Home / Berita Terbaru

Tips Menyiapkan Biaya Persalinan Agar Lebih Tenang

Tips Menyiapkan Biaya Persalinan Agar Lebih Tenang

24 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Bagi pasangan yang baru menikah dan berencana langsung memiliki momongan, sebaiknya persiapkan biaya persalinan mulai sekarang. Ini karena persiapan persalinan bukan hanya membutuhkan kesiapan mental, fisik, tetapi juga finansial yang cukup. Apalagi saat ini biaya persalinan memerlukan dana yang tak sedikit. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir ya, karena di artikel ini akan dijelaskan mengenai cara menyiapkan biaya persalinan dan berbagai kemudahan lainnya. 

Cara Menyiapkan Biaya Persalinan

Biaya persalinan bukan hanya mencakup biaya jasa dokter kandungan, tetapi juga biaya kamar, perawatan bayi pasca kelahiran, dan lain sebagainya. Bila melalui persalinan operasi caesar, maka biaya persalinannya pun bisa lebih besar. Namun, bukan berarti biaya persalinan tidak bisa diantisipasi ya, Sahabat. Bila Sahabat atau pasangan akan melahirkan dalam waktu dekat, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyiapkan kebutuhan persalinan, di antaranya: 

  1. Ketahui biaya persalinan

    Saat menyiapkan berbagai hal untuk melahirkan buah hati, maka Sahabat perlu mengetahui biaya bersalin yang ditentukan oleh metode persalinan yang ditentukan. Umumnya, metode bersalin terbagi dua macam, yaitu persalinan normal dan persalinan melalui tindakan bedah (caesar section). 

    Biaya dari kedua metode persalinan tersebut tentu berbeda. Oleh karena itu, Sahabat perlu mengetahui terlebih dahulu berapa kisaran biaya persalinan normal maupun caesar saat ini. Biaya bersalin perlu dicek secara berkala karena bisa jadi mengalami kenaikan atau ada biaya tambahan. 

    Selain itu, biaya persalinan juga akan lebih besar jika Sahabat berencana untuk menambahkan hal-hal di luar medis, seperti ingin didampingi doula, menyewa jasa fotografer persalinan, dan lain sebagainya. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan di mana Sahabat atau pasangan berencana melakukan persalinan.

  2. Susun rencana persalinan

    Setelah mengetahui informasi seputar biaya persalinan, saatnya Sahabat menyusun rencana persalinan. Untuk lebih antisipasi, sebaiknya Sahabat membuat berbagai skenario persalinan atau birth plan yang terdiri dari rencana bersalin normal maupun caesar. Semakin detail rencana yang dibuat, kemungkinan semakin siap pula untuk menjalani persalinan. Pastikan menghitung kebutuhan biaya masing-masing rencana dengan tepat. 

    Sebagai contoh, apakah persalinan ini perlu didampingi doula atau tidak, apakah boleh ada tindakan induksi atau suntik epidural, apakah akan menggunakan kamar VIP atau tidak, dan lain sebagainya. Dengan menyusun rencana persalinan secara jelas, maka Sahabat akan lebih mudah untuk memperkirakan estimasi biaya persalinan yang dibutuhkan. 

  3. Ketahui tunjangan kelahiran anak

    Cara menyiapkan biaya persalinan yang selanjutnya yaitu pastikan Sahabat untuk mengecek tunjangan finansial yang dimiliki, baik itu asuransi kesehatan yang mencakup persalinan atau tunjangan dari pihak tertentu. Bila Sahabat dan pasangan berprofesi sebagai karyawan, tak ada salahnya untuk menanyakan seputar tunjangan persalinan yang bisa membantu meringankan pengeluaran biaya bersalin. 

  4. Persiapkan kondisi darurat

    Apabila Sahabat dan pasangan tidak memiliki asuransi melahirkan atau tunjangan tertentu, maka Sahabat dan pasangan harus menyiapkan dana lebih banyak. Artinya, Sahabat harus memiliki dana tunai atau saldo di dalam rekening bank yang mencukupi untuk membayar biaya persalinan. 

    Namun, jika dana Sahabat yang miliki belum memadai, Sahabat bisa memanfaatkan layanan pinjaman dana agar pembayaran biaya persalinan bisa lebih cepat dan mudah. Saat ini sudah ada kemudahan bagi Sahabat untuk mendapatkan pinjaman dana, salah satunya dengan mengakses aplikasi Adiraku dari Adira Finance.

    Aplikasi Adiraku menyediakan berbagai layanan pinjaman dana, di antaranya kredit multiguna, kredit mobil, kredit motor, kredit elektronik dan furnitur, pembiayaan syariah, dan pembiayaan umrah. Untuk mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi Adiraku, Sahabat cukup mengaksesnya melalui smartphone dan cukup dari rumah saja lho. Sahabat dapat memanfaatkan layanan kredit multiguna untuk mendapat pinjaman dana untuk biaya persalinan. 

Bagaimana Cara Menabung untuk Biaya Persalinan?

Menyiapkan biaya persalinan akan lebih baik jika dilakukan dari jauh-jauh hari, bahkan dari sebelum mulai program hamil atau menikah. Tabungan biaya persalinan ini penting agar Sahabat dan pasangan lebih tenang saat proses melahirkan tiba karena sudah mengantongi dana yang memadai. 

Melansir laman resmi Parents, pakar keuangan Ruth Hayden menjelaskan bahwa persiapan untuk dana bersalin wajib dilakukan oleh setiap calon orang tua. Bahkan, akan jauh lebih baik jika nominal dana yang disiapkan bisa lebih tinggi dari perkiraan tarif yang ada. 

Langkah awal yang perlu disiapkan untuk menabung biaya persalinan adalah pahami dulu kondisi keuangan keluarga saat ini. Apakah ada hutang yang harus dilunasi? Apakah sudah memiliki pemasukan rutin atau belum?

Jika sudah mengenali pola keuangan keluarga, segeralah tetapkan tujuan spesifik dana yang akan ditabung beserta rincian lainnya. Rumah sakit atau fasilitas kesehatan mana yang dipilih, fasilitas apa yang diinginkan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anggaran dan perhitungan jumlah dana yang harus ditabung setiap bulannya pun bisa lebih jelas. 

Solusi agar menabung bisa lebih teratur dan efisien, Sahabat bisa memanfaatkan fitur tabungan khusus melahirkan yang sudah mulai banyak disediakan oleh rumah sakit atau klinik bersalin. Seperti yang sudah dijelaskan, bagi Sahabat dan pasangan yang kini masih aktif bekerja, jangan lupa cari tahu manfaat asuransi yang diberikan oleh kantor. Biasanya kantor akan menyediakan sejumlah dana yang dapat membantu meringankan anggaran persalinan. 

Guna mengoptimalkan tabungan persalinan, Sahabat bisa membatasi keinginan untuk belanja kebutuhan bayi yang terlalu banyak. Pastikan membeli perlengkapan yang memang penting dan dibutuhkan saja. Lantas, apa saja daftar persiapan menjelang kelahiran bayi yang harus disiapkan? Simak penjelasannya di bawah ini, ya. 

Baca juga: Inilah Pinjaman Cepat Cair yang Aman Bagi Pemula

Daftar Persiapan Menjelang Kelahiran Bayi

Selain mempersiapkan biaya persalinan, Sahabat dan pasangan juga perlu mengetahui apa saja persiapan menjelang kelahiran bayi, baik secara mental, fisik, dan kebutuhan lainnya. Berikut adalah daftar persiapan yang perlu diketahui: 

  • Selalu jaga daya tahan tubuh

    Persalinan merupakan proses yang membutuhkan energi yang besar dan waktu yang mungkin cukup lama. Itulah sebabnya, seorang Ibu hamil perlu menjaga daya tahan tubuh dengan baik agar proses persalinan berjalan sesuai harapan. 

  • Sisihkan waktu untuk me time 

    Jangan sampai terlalu fokus memikirkan biaya persalinan sampai lupa memerhatikan kesehatan mental dan fisik selama kehamilan ya, Sahabat. Ada banyak kegiatan me time yang bisa dilakukan, pilih sesuai dengan kesukaan dan kemampuan saat hamil. Selain itu, kegiatan me time juga bisa meliputi kelas prenatal atau senam hamil. 

  • Belanja kebutuhan bayi dan perlengkapan lainnya

    Ketika kehamilan sudah memasuki usia 7 bulan, sudah saatnya Sahabat dan pasangan mulai mencicil perlengkapan bayi dan sejenisnya yang penting digunakan setelah masa melahirkan. 

  • Persiapan perlengkapan tas bersalin

    Tas bersalin mencakup segala perlengkapan yang dibutuhkan Ibu hamil dan calon bayi saat proses persalinan dilakukan di rumah sakit atau klinik bersalin. Tas bersalin ini sudah harus disiapkan dari jauh-jauh hari saat usia kehamilan di pertengahan trimester ketiga. 

Itulah berbagai hal yang perlu disiapkan oleh Sahabat dan pasangan saat waktu persalinan semakin dekat. Dengan mengetahui hal tersebut dari jauh-jauh hari, maka Sahabat akan lebih tenang saat persalinan berlangsung. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN