman dana, Sahabat tidak perlu khawatir jika dana tunai atau dana di tabungan tidak memadai, karena sudah ada dana khusus membangun rumah dari layanan pinjaman tersebut.

    Salah satu layanan pinjaman dana yang mudah dan aman adalah Kredit Multiguna dari Adira Finance. Dengan menggunakan layanan ini, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dana dengan mudah dan cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. 

Kredit multiguna/jasa merupakan pencairan dana secara langsung kepada penyedia barang dan/atau jasa, bukan kepada konsumen. Misalnya, Sahabat membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan biaya pendidikan, maka dana dicairkan langsung kepada Perguruan Tinggi yang bersangkutan. 

Sedangkan, fasilitas pinjaman dana merupakan pencairan dana secara langsung kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kemudian konsumen wajib menyerahkan bukti penggunaan dana tersebut berupa invoice atau kuitansi dari pihak ketiga, maksimal 3 bulan sejak tanggal perjanjian pembiayaan. 

Kredit multiguna ini bisa diajukan dengan bunga rendah dan tenor panjang, sehingga tidak memberatkan Sahabat saat proses pembayaran angsurannya. Yuk, saatnya ajukan pinjaman modal usaha dengan kredit multiguna di sini.

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motornya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN