Home / Berita Terbaru

Waspada Pinjaman Online Ilegal, Ini Tips Menghindarinya!

Waspada Pinjaman Online Ilegal, Ini Tips Menghindarinya!

20 Desember 2021 | Penulis : Adira Finance

Semakin berkembangnya pertumbuhan perusahaan teknologi finansial atau fintech membuat penyedia jasa pinjaman online ilegal semakin menjamur. Penyedia jasa pinjaman online ilegal sering kali menjanjikan berbagai kemudahan saat Sahabat mengajukan pinjaman. Tapi nyatanya, jasa tersebut justru merugikan dan menipu para konsumennya. Sahabat tentu tidak ingin hal ini terjadi, kan? 

Untuk itu, Sahabat perlu lebih cermat dalam memilih penyedia jasa pinjaman online yang terpercaya dan ilegal. Hal ini guna memudahkan Sahabat saat ingin mengajukan pinjaman barang maupun jasa dengan cepat, mudah, dan aman. Dalam proses pemilihan penyedia jasa pinjaman online yang tepat, Sahabat perlu mengetahui dulu ciri-ciri pinjaman online ilegal dan tips menghindarinya.

Nah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merangkum sejumlah ciri-ciri pinjaman online ilegal yang harus diwaspadai, antara lain:

  1. Identitas perusahaan tidak jelas 
  2. Pinjaman online ilegal kerap melakukan penawaran melalui SMS spam
  3. Biaya (fee) untuk mendapatkan pinjaman sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 40% dari jumlah pinjaman
  4. Suku bunga dan denda juga sangat tinggi, bisa mencapai 1% hingga 4% per hari
  5. Jangka waktu pelunasan sangat singkat, tidak sesuai dengan kesepakatan di awal
  6. Cara menagih cicilannya tidak sesuai etika, biasanya berupa teror, intimidasi, dan pelecehan
  7. Pinjaman online ilegal selalu meminta akses semua data di ponsel, seperti kontak, foto, dan video yang akan digunakan untuk meneror peminjam saat tidak sanggup bayar cicilan
  8. Tidak memiliki layanan pengaduan

Mengetahui ciri-ciri pinjaman online ilegal saja tidak cukup lho. Sahabat perlu mengetahui juga tips yang harus dilakukan saat hendak mengajukan pinjaman di perusahaan pembiayaan. Apa saja tips agar terhindar dari pinjaman online ilegal? Cari tahu info selengkapnya di bawah ini, yuk! 

Baca juga: Catat, Ini Syarat Pinjaman Online Agar Cepat Cair

Tips Agar Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

Tingginya minat masyarakat untuk melakukan pinjaman online dengan mudah melalui situs website maupun aplikasi membuat sebagian oknum tak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menghadirkan pinjaman online ilegal. 

Sahabat perlu waspada karena pinjaman online ilegal hadir bukan sebagai solusi keuangan, tetapi justru bisa merugikan bahkan memperburuk kondisi finansial Sahabat. Nah, untuk menghindari hal ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan agar terhindar dari pinjaman online ilegal, antara lain:

  1. Jangan mudah tergiur dengan iklan pinjaman yang mencolok

    Siapa sih yang tidak tergiur jika ada iklan yang memberikan banyak keuntungan terhadap konsumen? Pasti sebagian besar dari kita akan tergiur, baik saat membeli sebuah produk maupun jasa yang ditawarkan.

    Eits! Sahabat sebaiknya menghindari kebiasaan ini saat melihat iklan pinjaman dana dengan ajakan yang sangat mencolok. Misalnya, Sahabat mendapatkan SMS layanan pinjaman dengan sangat mudah, tetapi bunga dan biayanya sangat tidak masuk akal.

    Terkadang, hanya dengan melihat kemudahan persyaratannya, sebagian orang langsung menerima begitu saja, tanpa memikirkan hal lain. Nah, hal ini yang bisa membuat Sahabat terperangkap dalam lingkaran hitam pinjaman online ilegal. 

    Meski demikian, bukan berarti pinjaman yang aman dan terpercaya memiliki persyaratan yang sulit ya, Sahabat. Banyak perusahaan pembiayaan yang terdaftar dan diawasi OJK sudah menyediakan pengajuan yang sangat mudah, tetapi tentu dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi secara masuk akal. 

  2. Perhatikan identitas perusahaan pembiayaan

    Saat ini sudah banyak juga iklan ilegal yang menjanjikan layanan pinjaman dana sangat mudah dan mengatasnamakan OJK atau fintech tertentu. Bahkan, tak sedikit pula layanan pinjaman online ilegal yang menggunakan nama yang hampir mirip dengan perusahaan pembiayaan terpercaya. 

    Alhasil, tak sedikit konsumen yang menjadi korbannya karena menganggap layanan ilegal tersebut termasuk bagian dari perusahaan yang memang sudah terpercaya. Itulah sebabnya, Sahabat harus lebih cermat untuk mencari tahu identitas dari perusahaan pembiayaan. 

    Apalagi jika layanan pinjaman online ilegal tersebut menjanjikan berbagai kemudahan tanpa persyaratan apapun. Jika hal ini terjadi, bisa jadi Sahabat akan mendapatkan pinjaman dana dengan biaya (fee) yang sangat besar dan tidak sesuai dengan ketentuan di awal. 

    Baca juga: Inilah Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil Bagi Pemula

  3. Ketahui legalitas layanan pinjaman di situs OJK

    Kita dapat mengetahui 1 layanan pinjaman legal atau ilegal dengan melihat situs OJK. Apakah layanan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau belum? Jika belum, maka sebaiknya Sahabat menghindari layanan tersebut karena berisiko menjadi pinjaman online ilegal. 

    Sahabat juga jangan mudah percaya apabila ada layanan yang mengaku sudah terdaftar di OJK dengan adanya logo pada iklan atau aplikasinya. Untuk memastikannya, Sahabat harus cek langsung di situ OJK

    Seperti yang Sahabat ketahui, OJK secara aktif membuat Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi untuk memblokir pinjaman online ilegal yang kian marak di tengah masyarakat. Bahkan, terhitung hingga November 2021 ini, Satgas Waspada Investasi dari OJK sudah memblokir sekitar 3.734 pinjaman online ilegal. Sangat banyak, bukan? Maka dari itu, Sahabat harus lebih waspada saat hendak mengajukan pinjaman dana. 

  4. Perhatikan rekam jejak digital

    Meskipun perusahaan pembiayaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Sahabat tetap perlu memperhatikan hal lain guna pengajuan dan pembayaran cicilannya sesuai dengan ketentuan di awal. 

    Oleh karenanya, penting bagi Sahabat untuk mengetahui identitas dari perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Cobalah cek nama perusahaan di Google, setelah itu Sahabat dapat mencari tahu apakah memang sudah legal atau justru identitasnya tidak jelas. 

    Selain itu, perhatikan juga rekam jejak digital perusahaan pembiayaan tersebut. Biasanya banyak orang yang akan membagikan cerita, baik di sebuah website atau media sosial mengenai pengalamannya menggunakan layanan pinjaman dana. 

    Nah, Sahabat bisa membaca testimoni dari konsumen yang sudah pernah menggunakan layanan tersebut. Apakah layanannya memudahkan dan menguntungkan konsumen? Atau justru sebaliknya? 

  5. Waspada penyalahgunaan data pribadi

    Jika layanan pinjamannya memiliki aplikasi, maka pastikan Sahabat mengunduh (download) aplikasi tersebut di penyedia layanan aplikasi resmi, seperti App Store atau Google Play Store. 

    Selain itu, hindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses kontak smartphone, foto kartu ATM, foto KTP, dan identitas lainnya. Sebab, persyaratan ini dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab di balik layanan pinjaman online ilegal. 

Saat kita sedang membutuhkan uang di waktu yang mendesak, terkadang kita mencari cara termudah untuk mendapatkan uang sesuai dengan kebutuhan. Meskipun mendesak, Sahabat tetap harus lebih bijak memilih layanan pinjaman online yang aman dan terpercaya. Hal ini dapat mengurangi risiko Sahabat menjadi korban dari pinjaman online ilegal. 

Nah, bagi Sahabat yang sedang membutuhkan pinjaman dana tunai maupun kredit kendaraan, sebaiknya gunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Sebab, aplikasi Adiraku merupakan solusi keuangan untuk pengajuan kredit kendaraan baru maupun bekas, elektronik, furnitur, hingga pinjaman online dana tunai dengan proses yang cepat, mudah, aman, dan banyak keuntungan menarik bagi para konsumen.

Sahabat tidak perlu khawatir karena aplikasi Adiraku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga layanan ini sudah pasti legal dan terpercaya. Yang tak kalah istimewa, aplikasi Adiraku memudahkan Sahabat untuk mengajukan pinjaman online hanya melalui aplikasi di smartphone. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung download aplikasinya dan ajukan pengajuannya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN