... ...

Adira Commerce atau yang disingkat dengan ACOM adalah fitur pembelanjaan online  produk durable seperti elektronik, komputer & laptop, handphone & tablet, wearable, hobi, furniture dan TV  dengan cara kredit, tanpa kartu kredit yang terdapat pada aplikasi adiraku yang dapat diakses Konsumen dengan mudah, cepat, dan terpercaya.
Tersedia pilihan jangka waktu cicilan 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.

 

Adira Commerce bisa digunakan Konsumen mulai tanggal 12 Agustus 2021.

 

Kriteria Konsumen yang bisa mengajukan pembiayaan Adira Finance melalui Adira Commerce adalah sbb :

  1. Konsumen New Customer adalah konsumen yang belum pernah punya fasilitas kredit di Adira Finance
  2. Konsumen Existing Customer adalah Konsumen yang punya fasilitas kredit di Adira Finance baik mendapatkan fasilitas Kredit Instan ataupun tidak.  Informasi batasan kredit instan Konsumen dapat dilihat di aplikasi Adiraku pada halaman Beranda.
  1. Usia minimal 21 tahun atau minimal 19 tahun jika sudah menikah
  2. Minimal produk yang dibiayai adalah Rp. 1.500.000

 

Keuntungan mengajukan pembiayaan Adira Finance melalui Adira Commerce adalah sbb :

  1. Proses pengajuan mudah dan cepat, Semua proses pengajuan dilakukan hanya menggunakan handphone Konsumen.  
  2. Tidak ada proses survey lapangan

 

Suku bunga yang berlaku saat ini adalah: 

  • Konsumen Existing (Konsumen Aktif/Lunas) : 2% 
  • DAEP (Program Karyawan Adira Finance) : 1,23%
    Identifikasi sebagai karyawan dan konsumen Adira Finance yaitu setelah dilakukan proses:
    1. OCR KTP (foto KTP)
    2. Simulasi angsuran
    3. Melengkapi isian data konsumen
    4. Kemudian akan muncul Rincian Harga yang didalamnya terdapat prosentase bunga

Biaya Admin yang berlaku saat ini adalah Rp75.000 untuk all customer dan dikreditkan yaitu masuk dalam komponen pokok hutang.

 

  1. Konsumen masuk ke aplikasi Adiraku. Dalam hal ini konsumen bisa melakukan login ataupun masuk tanpa login di Adiraku
  2. Konsumen klik menu elektronik, furniture dan lainnya, kemudian akan muncul pilihan kategori seperti gambar di bawah ini
  3. Konsumen dapat melihat jenis-jenis produk yang dapat dibiayai sesuai kategori yang dipilih.

 

Cara mengajukan pembiayaan melalui Adira Commerce adalah sbb :

  1. Konsumen login pada aplikasi adiraku dengan menggunakan No HP nya.
  2. Di halaman Beranda, pilih menu Elektronik, Furniture dan Lainnya
  3. Setelah masuk ke halaman pilihan barang elektronik, Konsumen pilih barang yang diinginkan  atau Konsumen dapat mencari produk yang diinginkan dengan klik “Cari/ Search” dan masukkan kata kuncinya pada kolom yang tersedia dibagian atas halaman.
  4. Apabila barang yang dicari tidak ditemukan, maka akan muncul notif produk yang dicari belum tersedia, konsumen dapat memilih kembali produk yang tersedia
  5. Setelah konsumen pilih barang yang diinginkan klik “Hitung Simulasi”
  6. Masukkan perkiraan DP (uang muka) yang akan dibayarkan. Jika ada keterangan saat ini promo DP  0% maka konsumen tidak perlu memasukkan nilai DP nya Selanjutnya klik  “Hitung”
  7. Muncul simulasi tenor dan angsuran per bulan (dengan pilihan tenor 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan) kemudian klik “Beli”
  8. Isi data alamat pengiriman barang
  9. Periksa kembali Rincian Harga yang terdiri harga barang dan ongkos kirim,kemudian klik “Ajukan Kredit”
  10. Selanjutnya konsumen akan diarahkan ke halaman pengisian data diri
  11. Konsumen melakukan foto KTP, selanjutnya data akan terisi otomatis sesuai data yang ada di KTP. Konsumen melakukan pengecekan pada data tersebut serta melengkapi isian berupa No HP, No Telepon, dan Alamat Email konsumen.
  12. Konsumen melakukan foto selfie (swafoto) pada kolom yang telah disediakan.
  13. Pilih tenor dan angsuran perbulan yang diinginkan, selanjutnya akan muncul biaya admin, bunga dan total pembiayaannya, lalu klik “Lanjutkan”
  14. Konsumen mengisi kelengkapan data yang diperlukan seperti : data  pendidikan, pekerjaan, penghasilan, tempat tinggal, kemudian klik “Lanjutkan”
  15. Jika status konsumen adalah New Customer (konsumen baru) : Konsumen akan masuk ke halaman verifikasi data. Pada halaman ini dibutuhkan akun konsumen yang akan disambungkan pada beberapa  / salah satu akun: Tokopedia, Gojek, Klik BCA dan BPJSTK  kemudian klik “Lanjut”.
  16. Selanjutnya konsumen akan diarahkan ke halaman Rincian Harga dan klik pada bagian Wajib Dibaca: Ringkasan Informasi Produk dan Layanan.
  17. Pada layar akan muncul Ringkasan Informasi Produk dan Layanan. Setelah selesai membaca konsumen dapat klik “Saya sudah membaca”
  18. Halaman akan beralih kembali ke Deskripsi Barang, Rincian Harga dan Pembayaran Pertama, dengan bagian Wajib Dibaca sudah tercheklist (tercentang). Jika sudah sesuai, maka klik “Lanjutkan”
  19. Setelah itu, untuk new customer  akan diarahkan untuk melakukan pengisian e-Form berupa data pekerjaan, info pasangan (jika sudah berkeluarga) dan tempat tinggal. Jika existing customer Adira Finance maka data tersebut akan terisi otomatis. Kemudian klik “Lanjutkan”.
  20. Pilih metode pembayaran yang diinginkan untuk melakukan pembayaran pertama* ( bisa melalui transfer Virtual Account / Indomaret / Alfamart),

klik “Ajukan”

  • Pembayaran pertama terdiri dari DP, Angsuran pertama, biaya admin, biaya pengiriman dan biaya lainnya.
  1. Konsumen akan menerima email reminder yang berisi metode pembayaran yang telah dipilih, total pembayaran pertama dan batas waktu untuk melakukan pembayaran.
  2. Jika konsumen memilih transfer Virtual Account maka konsumen dapat mencopy nomor VA tersebut dari aplikasi atau email yang telah diterima.
  3. Lakukan pembayaran pertama sesuai dengan metode yang telah dipilih dan nominal yang tertera pada aplikasi / email
  4. Setelah proses verifikasi pembayaran pertama berhasil maka konsumen akan menerima informasi nomor kontrak dan selanjutnya akan diarahkan melakukan tanda tangan E-Contract.
  5. Pada layar akan muncul tampilan E-Contract (privy id). Periksa E-Contract tersebut, jika sesuai maka konsumen dapat klik “Tandatangani” kemudian klik “Lanjut ke Proses Berikutnya”
  6. Untuk verifikasi, konsumen akan menerima kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS. Input kode tersebut, kemudian klik konfirmasi.
    Muncul notifikasi bahwa pengajuan konsumen telah selesai dan informasi nomor kontrak konsumen.

 

Jika konsumen pilih pembayaran pertama menggunakan metode transfer Virtual Account maka konsumen dapat meng-copy terlebih dahulu Nomor VA yang tertera pada metode pembayaran (aplikasi) atau pada email yang dikirimkan ke konsumen.

1. Danamon Online Banking:

  1. Masukkan user id dan password Danamon Online Banking, pilih tabungan
  2. Periksa detail transaksi, masukkan kode token dan tekan “lanjut “
  3. Konfirmasi pembayaran akan tampil dan pembayaran berhasil
  4. Simpan bukti pembayaran dan tekan tombol “lanjutkan” paling bawah

2. CIMB Clicks:

  1. Masukkan user id dan password CIMB Clicks
  2. Pilih pembayaran
  3. Pilih Virtual Account
  4. Masukkan 16 digit nomor Virtual Account dan tekan “benar”
  5. Periksa lagi jumlah yang harus dibayarkan, nomor virtual account dan nama merchant yang tertera pada halaman konfirmasi. Jika sudah benar, maka tekan “benar”
  6. Pilih akun pembayaran dan tekan “benar”

3. Permata Virtual Account

  1. Pada menu utama pilih transaksi lainnya
  2. Pilih transfer
  3. Pilih Virtual Account
  4. Masukkan 16 digit nomor Virtual Account dan klik “benar”
  5. Jumlah yang harus dibayarkan, nomor VA dan nama merchant akan tampil pada halaman konfirmasi. Jika informasi benar, tekan benar
  6. Pilih akun pembayaran dan klik “benar”

4. BNI Virtual Account :

  1. Pada menu utama pilih transaksi lainnya
  2. Pilih transfer
  3. Pilih simpan akun
  4. Pilih ke BNI akun
  5. Masukkan nomor Virtual Account dan tekan benar
  6. Jumlah yang harus dibayarkan, nomor VA dan nama merchant akan tampil pada halaman konfirmasi, Jika informasi benar, tekan “benar”

5. Other Banks dengan cara sbb :

  1. Pada menu utama pilih transaksi lainnya
  2. Pilih transfer
  3. Pilih akun bank lain
  4. Masukkan kode 009 (Bank BNI) dan tekan “benar“
  5. Masuukkan total yang harus dibayarkan.
  6. Masukkan 16 digit nomor VA dan tekan “benar”
  7. Jumlah yang harus dibayarkan, nomor VA dan nama merchant akan tampil pada halaman konfirmasi. Jika informasi benar, tekan “benar”

6. Indomaret/Alfamart

  1. Datang ke Indomaret terdekat
  2. Cek kode pembayaran yang tercantum pada email reminder yang telah diterima konsumen dan berikan kode pembayaran tersebut ke kasir
  3. Kasir akan mengkonfirmasi transaksi dengan menanyakan jumlah pembayaran dan nama merchant
  4. Konfirmasi pembayaran ke kasir
  5. Transaksi berhasil. Simpanlah struk transaksi tersebut

 

Untuk konsumen baru dan konsumen Adira Finance, hanya memerlukan dokumen KTP Konsumen (yang masih berlaku)

 

Adira Commerce memberikan keluasan/pilihan untuk melakukan pembelian barang melalui cicilan tanpa Kartu Kredit dengan jangka pinjaman tenor 6,9 dan 12 bulan. Adira Commerce juga telah memastikan bahwa:

  1. Seller (Penjual) yang bekerjasama dengan Adira Commerce adalah seller Top Rated
  2. Dana Pencairan akan diberikan kepada seller ketika Konsumen sudah memastikan bahwa pesanan Konsumen sudah diterima dengan baik.

 

Kategori produk Durable yang bisa diajukan pembiayaan adalah sbb:
 

  1. ELEKTRONIK
  2. KOMPUTER & LAPTOP
  3. HANDPHONE & TABLET
  4. WEARABLE
  5. HOBI

 

Tidak bisa, untuk saat ini Konsumen hanya bisa membeli 1 barang dalam 1 keranjang atau 1x checkout

 

Minimal Pembelanjaan setelah diskon (jika ada) adalah sebesar Rp 1.500.000,- diluar dp, biaya kirim dan biaya lain-lain

 

Bisa.
Apabila konsumen melakukan pengajuan pembelian barang diatas dari limit kredit instan yang dimiliki, maka selisih lebih dari harga tersebut akan di bayarkan saat dilakukannya pembayaran pertama.

 

Mohon pastikan jaringan internet serta kuota internet yang konsumen miliki dalam keadaan stabil dan cukup. Karena proses verifikasi dan otentifikasi sangat berpengaruh kepada jaringan yang konsumen gunakan.

 

Apabila muncul notif Gagal Dukcapil, maka Konsumen bisa mengulang kembali pengajuan kredit dari awal dan ada 2 hal yang harus dipastikan yaitu :

A. Saat OCR KTP (Foto KTP) dengan detail sbb:

  1. Menggunakan KTP Asli (tidak hasil fotocopy atau foto), KTP tidak rusak/dalam kondisi jelas. Jelas isian data KTP dan jelas gambar pada KTP.
  2. Pastikan saat OCR KTP tidak blur atau dalam keadaan jelas
  3. Pastikan isian OCR KTP sudah sesuai dengan KTP. Apabila tidak sesuai maka konsumen bisa merubah isian data tersebut.

B.    Saat swafoto / selfie, dengan detail sbb:

  1. Pastikan swafoto dilakukan ditempat yang terang
  2. Foto disarankan tidak menggunakan atribut / aksesories seperti kacamata
  3. Foto menampakkan keseluruhan wajah pada kolom yg telah disediakan

 

 

 

 

  1. Calon Konsumen dapat klik "hubungi kami" yang terdapat pada notifikasi tersebut, untuk berbicara dengan customer service agar mendapatkan informasi lebih lanjut, pada hari kerja: Senin – Jumat, pukul 08.30 – 17.30 WIB.
    Jika klik “hubungi kami” selanjutnya konsumen akan otomatis terhubung dengan Admin Acomm melalui WA chat : 081288048521.
  2. Data yang diisi sebelumnya tidak akan hilang, konsumen akan diarahkan oleh Admin untuk masuk/login ke “customer dashboard” dengan menggunakan nomor handphone yang telah terdaftar.
    Pada customer dashboard, konsumen  tinggal memilih barang yang sedang diajukan dan klik lengkapi proses.

    Secara otomatis konsumen dapat melanjutkan kembali proses yang telah terhenti.

 

Konsumen dapat melakukan refresh halaman untuk melakukan tanda tangan kembali dan pastikan sinyal internet serta kuota Konsumen tersedia/memadai. 

 

Batas waktu pembayaran pertama maksimal dalam waktu:

  • 24 jam untuk pembayaran melalui virtual account
  • 24 jam untuk pembayaran melalui convenient store (indomaret/alfamart)

terhitung setelah konsumen proses submit pengajuan

 

Jumlah pembayaran pertama yang harus dibayarkan adalah sesuai dengan

  • Jumlah yang tertera pada halaman Rincian Harga (setelah konsumen klik “Saya Sudah Membaca” Ringkasan Informasi Produk & Layanan), atau
  • Jumlah yang tertera pada email reminder pembayaran pertama yang telah Adira Finance kirimkan ke alamat email Konsumen .

Pembayaran pertama terdiri dari:  DP (uang muka), angsuran pertama, biaya admin, biaya pengiriman dan biaya lainnya.

 

Setelah proses verifikasi pembayaran pertama berhasil :

  1. Konsumen dapat melanjutkan proses pengajuan kredit pada halaman Adira Commerce apabila halaman terakhir belum di tutup. Konsumen akan menerima informasi nomor kontrak dan selanjutnya akan diarahkan untuk melakukan tanda tangan E-Contract.
  2. Konsumen menerima email notifikasi yang berisi link ke customer dashboard (halaman pengajuan kredit). Jika halama terakhir Adira Commerce sudah tertutup, maka konsumen dapat klik link customer dashboard tersebut  ( https://star.adira.co.id/transaksi/index.html#/login )  dan melanjutkan proses pengajuan kredit.

 

Proses pengajuan kredit sahabat akan otomatis akan expired setelah 36 jam dan dana pembayaran pertama Konsumen akan dikembalikan setelah Konsumen melakukan proses pengajuan refund melalui customer dashboard (https://star.adira.co.id/transaksi/index.html#/login) yang ada pada email notifikasi.

Konsumen akan menerima email notifikasi bahwa pengajuan kredit Konsumen expired / melebihi batas waktu yang telah ditentukan dan link customer dashboard untuk mengajukan refund pembayaran.

 

Pastikan pengajuan pembiayaannya sebelum 36 jam. Konsumen dapat melanjutkan proses pengajuannya dengan cara sbb :

  1. Konsumen klik link yang ada pada email: (https://star.adira.co.id/transaksi/index.html#/login)
  2. Konsumen akan diminta login, silahkan login dengan menggunakan nomor handphone Konsumen yang telah terdaftar di Adira Finance.
  3. Setelah login Konsumen akan masuk pada customer dashboard / layar utama Aplikasi Adira Finance-STAR
  4. Pilih dan klik “On Progress”, dan silahkan melanjutkan proses pengajuannya dengan mengisi data-data pada kolom yang tersedia
  5.  Batas waktu melanjutkan proses pengajuan konsumen adalah 36 jam.
  6. Apabila telah melewati batas waktu tersebut, maka konsumen dapat mengulang pengajuannya dari awal dengan memilih barang lagi dari menu Adira Commerce.

 

Sahabat bisa melakukan reset password melalui: 

  1. Mobile aplikasi Privy.id
  2. Email ke helpdesk@privy.id dengan menyertakan foto KTP, alamat email serta nomor handphone yang digunakan

 

Pihak seller akan melakukan pengiriman barang 2x 24 jam  setelah konsumen selesai melakukan transaksi pengajuan kredit

 

 

 

 

Jika dalam 2x24 jam setelah pengajuan barang tidak dikirimkan oleh seller, maka konsumen akan menerima email notifikasi yang menjelaskan bahwa pengajuan di cancel dan dana pembayaran pertama dikembalikan ke rekening customer yang mana informasinya harus diisi oleh consumer via formulir refund.

Apabila konsumen adalah existing customer, maka limit kredit yang telah terpotong juga akan dikembalikan ke posisi semula

 

Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira Finance melalui :
1.    Call Center 1500511
2.    Email customercare@adira.co.id
3.    Aplikasi adiraku di menu Bantuan
4.    WA Chat Adira Finance : 08118115811, Ketik HCS

Agent CC dapat bantu membuatkan tiket eskalasi ke PIC HO - Online Shop dengan menginformasikan :
1. Nama Konsumen
2. Nomor KTP Konsumen
3. Nomor Handphone Konsumen
4. Kendala yang diinformasikan oleh Konsumen
5. Arahkan Konsumen untuk capture error nya melalui email/WA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Segera download aplikasi
Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN