Home / Berita Terbaru

Tren Bisnis Anak Muda yang Bikin ‘Cuan’

Tren Bisnis Anak Muda yang Bikin ‘Cuan’

24 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Gaya hidup di rumah saja selama pandemi Covid-19 ini membuat banyak anak muda mulai mengembangkan bisnis. Hampir sebagian besar bisnis anak muda ini memanfaatkan teknologi digital agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Sebab, saat ini teknologi digital sudah menjadi basis kehidupan kita karena semua aspek yang memengaruhi kebutuhan sehari-hari bisa dikendalikan hanya dengan gawai di tangan. 

Kemunculan bisnis anak muda ini menjadi pertanda baik bahwa masih banyak di antara Sahabat yang berani mencoba hal baru. Keberanian mencoba sesuatu yang baru dan bereksperimen dengan banyak hal ini yang akan menjadi kunci kesuksesan. Sebab, mereka yang berhasil adalah mereka yang tidak ragu dan lebih dulu mau mencoba untuk mengembangkan bisnis anak muda. 

Dengan begitu, anak muda pun akan turut membantu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), memberdayakan masyarakat sekitar, hingga kemajuan perekonomian Indonesia. Jadi, kuncinya bukan hanya menunggu peluang yang ada, tetapi juga menciptakan peluang itu sendiri. Lantas, apa saja ide bisnis anak muda yang bisa Sahabat coba? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Ide Bisnis Anak Muda yang Menjanjikan

Berikut adalah beberapa ide bisnis anak muda yang sedang tren dengan keuntungan yang menjanjikan: 

  1. Bisnis paint by number 

    Melukis sesuai angka (paint by number) termasuk bisnis anak muda yang cukup menjanjikan, terutama selama pandemi Covid-19. Ini karena sebagian besar orang mencari kegiatan yang menyenangkan dan dapat menghilangkan stres akibat terlalu lama diam di rumah. Bahkan, bisnis anak muda ini bisa sangat menguntungkan hingga jangka panjang karena paint by number jadi solusi bagi orang yang tidak bisa melukis, tetapi ingin memiliki lukisan, atau solusi bagi orang yang ingin belajar melukis di atas kanvas. 

  2. Bisnis aksesoris resin

    Sahabat pasti sering melihat aksesoris dan hiasan yang terbuat dari resin. Namun, pernahkah terpikir untuk membuat kerajinan resin sendiri di rumah? Hobi ini bisa jadi peluang bisnis anak muda yang menjanjikan lho. Sahabat bisa menjual berbagai barang dari resin, seperti case HP, kalung, sisir, anting, gantungan kunci, dan lain sebagainya. 

  3. Bisnis produk perawatan organik

    Dengan munculnya tren gaya hidup sehat yang semakin populer, maka menjual produk perawatan organik bisa jadi peluang bisnis anak muda yang menjanjikan. Meskipun tidak semua bahan kimia pada produk perawatan itu berbahaya, tetapi produk yang berbahan alami tetap dianggap lebih aman dan sehat. Dengan adanya permintaan yang tinggi di pasar tersebut, bisnis anak muda yang organik pun mulai bermunculan. Sahabat bisa menjual produk organik berupa sabun, sampo, skincare, dan sejenisnya. 

  4. Bisnis produk ramah lingkungan

    Selain produk organik, produk ramah lingkungan pun sudah punya tempat sendiri di hati masyarakat. Itulah sebabnya, saat ini banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut menjadi sebuah bisnis anak muda yang menjanjikan. Terdapat berbagai jenis produk ramah lingkungan yang bisa dijual, seperti tas kreatif dari sampah plastik, kemasan dari kertas daur ulang, alat makan dari bambu, dan lain sebagainya. 

  5. Bisnis katering sehat

    Sama seperti bisnis produk organik dan ramah lingkungan, katering sehat juga termasuk bisnis anak muda yang sedang tren di kalangan masyarakat perkotaan. Sebab, banyak orang yang memiliki kesibukan cukup padat sehingga mencari solusi untuk mendapatkan makanan yang praktis, enak, namun tetap sehat. Berlangganan katering sehat juga dianggap efektif karena 1 porsi makanan sehat tidak jauh berbeda dengan junk food yang biasa dikonsumsi. Nah, melihat peluang ini, Sahabat bisa mengembangkan bisnis anak muda yang menjual katering sehat dengan sistem langganan per minggu atau per bulan untuk memudahkan konsumen. 

    Baca juga: 11 Cara Berjualan Online untuk Pemula, Siap Banjir Orderan

  6. Bisnis thrift shop 

    Bisnis thrift shop merupakan jenis bisnis anak muda yang menjual produk pakaian bekas. Umumnya yang diperjualbelikan bukan pakaian biasa, tetapi produk pakaian import bekas dan bermerk, yang harganya akan lebih mahal jika kondisinya baru. Bisnis ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang mencari produk pakaian bermerek dengan harga yang terjangkau. Bahkan, Sahabat juga bisa memulai bisnis anak muda ini dengan modal relatif kecil. 

  7. Bisnis dekorasi rumah 

    Munculnya pandemi Covid-19 membuat sebagian besar orang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Akibatnya, keinginan untuk mendekorasi beberapa ruangan di rumah pun semakin meningkat. Alhasil, banyak yang mulai mencari barang-barang untuk mempercantik ruangan. Nah, peluang ini bisa Sahabat manfaatkan dengan mengembangkan bisnis anak muda yang menjual dekorasi rumah. 

  8. Bisnis kopi kekinian

    Bisnis anak muda yang tak kalah eksis adalah kopi kekinian. Sahabat pasti sering melihat merek-merek kopi susu kekinian yang baru bermunculan, bukan? Bagi Sahabat yang memiliki ketertarikan dalam bidang ini, bisa lho untuk mengembangkan bisnis kopi kekinian. Pastikan kopi yang Sahabat jual memiliki cita rasa khas yang berbeda dibandingkan kompetitor agar meningkatkan daya jual di mata konsumen. 

  9. Bisnis minimalist cake ala Korea

    Setelah kemunculan korean garlic bread, sweet potato bread, dan dalgona coffee, sekarang ada lagi hidangan ala Korea yang kembali menjadi tren di Indonesia. Kali ini kue ulang tahun minimalis atau minimalist cake sedang diminati banyak orang. Bagi Sahabat yang hobi membuat kue, jadikan peluang ini sebagai bisnis anak muda yang menguntungkan, yuk! Sudah banyak referensi desain yang bisa Sahabat tiru, amati, dan modifikasi untuk membuat berbagai jenis cake yang menarik dan lezat. 

  10. Bisnis franchise 

    Bisnis anak muda yang masih jadi pilihan adalah bisnis franchise karena memberikan beragam kemudahan dan keuntungan bagi yang menjalankannya. Menjalankan bisnis franchise artinya Sahabat tidak perlu membangun sebuah usaha dari nol karena semua sudah dipaketkan oleh franchisor, yaitu pemilik merek bisnis franchise tersebut. Untuk menjalankan bisnis ini, franchisor memiliki andil untuk mengatur rencana bisnis, sumber daya, strategi, stok barang, dan semua hal yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. 

    Nantinya Sahabat hanya membeli usaha dan menjalankannya sesuai dengan ketentuan yang telah ada. Biasanya Sahabat diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya guna mendapatkan hak usaha dari franchisor, biaya-biaya tersebut meliputi biaya royalti, biaya peralatan pendukung usaha, bahan baku, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi bisnis anak muda yang sedang tren dengan keuntungan cukup menjanjikan. Kira-kira, jenis bisnis mana yang Sahabat pilih? Pastikan Sahabat menyiapkan segala hal sebelum memulai bisnis secara matang, seperti modal usaha, perencanaan usaha, target, konsep pemasaran, dan lainnya. 

Bagi Sahabat yang masih memiliki kendala untuk mendapatkan modal bisnis, sekarang tidak perlu khawatir lagi, ya, karena sudah ada kemudahan yang ditawarkan Adira Finance melalui aplikasi Adiraku

Untuk mendapatkan modal bisnis, Sahabat bisa memanfaatkan layanan kredit multiguna melalui aplikasi Adiraku. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan layanan lain, seperti kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, serta kredit elektronik dan furnitur. 

Semua layanan di aplikasi Adiraku bisa Sahabat akses dengan sangat mudah karena cukup mengaksesnya melalui smartphone saja. Dengan begitu, Sahabat dapat mengajukan pinjaman dana hanya dari rumah. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN