Home / Berita Terbaru

Tips Mempersiapkan Wisata Keluarga Agar Lebih Nyaman

Tips Mempersiapkan Wisata Keluarga Agar Lebih Nyaman

20 Juli 2022 | Penulis : Adira Finance

Wisata keluarga menjadi salah satu yang penting untuk menjaga kedekatan dan keharmonisan keluarga. Agar dapat berjalan dengan lancar, penting bagi Anda untuk mempersiapkannya dengan matang. 

Tenang saja, Sahabat tak perlu resah. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Sahabat simak baik-baik agar wisata keluarga menjadi lebih aman, nyaman, dan tenang.

Tips Mempersiapkan Wisata Keluarga

Ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan ketika akan mempersiapkan wisata keluarga. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pilih dan tentukan tempat wisata keluarga

    Tips pertama untuk mempersiapkan wisata keluarga yang aman, nyaman, dan tenang dimulai dari memilih serta menentukan tempat wisatanya. Hal ini sangat penting, agar tempat yang Sahabat pilih sesuai untuk keluarga.

    Sebelum menetapkan tempat wisatanya, pastikan Sahabat membicarakannya terlebih dahulu kepada semua anggota keluarga soal tempat-tempat yang akan dikunjungi. Hal ini juga bisa membantu agar anggota keluarga bisa mempersiapkan diri dan mengetahui area di sekitar tempat wisata tersebut.

  2. Pilih destinasi wisata keluarga yang disukai anak-anak

    Bagi Sahabat yang ingin membawa anak-anak, pilih dan tentukan juga destinasi wisata keluarga yang disukai anak-anak. Dengan begitu, liburan Sahabat jadi lebih menyenangkan karena tak perlu lagi memikirkan harus pergi ke mana lagi ketika mengajak anak-anak di tempat wisata tersebut. 

    Anak-anak pun akan lebih senang dan bersemangat selama liburan bersama orang tuanya. Misalnya memilih penginapan yang tersedia kolam renang, atau ada atraksi di tempat wisata tersebut yang juga bisa diakses oleh anak-anak.

  3. Persiapan kebutuhan wisata keluarga

    Langkah untuk mempersiapkan wisata keluarga dilanjutkan dengan menyiapkan berbagai kebutuhan selama berwisata setelah memilih dan menentukan tempat wisata. Pelajari tempat wisata yang akan dituju, mulai dari akomodasi hingga fasilitasnya agar Sahabat dapat menyiapkan kebutuhan sesuai dengan diperlukan.

    Jika Sahabat memilih liburan ke luar negeri, ketahui wilayah tempat wisata keluarga yang akan dituju dan mempersiapkan tas, baju-baju, sepatu, dan obat-obatan yang diperlukan. Cek juga kondisi cuaca di negara tersebut agar tidak keliru membawa perlengkapan. Begitu pula dengan perjalanan di dalam negeri, sesuaikan perlengkapan dan barang-barang yang diperlukan tadi agar tidak kelebihan muatan selama perjalanan.

  4. Packing barang-barang dengan bijak

    Wisata keluarga tentu akan lebih nyaman jika Sahabat melakukan packing barang-barang dengan bijak. Sebab, Sahabat dan keluarga benar-benar harus memperhatikan apa saja yang dibawa dan sesuai dengan kebutuhan saja selama melakukan perjalanan wisata keluarga. 

    Jika membawa anak-anak, Sahabat juga perlu lebih cermat lagi membawa barang-barang kebutuhan mereka sesuai usianya. Semua persiapan ini sangat penting agar ketika Sahabat melakukan check in, Sahabat tak perlu sampai terbebani masalah tambahan biaya bagasi.

  5. Transportasi dan akomodasi

    Wisata keluarga memang paling ditunggu-tunggu. Tetapi di balik itu, Sahabat juga yang harus mempersiapkan banyak hal, bahkan bila perlu hingga mendetail. Beberapa hal yang dipersiapkan juga adalah transportasi dan akomodasi selama melakukan perjalanan wisata. 

    Jika di dalam negeri, pilih dan tentukanlah akan melakukan perjalanan dengan mobil atau transportasi umum seperti bus, kereta api, atau pesawat. Cari tahu jarak dan waktu tempuhnya dan pilihlah yang nyaman dan pas menurut Sahabat.

    Jika pergi ke luar negeri, maka Sahabat perlu menyiapkan semua hal dengan lebih matang agar Sahabat beserta keluarga tahu harus ke mana setibanya di tempat tujuan. Pelajari jaringan transportasi di negara setempat, terutama jika sistem transportasinya cukup rumit, seperti di Jepang atau Korea Selatan.

    Jika Sahabat ingin mempercayakannya pada travel agent, maka pilihlah yang tepat dan terpercaya. Tak lain agar semua urusan perjalanan Sahabat dapat diurus dengan baik. Perjalanan Sahabat pun akan aman, nyaman, dan tenang.

  6. Memesan tiket

    Jika Sahabat dan keluarga memutuskan untuk naik kendaraan umum menuju tempat wisata keluarga, maka, segeralah untuk memesan tiket. Tiket transportasi yang dimaksud antara lain bus, kereta api, atau pesawat. 

    Tiket bus bisa saja dibeli di hari keberangkatan, namun tiket kereta api dan pesawat sebaiknya dipesan jauh dari hari keberangkatan agar Sahabat juga bisa memilih tempat duduk yang pas dan berdekatan. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget yang Sahabat miliki untuk memilih tipe kelas yang aman dan nyaman di transportasi tersebut.

  7. Menentukan waktu keberangkatan

    Selain memesan tiket, Sahabat juga perlu lebih cermat untuk menentukan waktu keberangkatan. Pilihlah waktu keberangkatan yang tepat, misalnya dengan mengambil jadwal keberangkatan di malam hari. 

    Meskipun harga tiketnya lebih mahal, keberangkatan di malam hari akan membantu keluarga Sahabat bisa segera beristirahat di perjalanan atau ketika telah tiba di tempat wisata dan penginapan yang telah Sahabat tentukan.

  8. Datanglah ke bandara lebih awal

    Jika Sahabat memutuskan naik pesawat untuk menuju kota tempat wisata keluarga, maka datanglah ke bandara lebih awal. Datang lebih awal bertujuan agar proses check in lebih awal dan lebih cepat. 

    Demikian halnya jika Sahabat memilih menggunakan kereta api atau bus, datanglah lebih awal ke stasiun keberangkatan atau terminal bus. Meskipun menunggu agak lama, setidaknya Sahabat dan keluarga tidak perlu terjebak macet atau ketinggalan transportasi yang akan ditumpangi itu.

  9. Membawa persediaan makanan dan kebutuhan pribadi

    Tips untuk mempersiapkan wisata keluarga agar lebih aman, nyaman, dan tenang berikutnya adalah dengan membawa persediaan makanan selama melakukan perjalanan. Tips ini penting ketika Sahabat membawa anak-anak agar mereka tidak perlu membeli makanan demi mengontrol pengeluaran sesuai kebutuhan. Membawa susu atau makanan ringan lezat yang dibuat sendiri di rumah bisa menjadi pilihan tepat untuk camilan selama perjalanan.

    Di samping itu, bawa juga kebutuhan pribadi selama perjalanan, seperti misalnya persediaan obat-obatan khusus. Ajarkan juga kepada anak-anak untuk menghafal nama lengkap orang tuanya. Ketahui nomor-nomor yang dapat dihubungi di sekitar lokasi. Jaga keselamatan anak-anak dan selalu mengawasi mereka selama perjalanan liburan.

Bagi Sahabat yang tertarik untuk melakukan perjalanan wisata keluarga, Sahabat bisa mulai menentukan terlebih dahulu modal untuk melakukan perjalanan tersebut, termasuk berapa orang yang ikut dalam perjalanan. Persiapan dana ini perlu dipisahkan dan direncanakan dengan matang agar tidak mengganggu kebutuhan selama berada di tempat wisata. 

Jika memerlukan modal untuk melakukan perjalanan dengan proses yang mudah dan cepat, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Fasilitas Kredit Multiguna ini akan memudahkan Sahabat untuk mendapatkan dana, salah satunya untuk membiayai perjalanan Sahabat agar lebih aman, nyaman, dan tenang.

Sahabat juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dari fasilitas ini. Adira Finance menawarkan fasilitas pinjaman dana kredit multiguna dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, serta bisa memilih pilihan asuransi yang lengkap, dan keuntungan lainnya.

Di samping itu, Sahabat juga tak perlu khawatir karena fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi lebih aman dan terpercaya. Segera ajukan modal usaha Sahabat sekarang dengan langsung klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN