Home / Berita Terbaru

Tips-tips Mencapai Target Tabungan Umroh, Pasti Bisa!

19 April 2023 | Penulis : Adira Finance

Umroh merupakan salah satu ibadah yang diimpikan banyak umat muslim selain ibadah haji. Baik kalangan muda hingga orang dewasa pun begitu mengidamkan ibadah umroh ini. Ibadah ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi sebaiknya Sahabat segera melaksanakan jika Sahabat mampu secara fisik dan finansial.

Bagi masyarakat indonesia, ibadah umroh tentu membutuhkan banyak biaya. Jika ingin segera melaksanakannya, Sahabat pun perlu untuk mengoptimalkan menyisihkan penghasilan untuk tabungan umroh. Mengapa Sahabat memerlukan tabungan umroh yang dipisahkan dengan tabungan khusus lainnya? 

Simak penjelasannya dalam artikel ini berikut tips-tips mencapai target tabungan umroh untuk berangkat ibadah umroh ke tanah suci.

Tips-tips Menabung Tabungan Umroh

Menjawab pertanyaan tadi, tabungan umroh perlu dioptimalkan karena biaya perjalanan ibadah ini termasuk besar. Diperlukan fokus tersendiri uuntuk menabung tabungan khusus ibadah ini untuk membiayai bekal perjalanan yang cukup selama berada di tanah suci. Termasuk prosesi yang dilaksanakan dari awal hingga akhir.

Oleh sebab itu, diperlukan strategi yang tepat agar keuangan Sahabat dapat mencapai target finansial dengan tepat. Nah, berikut ini adalah tips-tips menabung tabungan umroh yang disisihkan dari penghasilan Sahabat.

1. Buat target menabung untuk umroh

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mencapai target tabungan umroh adalah membuat target menabung dan jumlah yang ingin dikumpulkan. Jumlah yang ditargetkan ini akan memudahkan Sahabat menyesuaikan harga paket umroh yang dapat dipilih sesuai kondisi keuangan dan kemampuan membayar.

Oleh karena itu, cari tahu lebih dahulu berapa biaya umroh yang diperlukan dengan melakukan riset beragam layanan travel dan pilihan paket yang tersedia. Umumnya, tarif biaya umroh yang ditawarkan antara Rp20 hingga Rp40 juta per orang. Rentang harga tersebut biasanya belum mencakup biaya perbekalan dan berbagai kebutuhan lain selama berada di tanah suci. 

Setelah mengetahui kisaran harga tersebut, Sahabat dapat membuat target jangka waktu tabungan umroh tersebut. Menabunglah dengan disiplin dan komitmen penuh, pasalnya tak jarang menabung dengan niminal besar berisiko berhenti di tengah jalan.

2. Tentukan rasio penghasilan untuk tabungan umroh

Sebagian orang menyisihkan dana untuk tabungan berdasarkan sisa penghasilan. Dana yang disisihkan itu dikumpulkan setelah seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya. Metode menabung ini memang akan membuahkan hasil juga, tetapi cara ini tidak cukup efektif ketika Sahabat telah berencana membuat tabungan umroh.

Sebaliknya, Sahabat perlu menentukan dulu rasio penghasilan untuk tabungan umroh ini. Sisihkan antara 10 hingga 20 persen penghasilan setiap bulan untuk tabungan ibadah ini di awal bulan, atau tepat di hari menerima gaji. Cara ini akan memudahkan Sahabat karena telah membuat alokasi khusus untuk tabungan ibadah sejak awal.

3. Pikirkan cara menambah penghasilan

Selain membuat tabungan umroh dan menyisihkan uang, Sahabat juga perlu memikirkan bagaimana cara menambah penghasilan. Tidak hanya menjamin kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya tetap terpenuhi, penghasilan yang lebih besar mampu mempercepat proses tabungan mencapai target.

Untuk menambahkan penghasilan, salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang freelancer secara online. Lowongannya pun cukup mudah ditemui di internet saat ini. Pilihan lain adalah merintis bisnis kecil-kecilan di rumah atau berbasis online. Intinya, pilih pekerjaan sampingan yang fleksibel dan bisa dilakukan di waktu senggang agar tidak mengganggu produktivitas di pekerjaan utama.

4. Disiplin dan konsisten saat menabung

Mempersiapkan tabungan umroh memang lumayan besar, dan itu tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika Sahabat tidak konsisten dan sikap disiplin dalam menabung, bukan tidak mungkin upaya mencapai target keuangan tersebut akan terhenti di tengah jalan. Maka dari itu, kuatkan niat dan semangat agar proses mencapai tabungan umrah sesuai target bisa terwujud.

5. Lakukan riset dan survei jasa travel umroh terpercaya

Kini ada banyak pilihan jasa travel umroh. Masing-masing memilliki keunggulan dan sederet keuntungan yang ditawarkan, misalnya dari harga yang bersaing. Paket layanan umroh pun dikemas semenarik mungkin sehingga konsumen dapat menyesuaikan paket dengan kemampuan finansialnya, terlebih berdasarkan tabungan umroh Sahabat.

Sahabat dapat memilih layanan travel terbaik dan terpercaya, tentunya dengan melakukan riset dan survei terlebih dahulu. Sembari menabung, lakukan riset tersebut ke banyak tempat untuk mengetahui layanan travel terbaik dan paling pas dengan kebutuhan Sahabat.

Selain itu, cek juga legalitas dan kredibilitas travel umrooh tersebut dan pastikan telah terdaftar di Kementerian Agama RI. Cara-cara ini akan menghindari Sahabat dari risiko penipuan jasa travel bodong dan ilegal yang sangat merugikan.

6. Manfaatkan promo yang tersedia

Sahabat pun tak perlu ragu-ragu untuk memanfaatkan promo yang tersedia dan ditawarkan oleh layanan travel umroh. Meskipun hal ini tak berkaitan dengan tabungan umroh, promo khusus ini akan menguntungkan Sahabat, seperti potongan harga.

Sahabat dapat memanfaatkan promo tersebut sehingga biaya yang harus dikeluaran pun lebih terjangkau. Waktu menabung pun jadi lebih singkat, atau setidaknya Sahabat tak perlu menguras habis tabungan umroh berkat promo atau penawaran khusus dari jasa layanan travel. Akan tetapi, penting pula bagi Sahabat untu memahami syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu untuk memanfaatkan promo tersebut. 

7. Buka rekening khusus untuk tabungan umroh

Cara lain untuk membuat tabungan umroh adalah dengan membuka rekening khusus untuk tujuan keuangan tersebut. Cara ini dapat dilakukan agar dana yang tersimpan tak rentan digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. Sahabat pun bisa lebih fokus mengisi tabungan ini hingga tuntas.

Jika ingin hasil yang optimal, Sahabat dapat memanfaatkan produk keuangan seperti deposito atau reksa dana sebagai wadah menyimpan tabungan umrah ini. Dibandingkan produk tabungan biasa, menyimpan dana di deposito atau reksa dana mampu memberikan imbal hasil menjanjikan seiring berjalannya waktu. 

Hal ini tentu saja mampu membuat proses mencapai target keuangan tersebut menjadi lebih mudah dan ringan. Selain itu, peluang untuk mewujudkan impian berangkat umroh tepat waktu juga akan menjadi lebih besar karena potensi mendapatkan return dari aktivitas investasi. Namun, pilihlah produk investasi yang menganut sistem syariah agar terhindar dari risiko bunga atau riba demi niat beribadah yang nyaman.

Sahabat, itulah beberapa tips untuk mencapai target tabungan umroh. Penting bagi Sahabat untuk lebih hemat dan cermat dalam menabung, serta berhati-hati dalam memilih jasa layanan travel umroh. Bagi Sahabat yang hendak melakukan ibadah haji maupun umrah dapat memilih travel yang sudah memiliki track record terpercaya. 

Adira Finance telah bekerja sama dengan lebih dari 38 travel umrah lokal dan nasional yang terpercaya, aman dan amanah. Semua ini demi membantu Sahabat beribadah dengan tenang dan nyaman, serta selama melakukan perjalanan ke tanah suci.

Adira Finance juga menghadirkan layanan Pembiayaan Syariah Umrah yang memudahkan Sahabat untuk melaksanakan ibadah umrah dengan bantuan dana, tentunya dengan menggunakan akad yang berprinsip syariah, yaitu akad murabahah. Layanan ini bisa memudahkan Sahabat untuk mengangsur cicilan setelah pulang dari umroh. Yuk, langsung ajukan pembiayaannya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN