...
...

Sekilas Perusahaan

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak awal, Adira Finance berkomitmen untuk menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terkemuka di Indonesia. Adira Finance hadir untuk melayani beragam pembiayaan seperti kendaraan bermotor baik baru ataupun bekas. Melihat adanya potensi ini, Adira Finance mulai melakukan penawaran umum melalui sahamnya pada tahun 2004 dan Bank Danamon menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 75%. Melalui beberapa tindakan korporasi, saat ini Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 92,07% atas Adira Finance. Sebagai anak perusahaan Bank Danamon, Adira Finance menjadi bagian dari MUFG Group yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia.

Adira Finance telah menjadi perusahaan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani beragam merek dan produk. Di tahun 2017 Adira Finance menghadirkan platform e-commerce pembiayaan multiguna jasa dicicilaja.com, marketplace jual beli kendaraan momobil.id, dan diikuti momotor.id pada tahun 2018. Pada tanggal 20 Februari 2020, Adira Finance meluncurkan inovasi baru di bidang digital yaitu aplikasi layanan konsumen Adiraku untuk memberikan pengalaman bertransaksi secara real time dengan mudah, aman dan nyaman. Hingga 31 Desember 2020, Adira Finance mengoperasikan 416 jaringan usaha di seluruh Indonesia dengan didukung sekitar 19 ribu karyawan, untuk melayani 2,3 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola mencapai Rp 44,0 triliun.

Sejak tahun 2014, Adira Finance berhasil mendapatkan pemeringkat idAAA merupakan pemeringkat tertinggi yang diberikan oleh lembaga pemeringkat Indonesia yaitu Pefindo. Perusahaan juga memperoleh peringkat investment grade di tahun 2019 yaitu Baa2 oleh Moody’s dan BBB oleh Fitch, kedua peringkat internasional tersebut merupakan investment grade yang sama dengan peringkat negara Indonesia. Peringkat ini secara signifikan memperkuat kemampuan Perusahan untuk mengakses sumber pendanaan baru yang lebih kompetitif.

Adira Finance senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia. Melalui identitas dan janji brand “Sahabat Setia Selamanya”, Adira Finance berkomitmen untuk menjalankan misi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal itu dilakukan melalui penyediaan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen dari pembiayaan multiguna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durables), otomotif (motor dan mobil), hingga pembiayaan umroh (Syariah).

 

Struktur Organisasi

Struktur Kepemilikan

Struktur Grup

Informasi Lembaga Profesi Penunjang Pasar Modal

Pengunjung yang terhormat,

Selamat datang di website PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. dan terimakasih untuk Anda yang telah mengunjungi Website ini. Hanya dengan satu klik saja, Anda akan menemukan banyak informasi penting yang berkaitan dengan Adira Finance. Adira Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang tidak hanya sekedar memberi kredit kepada konsumennya, tetapi juga memberikan makna dan nilai persahabatan kepada konsumen melalui produk dan layanannya.

Dengan mengoperasikan 523 jaringan usaha di seluruh Indonesia dan mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan untuk melayani sekitar 3 juta konsumen aktif beserta mitra bisnis, membuktikan Adira Finance sebagai perusahaan pembiayaan terkemuka dan terpercaya. Untuk menghasilkan individu yang terbaik, perusahaan telah menerapkan budaya perusahaannya melalui program pelatihan yang berkesinambungan serta menyentuh hati karyawan, mitra bisnis dan komunitas secara umum.

Kami berharap dengan tersedianya layanan website ini kebutuhan informasi tentang PT. Adira Dinamika Multi finance, Tbk. dapat terpenuhi dengan cepat dan akurat.

PT. Adira Dinamika Multi finance, Tbk.

Direktur Utama

Nama : Perry Barman Slangor
Tempat/Tanggal lahir : Jakarta, 27 Mei 1970
Kewarganegaraan : Indonesia
Pendidikan Terakhir :

1. Magister Administrasi Bisnis Cleveland State University, Ohio tahun 1995

2. Sarjana Administrasi Bisnis University of Wisconsin, Milwaukee tahun 1993

Pengalaman Kerja :

1. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk sebagai Sekretaris Perusahaan, Oktober 2017 - sekarang

2. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk sebagai Kepala Sekretaris Perusahaan & Hubungan Investor, dan Kepala Pendanaan & Pasar Modal, tahun 2016 - sekarang

3. PT Adira Dinamika Multi FInance Tbk sebagai Kepala Sekretaris Perusahaan, Hubungan Investor dan Kepatuhan, tahun 2013 - 2016

4. PT Toba Bara Sejahtera Tbk sebagai Sekretaris Perusahaan (General Manager), tahun 2011 - 2013

5. PT Adaro Energy Tbk sebagai Manager Corporate Reporting, tahun 2009 - 2011

6. PT Bank International Indonesia Tbk sebagai Kepala Departemen, tahun 2005 - 2008

7. PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai Assistant Vice president, Corporate Secretary, tahun 2004 - 2005

8. Badan Penyehatan Perbankan Nasional sebagai Manajer, Perencanaan Perusahaan & Studi Strategis, tahun 2000< - 2002

9. PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) sebagai Manajer Marketing Komunikasi, tahun 1996 - 1999

INGRID SRI KOMALA DEWI
Kepala Unit Audit Internal

Pengangkatan Kepala Unit Audit Internal Perusahaan telah dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (dahulu Bapepam dan LK) No. IX.I.7 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal (Surat Keputusan Ketua Bapepam dan LK No. Kep-496/BL/2008 tertanggal 28 Nopember 2008) dan Pedoman Unit Audit Internal Perusahaan yaitu diangkat oleh Direktur Utama pada tanggal 29 April 2011 setelah disetujui oleh Dewan Komisaris Perusahaan pada tanggal 28 April 2011 serta dilaporkan kepada Bapepam dan LK pada tanggal 4 Mei 2011. Kepala Divisi Audit Internal Perusahaan saat ini dijabat oleh Ingrid Sri Komala Dewi.

HARYADWI SAPUTRA KARTAWIDJAJA

Pengangkatan Kepala Unit Audit Internal Perusahaan telah dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 56/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Penyusunan Piagam Unit Audit Internal dan Pedoman Unit Audit Internal Perusahaan yaitu diangkat oleh Direktur Utama pada tanggal 11 Juli 2018 setelah disetujui oleh Dewan Komisaris Perusahaan pada tanggal 12 Juli 2018. Kepala Divisi Audit Internal Perusahaan saat ini dijabat oleh Haryadwi Saputra Kartawidjaja.

Pada tanggal 14 Desember 2017, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk mengeluarkan Piagam Audit Internal 2017. Dalam piagam tersebut tercantum Dasar Peraturan, Visi, Misi, Tujuan, Independensi, Pertanggungjawaban, Ruang Lingkup, Kewenangan, Tanggung Jawab, Kode Etik, Persyaratan Anggota Unit Audit Internal, Standar Pelaksanaan Audit, dan Evaluasi. Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh PDF berikut.

Komisaris

Nama
Yasushi Itagaki

Posisi
Komisaris Utama

  • Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk
  • Pernah menjabat Managing Executive Officer dan Deputy Chief Executive Global Commercial Banking Business Unit di MUFG Bank dan Executive Officer di MUFG

Nama
Djoko Sudyatmiko

Posisi
Komisaris Merangkap Komisaris Independen

  • Komisaris di ASCO Group
  • Pernah menjabat Komisaris di PT Asuransi Adira Dinamika dan PT Astra Graphia Tbk
  • Pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI

Nama
Krisna Wijaya

Posisi
Komisaris Merangkap Komisaris Independen

  • Komisaris Independen di PT Brilian Indah Gemilang
  • Pernah menjabat Komisaris Utama/Komisaris Independen di PT BNI Life Insurance
  • Pernah menjabat Direktur SME di PT Bank Rakyat Indonesia
  • Lebih dari 30 tahun pengalaman di sektor keuangan

Nama
Eng Heng Nee Philip

Posisi
Komisaris Perusahaan

  • Chairman di Frasers Hospitality International Pte. Ltd, ALPS Pte. Ltd., dan Transmex Systems International Pte. Ltd.
  • Pernah menjabat Non-Executive Director di Hup Soon Global Corp. Ltd., Non Executive Director di OpenNet Pte. Ltd

Nama
Muliadi Rahardja

Posisi
Komisaris Perusahaan

  • Komisaris Independen di XL Axiata
  • Pernah menjabat Direktur di PT Bank Danamon Indonesia Tbk selama 18 tahun dengan jabatan terakir sebagai Wakil Direktur Utama
  • Lebih dari 30 tahun pengalaman di sektor keuangan

Nama
Congsin Congcar

Posisi
Komisaris

  • Head of Krungsri Auto Finance dan Strategy Division di Krungsri Auto-Group Bank of Ayudhya PCL dan Direktur di Ayudhya Capital Service Co., Ltd.
  • Lebih dari 20 tahun pengalaman di sektor keuangan

Dewan Direksi

Nama
Hafid Hadeli

Posisi
Direktur Utama

  • Joined as director in ADMF since 2006
  • Former Director of at PT Broadband Multimedia Tbk, Vice President Director at PT Bank Lippo Tbk, & various senior positions at Citibank, N.A., Jakarta

Nama
Ho Lioeng Min

Posisi
Direktur

  • Direktur Risk Management dan Legal sejak 2009
  • Berbagai posisi senior di ADMF, PT Adira Quantum Multifinance dan PT Bank Prima Express

Nama
I Dewa Made Susila

Posisi
Direktur

  • Direktur Keuangan sejak 2010
  • Berbagai posisi senior di Bank Danamon, Badan Penyehatan Perbankan Nasional dan Pefindo Credit Rating

Nama
Swandajani Gunadi

Posisi
Direktur merangkap Direktur Independen

  • Direktur Human Resources sejak 2013
  • Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di perusahaan multinasional seperti Astra Group dan Orang Tua Group

Nama
Niko Kurniawan Bonggowarsito

Posisi
Direktur

  • Direktur Sales & Service Distribution sejak 2018
  • Berbagai posisi senior di ADMF, PT Mandiri Pakar Sakti dan PT Sinar Galesong Pratama

Nama
Harry Latif

Posisi
Direktur

  • Bergabung di ADMF sejak 2015, dengan posisi terakhir sebagai Deputy Director
  • Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di perusahaan multinasional di Astra Group

Nama
Jin Yoshida

Posisi
Direktur

  • Saat ini menjabat sebagai Managing Director di MUFG – Union Bank, New York
  • Memiliki pengalaman lebih dari 19 tahun di industri perbankan

Dewan Pengawas Syariah

Nama
Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil, M

Posisi
Ketua Dewan Pengawas Syariah

Warga Negara Indonesia, 56 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Syariah dari Fakultas Syariah dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1981, memperoleh gelar Magister Agama dari Institut Agama Islam Negeri Jakarta pada tahun 1987, kemudian melanjutkan Program Doktor (Ph.D) dalam bidang Islamic Studies di McGill University, Kanada pada tahun 1992 dan berhasil meraih gelar Philosophy Doctor on Islamic Legal Theory pada tahun 1994. Diangkat sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah Perusahaan pertama kali dalam RUPS Luar Biasa tanggal 4 September 2012.

Nama
Dr. H. Noor Achmad, M

Posisi
Anggota Dewan Pengawas Syariah

Warga Negara Indonesia, 58 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Syariah dari IAIN Walisongo Semarang pada tahun 1983, memperoleh gelar Magister Agama dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 1998 dan meraih gelar Doktor di bidang Aqidah Filsafat dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2006. Diangkat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah Perusahaan pertama kali dalam RUPS Luar Biasa tanggal 4 September 2012.

Nama
Oni Sahroni

Posisi
Anggota Dewan Pengawas Syariah

Warga Negara Indonesia, 41 tahun. Memperoleh gelar Sarjana Syariah dari Universitas al Azhar Kairo pada tahun 2000, memperoleh gelar Magister dalam Bidang Fikih Muqaran dari Universitas al Azhar Kairo pada tahun 2005 dan meraih gelar Doktor dalam bidang Fikih Muqaran dari Universitas al Azhar Kairo pada tahun 2009. Diangkat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah Perusahaan pertama kali dalam RUPS Luar Biasa tanggal 4 September 2012.

Anggaran Dasar


PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk memiliki Anggaran Dasar yang memuat hal-hal dan terbagi menjadi 31 pasal. Keputusan Anggaran Dasar ini sesuai dengan Akta Pernyataan Keputusan Rapat PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk No. 6 Tanggal 7 Mei 2012 dan dibuat di hadapan Pahala Sutrisno Amijoyo Tampubolon, S.H, Notaris di Jakarta. Selengkapnya silahkan unduh PDF berikut.

Maret 2020
Adira Finance Kembali Meraih Penghargaan The Best ...

Direktur Utama Adira Finance Raih Gelar ...

Jakarta (13/3) - Direktur Utama Adira...

Adira Finance Successfully Received...

Jakarta (25/1) - Generasi milenial...

Adira Finance Meraih 5 Penghargaan di...

Jakarta (26/10) – Adira Finance...

Adira Finance Raih 2 Penghargaan Dalam...

Jakarta (23/8) - Adira Finance meraih...

Terapkan Manajemen Risiko Dengan Baik,...

Manajemen risiko merupakan...

Berita Terbaru

Segera download aplikasi
Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN