... ...

1. Apa itu Program Promo Kredit Multiguna (PPKM)?

Adalah promo yang diberikan kepada seluruh Konsumen yang mengajukan pembiayaan dana multiguna dengan jaminan BPKB kendaraan (Motor/Mobil) melalui aplikasi adiraku akan mendapatkan cashback berupa uang tunai dan saldo adirapoin.

2. Kapan periode program ini?

Periode program mulai tanggal 9 Agustus 202131 Desember 2021

3. Apa saja keuntungan/benefit yang diperoleh Konsumen jika mengajukan program ini?

Keuntungan/benefit yang akan Konsumen peroleh adalah sbb :

  1. Pengajuan pembiayaan lebih mudah, simpel, bisa dimana saja dan kapan saja  melalui aplikasi adiraku
  2. Bisa pilih tenor yang panjang, maksimal tenor 48 bulan
  3. BPKB dijamin aman
  4. Mendapatkan promo PPKM yaitu sbb :
  1. Promo Bunga ringan :
  • Jaminan BPKB Motor : mulai dari 1,51%/bulan
  • Jaminan BPKB Mobil : mulai dari 0,58%/bulan
  1. Cashback berupa uang tunai sebesar :
  • Rp500 ribu untuk pembiayaan dengan jaminan BPKB Motor
  • Rp2 juta untuk pembiayaan dengan jaminan BPKB Mobil

Cashback akan diberikan pada saat pencairan dana.

  1. Cashback berupa saldo adirapoin sebesar :
  • 50 ribu poin untuk pembiayaan dengan jaminan BPKB Motor
  • 100 ribu poin untuk pembiayaan dengan jaminan BPKB Mobil

Cashback akan diberikan kepada Konsumen setelah Konsumen melakukan pembayaran angsuran dengan tepat waktu (tidak ada keterlambatan)

4. Bagaimana cara mengajukan pembiayaan Promo PPKM ini? Bagaimana cara mendapatkan estimasi nilai/jumlah pinjamannya?

Cara mengajukan pembiayaan promo PPKM adalah sbb :

  1. Konsumen download atau update aplikasi adiraku versi terbaru (2.0) melalui playstore/app store
  2. Login pada aplikasi adiraku dengan menggunakan Nomor HP Anda, setelah masuk ke halaman Beranda klik “Dana Multiguna.
  3. Isi nama Konsumen sesuai KTP dan nomor handphone yang dapat dihubungi
  4. Pilih / klik jenis kendaraan (Mobil/Motor) yang ingin dijaminkan, setelah itu Konsumen masuk pada halaman Pengajuan Kredit.
  5. Isi data pada kolom yang tersedia pada halaman tersebut, seperti:
    • Jumlah pinjaman yang diinginkan
    • Data Pribadi (No KTP, Tanggal Lahir, Alamat KTP dan Domisili, Pekerjaan dan Penghasilan)
    • Data kendaraan yang ingin dijaminkan
    • Tujuan penggunaan dana
  6. Setelah data terisi semua, klik “Berikutnya”, Konsumen akan menerima pop up “Mohon periksa kembali data diri Anda – Ingin melanjutkan proses ?”, jika sudah sesuai klik “Ya”
  7. Konsumen akan masuk ke halaman “Estimasi Nilai Pinjaman”. Pilih jumlah pencairan dan tenor yang diinginkan, jika sudah sesuai klik “Berikutnya”.
  8. Konsumen akan masuk ke halaman “Review Pengajuan”. Jika sesuai klik “Ajukan”
  9. Input kode OTP yang Konsumen terima dari SMS dengan nama pengiriman AdiraFin.
  10. Halaman akan masuk ke halaman Pengajuan Berhasil. Selanjutnya Konsumen akan dihubungi oleh Petugas Cabang Adira Finance maksimal 1x24 jam kerja untuk konfirmasi dan verifikasi data pengajuan pembiayaan Konsumen

5.  Apa saja dokumen persyaratan untuk mengajukan pembiayaan pada promo ini ?

Persyaratan dokumen yang perlu disiapkan Konsumen adalah sbb :

  1. E-KTP asli, E-KTP Pasangan (jika sudah menikah), E-KTP Penjamin (jika ada
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Bukti Bekerja/Usaha & Bukti Penghasilan
  4. Bukti Tempat Tinggal
  5. NPWP (Jika Pokok Hutang > 50 Juta Rupiah)
  6. Dokumen kendaraan yaitu :
  1. STNK yang masih berlaku
  2. BPKB dan Faktur Asli

6. Berapakah usia kendaraan yang dapat dibiayai?

Usia kendaraan yang dapat dibiayai adalah sbb :

  1. Untuk unit Motor à Maksimal usia kendaraan 9 tahun sejak tahun produksi (bisa dilihat di STNK) hingga akhir masa kredit

(contoh : jika pengajuan di tahun 2021 maka maksimal usia kendaraan adalah tahun 2012 dan hanya bisa tenor 1 tahun)

  1. Untuk unit Mobil (type passenger/penumpang) à Maksimal usia kendaraan 12 tahun sejak tahun produksi (bisa dilihat di STNK) hingga akhir masa kredit

(contoh :  jika pengajuan di tahun 2021 maka maksimal usia kendaraan adalah 2009 dan hanya bisa tenor 1 tahun)

7.  Berapa lama proses kredit pembiayaan PPKM ini?

Proses kredit pembiayaan adalah 1 hari kerja setelah Konsumen melengkapi dokumen kredit nya

8. Apakah ada proses survey ke rumah konsumen?

Akan ada proses survey jika diperlukan. Konsumen akan diinformasikan lebih lanjut oleh Petugas Adira Finance Cabang

9. Apakah ada material promosi untuk program PPKM ini?

10. Bagaimana jika saya mengalami kendala saat pengajuan pembiayaan melalui adiraku?

Konsumen dapat mengirimkan email bukti kendala / errornya ke : customercare@adira.co.id, dengan menginformasikan:

  1. Nama Konsumen
  2. Nomor KTP Konsumen
  3. Nomor Handphone Konsumen yang digunakan untuk login adiraku atau nomor handphone yang didaftarkan untuk program PPKM
  4. Jenis BPKB kendaraan yang dijaminkan

11.  Bagaimana caranya saya mengetahui status pengajuan kredit saya?

Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira melalui :

  1. Call Center 1500511
  2. Email customercare@adira.co.id
  3. Aplikasi adiraku pada menu “Bantuan”

 

Konsumen perorangan yang berprofesi sebagai Karyawan (Swasta/PNS), Wiraswasta maupun Profesional, baik yang merupakan nasabah Adira Finance (kontrak aktif atau lunas) maupun yang belum menjadi nasabah.

 

  1. Konsumen perorangan Karyawan (PNS/Swasta)
    • Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Lama kerja min. 1 tahun
    • Usia min. 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • Usia maks. pada saat kredit lunas adalah 55 tahun
    • Tempat tinggal bukan Kost.
    • Khusus Rumah Kontrak : berakhirnya masa kontrak > akhir tenor kredit atau sudah tinggal di rumah tersebut minimal 2 tahun.
  2. Konsumen perorangan Wiraswasta & Profesional
    • Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Lama usaha min. 2 tahun
    • Usia min. 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • Usia maks. pada saat kredit lunas adalah 60 tahun
    • Tempat tinggal bukan Kost.
    • Khusus Rumah Kontrak : berakhirnya masa kontrak > akhir tenor kredit atau sudah tinggal di rumah tersebut minimal 2 tahun.

 

  • Anda yang mengajukan harus berprofesi sebagai Karyawan (Swasta/PNS), Wiraswasta maupun Profesional.
  • Berlaku untuk Total Pokok Hutang (PH) dibawah Rp. 500 juta.
  • Penggunaan dana wajib untuk kebutuhan konsumtif.
  • Jaminan yang digunakan bisa BPKB motor atau BPKB mobil.
  • Usia kendaraan yang dapat dibiayai adalah sbb :
    • Untuk Motor
      • Maksimal usia kendaraan 9 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit 
    • Untuk Mobil Penumpang
      • Maksimal usia kendaraan 12 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit 
    • Untuk Mobil Niaga (Pick up)
      • Maksimal usia kendaraan 10 tahun sejak tahun produksi hingga akhir masa kredit
  • Tenor yang dapat diambil untuk Jaminan Motor atau Mobil adalah maksimal 4 tahun / 48 bulan. 
  • Dalam hal Anda mengambil Produk Fasilitas Dana maka Anda wajib menyerahkan bukti pembayaran / transfer atas pembelian barang atau jasa kepada ADIRA FINANCE paling lambat 3 bulan sejak tanggal Perjanjian Pembiayaan.
  • Setiap fasilitas pembiayaan yang diambil oleh Anda akan dilengkapi dengan Asuransi terhadap Barang atau Jasa yang dibiayai ADIRA FINANCE, serta Asuransi lainnya termasuk Asuransi terhadap Diri Anda (seperti Asuransi Kecelakaan Diri dan/atau Asuransi Jiwa) dan/atau Asuransi terhadap Fasilitas Pembiayaan sebagaimana ditawarkan oleh ADIRA FINANCE kepada Anda pada saat pengajuan.

 

  • Persyaratan kredit yang mudah dan proses pencairan cepat.
  • Perlindungan asuransi untuk kendaraan & Konsumen
  • BPKB aman terjamin.
  • Dukungan jaringan ratusan kantor cabang Adira Finance di seluruh wilayah Indonesia
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi Karyawan (Swasta/PNS), Wiraswasta, Profesional maupun kelembagaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran melalui: Kantor Cabang, Keday Adira, Aplikasi Adiraku, jaringan Bank Danamon, Indomaret/Alfamart, Kantor Pos, transfer ke Virtual Account Bank Danamon, Virtual Account BCA, aplikasi LinkAja. 

 

BIAYA

Biaya Pengajuan Pembiayaan

Biaya yang timbul Insidental

  • Biaya Provisi/Komisi
  • Biaya Administrasi
  • Biaya Materai
  • Biaya Pengikatan Agunan
  • Biaya Survey
  • Biaya Asuransi Jiwa
  • Biaya Asuransi Agunan
  • Biaya Asuransi lainnya
  • Biaya Penagihan
  • Biaya Eksekusi Agunan
  • Denda
  • Biaya pinalti atas pelunasan sebelum jatuh tempo
  • Biaya Transaksi Pembayaran angsuran
  • Biaya Simpan BPKB (dikenakan Setelah 3  bulan sejak kewajiban dilunasi, BPKB belum diambil oleh Konsumen)
  • Biaya Pengiriman dokumen (apabila memilih pengiriman dokumen via pos/kurir)

Note:

  • Hal-hal yang terdapat pada Biaya belum mengikat, Fasilitas Pembiayaan final akan dituangkan ke dalam perjanjian yang mengikat antara Konsumen dengan ADIRA FINANCE
  • Informasi yang lebih jelas dapat dilihat pada dokumen Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) yang diberikan kepada Konsumen saat pengajuan pembiayaan

 

  • Risiko pengajuan tidak disetujui sewaktu – waktu apabila Konsumen tidak memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh ADIRA FINANCE baik itu persyaratan dokumen maupun hal lain yang merupakan wewenang dari ADIRA FINANCE.
  • Apabila Konsumen lalai dalam pembayaran angsuran ataupun tidak memenuhi kewajiban yang disepakati dalam Perjanjian Pembiayaan, maka terdapat Risiko sebagai berikut :
    1. Risiko tambahan biaya yang muncul apabila terjadi keterlambatan dalam pembayaran angsuran (biaya eksekusi agunan dan denda), sbb:
      • Denda keterlambatan per hari untuk agunan mobil (roda empat/lebih) sebesar 0,2% (nol koma dua persen) x besar angsuran
      • Biaya Penagihan maksimal 15% (lima belas persen) dihitung dari angsuran yang tertunggak.
    2. Risiko tambahan biaya yang muncul apabila terjadi pelunasan dipercepat, sbb:
      • Agunan Mobil (roda empat/lebih) sebesar 8% (tujuh persen) dari jumlah yang harus dilunasi
    3. Risiko eksekusi agunan yang terjadi dengan kondisi sebagai berikut;
      • Konsumen lalai dalam melakukan pembayaran angsuran sesuai perjanjian
      • Konsumen melakukan pengalihan atau penggadaian obyek pembiayaan tanpa sepengetahuan Perusahaan Pembiayaan.
      • Adapun Biaya Eksekusi Agunan yang akan dikenakan adalah maksimal 15% (lima belas persen) dari Total Keseluruhan Kewajiban Konsumen
    4. Segala pembayaran yang dilakukan oleh Konsumen kepada ADIRA FINANCE akan menjadi hak ADIRA FINANCE sepenuhnya dan tidak dapat diambil kembali oleh Konsumen.
    5. Risiko reputasi berupa tercatatnya Riwayat Pembiayaan pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) ketika Konsumen menunggak pembayaran.

 

  • Konsumen akan memperoleh fasilitas Pembiayaan yang diberikan oleh ADIRA FINANCE dan dapat menggunakan Objek Pembiayaan setelah Konsumen melengkapi dokumen administrasi yang ditetapkan ADIRA FINANCE, menandatangani Perjanjian, Biaya Administrasi, Biaya Asuransi, Biaya Provisi dan biaya-biaya lainnya ataupun denda (apabila ada).
  • Konsumen berhak mengakhiri Perjanjian sebelum Jangka Waktu Pembiayaan berakhir dengan membayar seluruh kewajiban yang belum dilunasi secara penuh, dengan ketentuan bahwa Konsumen wajib menyampaikan maksudnya terlebih dahulu kepada ADIRA FINANCE minimal 30 hari sebelum pelunasan.
  • Konsumen akan menerima Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) setelah seluruh kewajibannya dilunasi

 

  • Konsumen wajib membayar Biaya Administrasi, Biaya Asuransi, Provisi, dan biaya-biaya lainnya ataupun denda (apabila ada) sesuai dengan yang diinformasikan oleh Petugas ADIRA FINANCE di Cabang pada saat awal pengajuan.
  • Konsumen dengan biayanya sendiri wajib memelihara dan menjaga Objek Pembiayaan agar tetap dalam kondisi baik dan tidak mempergunakan Objek Pembiayaan untuk tujuan yang bertentangan dengan hukum. Kerusakan, hilang ataupun musnahnya Objek Pembiayaan menjadi tanggung jawab Konsumen.

 

Download Adiraku

Berita Terbaru

Segera download aplikasi
Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN