... ...
1. Apakah benar ada Bukti Pembayaran (Kuitansi) yang dikirimkan oleh Adira Finance kepada Konsumen melalui WhatsApp?

Ya, benar. 
Mulai tanggal 4 Oktober 2024, bagi Konsumen yang melakukan pembayaran melalui Kasir/Teller Cabang dan Satellite Adira akan menerima bukti pembayaran (Kuitansi) secara digital melalui nomor WhatsApp (WA) konsumen yang terdaftar di Adira Finance dengan nama pengirim WhatsApp: Adira Finance (nomor 08118115811).

 

2. Kapan diberlakukannya pengiriman Bukti Pembayaran (Kuitansi) kepada Konsumen melalui WhatsApp?

Pengiriman bukti pembayaran angsuran (Kuitansi) efektif berlaku per 4 Oktober 2024

 

3. Bagaimana cara membuka file Bukti Pembayaran (Kuitansi) yang sudah Konsumen terima melalui WhatsApp?

Bagi konsumen yang sudah melakukan pembayaran angsuran melalui Kasir/Teller akan menerima WhatsApp berupa bukti pembayaran angsuran (Kuitansi) di nomor Handphone (WA) konsumen yang terdaftar di Adira Finance.

Berikut isi WA yang akan diterima Konsumen:
Salam Sahabat (Nama Konsumen), 

Terima kasih atas pembayaran Anda pada tanggal 07 Agustus 2024, sebagai berikut: 
Nomor Kontrak (No. PK): 123xxxxxx
Total Pembayaran: Rp2.299.000,-

Untuk mengunduh kuitansi pembayaran silakan klik lampiran berikut, dengan password tanggal lahir Anda dengan format (ddmmyyyy), di mana : 
- dd: dua digit tanggal lahir Anda, contoh 01 
- mm: dua digit bulan lahir Anda contoh 08 
- yyyy: tahun lahir Anda, contoh 1985 
Contoh: Apabila tanggal lahir Anda 1 Agustus 1985 maka password Anda adalah 01081985. 

Pengecekan Riwayat Pembayaran Anda akan semakin mudah melalui aplikasi adiraku. Untuk mengunduh adiraku klik: adira.id/adiraku-6. 
Terima kasih Sahabat

Konsumen membuka  WhatsApp yang sudah diterima dari Adira Finance dan membuka lampiran file pdf-nya dengan menggunakan password tanggal lahir Konsumen dengan format (ddmmyyyy).
Contoh : Apabila tanggal lahir Anda 1 Agustus 1985 maka password Anda adalah 01081985. 

 

4. Berapa lama durasi pengiriman WhatsApp ke nomor HP (WA) Konsumen setelah Konsumen berhasil melakukan pembayaran di Teller/Kasir?

Berikut durasi waktu Konsumen menerima bukti pembayaran, sbb:
   1. Untuk transaksi di bawah 5 juta rupiah
   Bukti pembayaran akan diterima dalam waktu kurang dari 1 menit. 

   2. Untuk transaksi di atas 5 juta rupiah
   Bukti pembayaran akan diterima Konsumen dalam waktu maksimal 5 menit.
   Jika pembayaran di atas 5 juta rupiah maka ada e-stampel pada kuitansinya.

Note: ada retry otomatis (pengiriman ulang), jika pengiriman awal gagal dengan kondisi nomor WhatsApp valid, maka sistem akan otomatis mencoba mengirimkan ulang bukti pembayaran (Kuitansi) selama 2 hari (kalender) berikutnya.

 

5. Bagaimana jika Konsumen tidak menerima bukti pembayaran melalui WhatsApp, apa yang harus dilakukan?

Jika Konsumen tidak menerima bukti pembayaran dalam waktu yang ditentukan (sesuai nomor 4 di atas), maka Konsumen dapat menghubungi Teller / Customer Service (CS) untuk memastikan bahwa nomor WhatsApp yang terdaftar di Adira telah sesuai.
1) Jika belum sesuai
   a. Konsumen mengisi dan menandatangani Form Pengkinian Data Konsumen yang tersedia di CS
   b. CS akan melakukan pengkinian data Nomor Handphone (WA) konsumen di sistem, yang selanjutnya bukti kuitansi pembayaran secara digital akan terkirim ke nomor baru tersebut.
Note: 
   - Pengkinian data hanya dapat dilakukan pada konsumen yang memiliki Nomor Handphone yang sama dengan Nomor Whatsapp-nya. 
   - Jika konsumen tetap menghendaki bukti pembayaran secara fisik (dicetak), maka konsumen dapat meminta ke Teller 

2) Jika sudah sesuai
   a. Pastikan konsumen memiliki kuota yang cukup dan jaringan/signal yang bagus
   b. Akan ada retry otomatis (pengiriman ulang) selama 2 hari kalender ke nomor WA konsumen. 
      Jika selama 2 hari kalender bukti pembayaran digital masih belum diterima oleh konsumen, maka:
      -    Konsumen datang langsung ke Kantor Cabang/Satellite Adira tempat konsumen melakukan pembayaran untuk melakukan pengecekan Nomor HP (WA) yang terdaftar dan akan dibantu proses pengiriman ulang bukti pembayaran tersebut.
      -    Konsumen dapat melakukan pengecekan Riwayat Pembayaran angsurannya pada aplikasi adiraku (Menu: Riwayat Pembayaran), atau dapat juga mengirimkan Whatsapp ke nomor resmi WA Adira Finance yaitu: 08118115811, dengan ketik: #RP#(No KTP)#(No PK Konsumen)

contoh:  #RP#1234567890120001#012345678910

 

6. Bagaimana jika konsumen sudah melakukan pembayaran di Kasir/Teller Cabang tetapi saat verifikasi  Nomor HP konsumen yang terdaftar di Adira Finance sudah tidak aktif atau berubah, apa yang harus dilakukan konsumen?

Jika nomor HP (WA) Konsumen berubah/sudah tidak aktif maka :
1. Konsumen akan diarahkan ke petugas Customer Service (CS) untuk melakukan pengkinian data nomor HP yang tidak aktif
2. Petugas CS akan membantu untuk memproses pengkinian data Nomor HP Konsumen
3. Setelah Nomor HP Konsumen sudah berhasil dikini/diperbaharui, maka petugas Kasir/Teller akan membantu mengirimkan kembali bukti pembayaran angsuran Konsumen ke Nomor HP Konsumen yang terbaru

 

7. Apakah Konsumen tetap mendapatkan bukti pembayaran fisik jika sudah diberikan bukti pembayaran secara digital?

Tidak, bagi Konsumen yang sudah menerima bukti pembayaran angsuran secara digital melalui WhatsApp maka Konsumen tidak diberikan bukti cetak (kuitansi kertas) pembayaran angsurannya. 

Noted:
Jika konsumen tetap menginginkan bukti pembayaran cetak/fisik, maka Konsumen dapat meminta kepada petugas Kasir/Teller setelah melakukan transaksi pembayaran.

 

8. Apakah ada biaya tambahan untuk mendapatkan bukti pembayaran secara digital melalui WhatsApp ini?

Tidak ada biaya apapun yang dibebankan ke konsumen/Gratis

 

9. Apakah layanan ini tersedia untuk semua layanan pembayaran?

Ya benar, layanan pengiriman bukti pembayaran secara digital ini berlaku untuk semua jenis pembayaran yang dilakukan konsumen melalui Kasir/Teller Cabang & Satellite Adira, meliputi pembayaran:
- Angsuran
- Denda/sanksi
- Biaya simpan BPKB
- Biaya penanganan unit, dan lain sebagainya.

 

10. Bagaimana jika konsumen tidak memiliki nomor WhatsApp atau tidak mau menerima bukti Pembayaran melalui WhatsApp?

Untuk konsumen yang tidak memiliki nomor WhatsApp atau tidak mau menerima bukti pembayaran melalui WhatsApp maka Kasir/Teller akan memberikan bukti pembayaran secara cetak/fisik seperti biasa.

 

11. Jika nomor Whatsapp saya sudah benar/aktif dan terdaftar di Adira Finance, namun saya tidak terima bukti pembayaran selama 2 hari kalender sejak melakukan pembayaran di Teller/Kasir, ke mana saya harus menghubungi?

1. Konsumen dapat datang langsung ke  Kantor Cabang/Satellite Adira tempat konsumen melakukan pembayaran untuk melakukan pengecekan Nomor HP (WA) yang terdaftar dan akan dibantu proses pengiriman ulang bukti pembayaran tersebut.

Atau 

2. Konsumen juga dapat menghubungi layanan Dering Adira Finance:
   a. Call Center 1500511
   b. Aplikasi adiraku, pada menu Pusat Bantuan
   c. WhatsApp 08118115811, ketik : HCS

 

12. Jika terdapat kendala bukti pembayaran digital tidak bisa dibuka filenya, ke mana saya harus menghubungi?

1. Konsumen dapat datang langsung ke  Kantor Cabang/Satellite Adira tempat konsumen melakukan pembayaran untuk melakukan pengecekan Nomor HP (WA) yang terdaftar dan akan dibantu proses pengiriman ulang bukti pembayaran tersebut.

Atau 

2. Konsumen juga dapat menghubungi layanan Dering Adira Finance:
   a. Call Center 1500511
   b. Aplikasi adiraku, pada menu Pusat Bantuan
   c. WhatsApp 08118115811, ketik : HCS

 

Berita Terbaru

Segera download aplikasi
Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN