Home / Berita Terbaru

Tips Memilih Meja Belajar Anak, Manfaat dan JenisÔÇôJenisnya

30 Januari 2024 | Penulis : Adira Finance

Sahabat, memilih meja belajar yang tepat dipercaya dapat memberikan dampak signifikan terhadap kenyamanan dan produktivitas belajar anak. Saat Sahabat memutuskan untuk membeli meja belajar anak, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan.

Hal ini tak lepas dari fungsinya yang tak sekedar sebagai fasilitas pendukung kegiatan belajar, akan tetapi juga bisa mempengaruhi psikologis sang anak saat menggunakannya.

Sahabat, kita semua telah mengerti bahwa pendidikan merupakan salah satu fondasi utama dalam pembentukan karakter dan kemampuan seseorang. Dalam proses berjalannya pendidikan, meja belajar menjadi salah satu elemen penting yang sering diabaikan. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips memilih meja belajar yang optimal dan menggali lebih dalam mengenai manfaat meja belajar untuk menunjang kegiatan belajar yang efektif.

Memilih Meja Belajar yang Tepat

1. Perhatikan Ukuran
Dalam memilih meja belajar yang ideal, Sahabat perlu menyesuaikannya dengan ukuran tubuh. Sebaiknya memilih meja yang bisa memberi cukup ruang gerak untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa membuat penggunanya merasa terbatasi. Namun jangan juga memilih meja yang terlalu luas atau terlalu besar.

2. Kualitas Material
Material meja memainkan peran penting dari sisi kekuatan, daya tahan serta keamanan. Pastikan Sahabat membeli meja belajar untuk anak yang terbuat dari bahan berkualitas, misalnya seperti kayu atau logam kokoh yang berbalut lapisan tahan air.

3. Desain Ergonomis
Meja dengan desain ergonomis dapat menopang postur tubuh dengan lebih baik. Jika memiliki budget lebih, Sahabat dapat memilih meja belajar dengan ketinggian yang dapat disesuaikan. Meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya memungkinkan pengguna merasa lebih nyaman.

4. Penyimpanan Tambahan
Meja belajar yang dilengkapi dengan rak atau laci tambahan dapat membantu menjaga ruangan tetap rapi dan terorganisir. Ini memungkinkan penyimpanan buku, alat tulis, atau peralatan lainnya yang mudah diakses.

5. Pencahayaan yang Cukup
Saat meja belajar telah dibeli, pastikan penempatannya di tempat yang terang dan dilengkapi dengan lampu meja. Pencahayaan yang baik dapat meningkatkan fokus dan kenyamanan selama belajar, serta membuatnya tidak mudah lembap dan berjamur.

Manfaat Meja Belajar Untuk Kegiatan Belajar

Meningkatkan Produktivitas
Meja belajar yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya dapat meningkatkan produktivitas. Postur yang baik dan ruang yang terorganisir membantu konsentrasi dan fokus pada tugas.

Membentuk Kebiasaan Positif
Dengan memiliki meja belajar yang nyaman, akan akan cenderung membentuk kebiasaan belajar yang lebih baik dan efektif. Penempatan furniture meja belajar yang terpisah juga dapat membuat ruang khusus yang bebas dari gangguan, sehingga dapat membantu anak lebih fokus dalam belajar.

Mencegah Masalah Kesehatan
Desain ergonomis meja belajar dapat membuat posisi belajar lebih nyaman dan mencegah masalah yang kesehatan yang dapat timbul, seperti rasa pegal atau nyeri pada bagian persendian terutama bagian punggung dan leher.

Mendorong Kreativitas
Meja belajar yang dirancang dengan baik dapat mendorong kreativitas sang anak. Penempatan yang strategis dari peralatan dan material belajar dapat merangsang pikiran dan membantu proses berpikir yang lebih kreatif.

Meningkatkan Motivasi Belajar
Lingkungan belajar yang menyenangkan dan terorganisir dapat memicu meningkatnya motivasi belajar anak. Meja belajar yang nyaman dapat menciptakan suasana positif yang merangsang semangat untuk belajar lebih baik.

Dalam menyusun ruang belajar yang ideal, pemilihan meja belajar menjadi langkah awal yang krusial. Dengan mengikuti tips memilih yang tepat dan memahami manfaat dari meja belajar yang sesuai, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Jenis – Jenis Meja Belajar Anak

1. Meja Belajar Tradisional
Meja belajar dengan desain klasik dan tahan lama. Biasanya terbuat dari kayu dengan bentuk yang sederhana. Meja ini cocok untuk anak-anak yang lebih suka nuansa klasik dan natural tanpa banyak balutan warna.

2. Meja Belajar Multifungsi
Desain meja belajar ini memadukan fungsi untuk belajar dan bermain. Meja dapat dilengkapi dengan laci atau rak penyimpanan untuk menyimpan mainan atau peralatan belajar. Ini membantu menciptakan ruang yang bersih dan terorganisir.

3. Meja Belajar Lipat
Cocok untuk ruang yang terbatas. Meja ini dapat dilipat setelah penggunaan sehingga tidak memerlukan banyak ruang. Ideal untuk anak-anak yang tinggal di apartemen atau memiliki ruang belajar yang multifungsi.

4. Meja Belajar Ergonomis
Dirancang khusus untuk mendukung postur tubuh anak. Dapat disesuaikan dengan tinggi anak, membantu mencegah munculnya masalah persendian yang mungkin muncul akibat terlalu lama duduk.

5. Meja Belajar Warna Cerah
Meja dengan warna-warna cerah dan desain yang menarik dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan memotivasi anak untuk belajar. Pilihan warna yang cerah juga dapat merangsang kreativitas dan semangat anak.

6. Meja Belajar Modular
Meja ini dapat disusun ulang sesuai kebutuhan. Anak dapat mengatur ulang bagian-bagian meja untuk menciptakan tata letak yang berbeda, memungkinkan mereka menyesuaikan ruang belajar sesuai keinginan dan kreativitas mereka.

7. Meja Belajar Modern
Meja ini dilengkapi dengan fitur modern seperti lampu LED yang dapat disesuaikan, port pengisian daya gadget hingga fitur untuk menempatkan laptop atau tablet. Cocok untuk anak-anak yang terbiasa belajar dengan bantuan teknologi.

Sahabat, pemilihan meja belajar anak bukan hanya masalah estetika, melainkan juga tentang menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal. Dengan memahami jenis meja belajar yang beragam dan manfaatnya, kita dapat membantu anak-anak mengembangkan minat mereka dalam pembelajaran sejak dini.

Jika Sahabat ingin membeli meja belajar yang bagus untuk anak namun dana belum mencukupi, Sahabat bisa memanfaatkan layanan Kredit Handphone, Furniture dan Barang Elektronik dari Adira Finance. Layanan kredit furniture, Elektronik dan Gadget ini merupakan fitur kredit bagi Sahabat yang ingin mendapatkan berbagai barang seperti ponsel, TV, Komputer, AC, meja belajar, sofa, kasur berbagai barang elektronik dan furniture dengan mudah.

Kredit furniture dan elektronik menawarkan sejumlah keuntungan untuk Sahabat, dengan persyaratan yang simpel, proses mudah dan cepat, jaringan pembayaran angsuran yang luas, pelayanan yang ramah serta bunga dan angsuran yang terjangkau. Yuk gunakan layanan dari Adira Finance untuk wujudkan meja belajar idaman bersama Adira Finance.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN