Home / Berita Terbaru

Tips Persiapan Pernikahan Saat Dana Terbatas

Tips Persiapan Pernikahan Saat Dana Terbatas

10 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat sedang menyusun persiapan pernikahan dengan dana terbatas? Tidak perlu khawatir, saat ini Sahabat bisa menggelar pernikahan sederhana tanpa mengeluarkan dana yang cukup besar. Konsep pernikahan seperti itu bisa terealisasi dengan baik apabila Sahabat dan pasangan menyusun persiapan pernikahan dengan tepat. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan agar persiapannya berjalan dengan sesuai rencana. Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini. 

Faktor yang Memengaruhi Persiapan Pernikahan 

Melansir laman resmi siapnikah.org, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan bahwa setidaknya ada 7 faktor yang menjadi tolak ukur persiapan pernikahan setiap calon pasangan yang akan menikah. Tolak ukur persiapan pernikahan tersebut antara lain: 

  • Kesiapan usia

    Faktor usia sangat berpengaruh terhadap persiapan pernikahan. Ini karena kematangan psikis, sosial, dan fisik sangat dipengaruhi oleh kesiapan usia calon mempelai. Melansir laman resmi siapnikah.org, BKKBN merekomendasikan usia yang ideal untuk persiapan pernikahan yaitu di rentang usia 21-25 tahun. 

  • Kesiapan finansial

    Persiapan pernikahan yang tak kalah penting adalah faktor finansial atau keuangan. Faktor persiapan pernikahan ini berkaitan erat dengan biaya pernikahan yang harus dirinci dengan tepat. Penting bagi para calon mempelai untuk membuat rencana biaya pernikahan yang meliputi biaya wedding organizer, sewa tempat, katering, baju pernikahan, dan lainnya. 

    Dengan membuat rincian biaya pernikahan, calon mempelai akan lebih mudah menyesuaikan dengan anggaran. Selain rincian biaya pernikahan, kesiapan finansial setelah menikah pun harus dipikirkan secara matang. Maka dari itu, sebelum menikah, pastikan Sahabat sudah memiliki sumber pendapatan tetap.

  • Kesiapan fisik

    Persiapan pernikahan yang perlu dipikirkan selanjutnya adalah kesiapan fisik. Seperti yang diketahui, dalam membangun sebuah keluarga, setiap orang membutuhkan kesiapan fisik untuk mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah, dan melakukan aktivitas lainnya. 

    Maka dari itu, para calon mempelai sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melangsungkan pernikahan. Biaya pemeriksaan kesehatan pun bisa dimasukkan ke dalam rincian biaya pernikahan agar pengeluarannya dapat terpantau dengan jelas. 

  • Kesiapan mental 

    Para calon mempelai juga perlu memerhatikan persiapan pernikahan dalam hal kesiapan mental. Sebab, kesiapan mental akan menentukan bagaimana seseorang mampu menerima hubungan dan peran baru, memikul tanggung jawab, serta sikap yang sehat dalam menghadapi permasalahan yang akan muncul setelah berkeluarga. 

  • Kesiapan interpersonal dan sosial

    Persiapan pernikahan yang perlu Sahabat pertimbangkan juga adalah kesiapan interpersonal dan sosial sebelum dan sesudah menikah. Kesiapan sosial menjadi tolak ukur agar menjalin hubungan yang baik dan sehat dengan orang sekitar. 

  • Kesiapan moral

    Kesiapan moral juga masuk ke dalam salah satu faktor persiapan pernikahan yang harus dipertimbangkan dengan baik. Sebab, kesiapan moral berperan penting untuk mengontrol perilaku dalam berkeluarga untuk bisa memegang etika dengan baik. Sebagai contoh, bagaimana Sahabat bisa berlaku jujur, adil, menaati perintah Tuhan, dan lainnya. 

  • Keterampilan hidup

    Ada banyak aspek dalam keterampilan hidup yang perlu Sahabat siapkan sebelum pernikahan. Persiapan pernikahan ini mencakup mendidik anak, membersihkan rumah, memasak, menjalankan peran sebagai suami/istri, dan lainnya. 

Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Dana Online? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Tips Persiapan Pernikahan dengan Dana Terbatas

Berikut adalah beberapa tips persiapan pernikahan yang bisa Sahabat lakukan saat memiliki dana terbatas, antara lain:

  1. Tentukan prioritas

    Persiapan pernikahan yang utama saat hanya memiliki dana terbatas yaitu perlu menentukan skala prioritasnya terlebih dahulu. Biaya pernikahan akan sangat bergantung terhadap cara Sahabat dan pasangan menyusun berbagai hal yang akan dipersiapkan, mulai dari hal yang paling prioritas hingga hal yang tidak begitu penting.

  2. Pilih lokasi di rumah 

    Persiapan pernikahan dana terbatas selanjutnya yaitu memilih lokasi yang tepat, termasuk di rumah. Sebab, lokasi pernikahan biasanya menjadi salah satu faktor yang paling menguras biaya pernikahan. Sebab, saat ini sudah banyak gedung, auditorium, aula, atau tempat-tempat pernikahan dengan harga yang bervariasi, mulai dari harga rendah hingga sangat tinggi. 

    Bagi Sahabat yang ingin menggelar pernikahan dengan dana terbatas, sebaiknya memilih lokasi resepsi di rumah. Jika rumah tidak memungkinkan, Sahabat bisa mencari tempat dengan harga yang cukup terjangkau.

  3. Selektif dalam memilih tamu undangan

    Persiapan pernikahan dana terbatas yang tak kalah penting yaitu lebih selektif saat memilih tamu undangan. Sebab, jumlah tamu undangan akan secara langsung memengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan saat menggelar resepsi. 

    Semakin banyak tamu yang diundang, maka semakin besar pula biaya yang harus Sahabat dan pasangan keluarkan. Sebaiknya utamakan tamu undangan dari keluarga inti dan teman terdekat agar menekan pengeluaran pernikahan dengan baik. 

  4. Gunakan undangan digital

    Persiapan pernikahan dana terbatas yang perlu Sahabat pikirkan yaitu memilih undangan digital dibandingkan undangan fisik. Biasanya harga untuk undangan fisik dibanderol cukup tinggi, ditambah harus memesan dalam jumlah banyak. Sedangkan, undangan digital cukup 1 link atau video yang bisa disebarkan ke tamu undangan dengan mudah. 

  5. Pilih katering yang enak dan murah

    Persiapan pernikahan lainnya yaitu memilih katering yang murah, namun tetap enak. Pastikan Sahabat memilih jasa katering yang tepat karena ini berkaitan dengan menu makanan yang akan disajikan untuk tamu undangan. Selain katering, Sahabat juga bisa menekan pengeluaran dengan meminta bantuan saudara untuk memasak sendiri makanan yang akan disajikan untuk tamu. 

  6. Sewa baju pengantin dan MUA yang murah

    Jika Sahabat ingin menggelar pernikahan dengan dana terbatas, sebaiknya hindari membuat baju pengantin dengan harga yang cukup tinggi. Akan lebih baik jika Sahabat bisa menyewa baju pengantin karena harganya relatif lebih terjangkau, serta memilih MUA (makeup artist) yang murah. 

  7. Siapkan dana tak terduga

    Meskipun Sahabat sudah menyusun persiapan pernikahan, namun Sahabat juga tetap harus menyiapkan biaya tak terduga sebelum menggelar pernikahan. Hal ini penting agar Sahabat dan pasangan tetap aman setelah resepsi pernikahan selesai. Apabila tidak terpakai, dana ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Jika Sahabat membutuhkan dana tambahan untuk menggelar pernikahan, saat ini sudah ada kemudahan untuk mendapatkan dana pernikahan lho. Salah satunya dengan menggunakan layanan Kredit multiguna di aplikasi adiraku.

Kredit multiguna adalah salah satu cara mendapatkan modal biaya pernikahan yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa memanfaatkan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Bahkan, Sahabat bisa melakukan pengajuan hanya dari rumah, dengan melalui smartphone saja. 

Caranya dengan menggunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, hingga kredit multiguna. Suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN