Kredit Mobil Syariah, Solusi Punya Mobil Tanpa Riba

Kredit Mobil Syariah, Solusi Punya Mobil Tanpa Riba
03 Sep 2020

Kredit Mobil Syariah, Solusi Punya Mobil Sesuai Prinsip Syariah

Buat kamu yang ingin memiliki mobil namun ingin terhindar dari transaksi ribawi, tidak perlu khawatir. Sekarang kamu bisa memiliki kendaraan impian melalui fasilitas kredit mobil syariah atau yang biasa kita kenal juga dengan pembiayaan mobil syariah. Kamu hanya perlu mengakses lembaga keuangan syariah untuk mendapatkan fasilitas pendanaan yang halal tersebut. Mulai dari lembaga perbankan maupun lembaga pembiayaan saat ini sudah banyak yang menggunakan prinsip syariah.

Kebutuhan akan kendaraan roda empat sejak beberapa tahun kebelakang sejatinya selalu menunjukkan tren meningkat. Namun memang, munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia pada akhir tahun lalu, membuat permintaan mobil mengalami sedikit penurunan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun 2019, penjualan mobil baru mengalami penyusutan 10,81%. Banyak orang yang akhirnya menahan diri atau bahkan mengalami penurunan daya beli imbas pandemi, alhasil permintaan akan kendaraan roda empat juga ikut mengalami penyusutan.Sesuai Hukum Ekonomi, harga mengikuti permintaan pasar. Semakin tinggi permintaan suatu barang, semakin besar juga nilai dari barang tersebut. Sebaliknya jika permintaannya melambat, maka harga yang bisa didapatkan juga melandai. Nah kondisi harga yang sedang melandai ini bisa dijadikan peluang menarik bagi kamu yang tengah berburu mobil. Dan pastinya dengan menggunakan fasilitas kredit mobil syariah, kamu bisa mendapatkan mobil impian dengan cara yang halal.

Mengenal Kredit Mobil Syariah

Bagi umat muslim, memperoleh harta dengan cara yang halal merupakan hal utama. Begitu pula jika harta yang diperoleh melalui pembiayaan, maka skema pembiayaan haruslah sesuai dengan Syariat. Itulah yang menyebabkan kredit mobil syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan.

kredit mobil syariah umumnya menggunakan akad murabahah yakni akad jual beli dengan tegaskan untung. Dengan akad jual beli, kamu terjamin bebas dari transaksi ribawi. Dengan skema ini, kamu bisa mengetahui marjin keuntungan yang diambil oleh perusahaan pembiayaan syariah. Jadi semuanya berjalan secara adil ,transparan dan tidak menimbulkan prasangka terhadap perusahaan pembiayaan syariah. Berbeda dengan pembiayaan konvensional yang menggunakan sistem bunga.

Selain itu, dengan kredit mobil syariah , tenor yang bisa kamu dapatkan juga tidak kalah menariknya yaitu maksimal 5 tahun. Jadi kamu bisa lebih leluasa mengatur arus keuangan dan memilah penggunaannya berdasarkan tingkat urgensinya.

Nah melalui Adira Finance, kamu bisa mendapatkan mobil baru atau bekas melalui skema kredit mobil syariah .

Keuntungan Menggunakan kredit mobil syariah

Perkembangan bisnis kredit mobil syariah sejak beberapa tahun kebelakang mengalami kenaikan yang cukup baik. Banyak kalangan milenial yang akhirnya juga ikut berburu mobil dengan menggunakan sistem kredit mobil syariah.

Beberapa hal yang menjadi tolak ukur bagi generasi muda untuk memilih menggunakan fasilitas pembiayaan halal diantaranya adalah,

1. Cicilan Tetap

Karena menggunakan akad murabahah, maka jumlah pokok pembiayaan beserta keuntungan sudah dibeberkan di awal oleh perusahaan kredit mobil syariah sebagai pihak penjual. Jadi tinggal total harga dibagi dengan tenor cicilan yang kamu inginkan.

Hal tersebut membuat skema cicilan kamu menjadi flat. Dengan cicilan yang tetap, kamu tidak perlu khawatir akan adanya lonjakan suku bunga. Contohnya jika cicilan kamu yang disepakati di awal Rp3 juta, maka sampai dengan akhir periode jumlah cicilan kamu tidak akan berubah. Hal ini akan membuat perencanaan keuangan kamu menjadi lebih matang.

Adanya hal itu membuat kredit mobil syariah menjadi primadona bagi kalangan muda untuk menunjang mobilitasnya. Karena transparansinya dalam menggunakan sistem bagi hasil, juga ikut memudahkan nasabah untuk memiliki kendaraan dengan harga yang lebih masuk akal. Tapi, sebelum mengajukan pembiayaan,jangan lupa untuk membuat proyeksi pendapatan yang bisa kamu dapatkan selama masa cicilanya. Jadi kamu tidak akan terasa berat selama membayar angsuran kredit mobil syariah.

2. Sanksi Keterlambatan Disalurkan Untuk dana kebajikan

Ketika kamu menggunakan skema pembiayaan konvensional, maka kamu akan dikenakan denda. Biasanya itu akan terjadi jika kamu terlambat membayar angsuran atau cicilan pembiayaan.

Besaran denda tergantung pada kesepakatan awal antara perusahaan pembiayaan dan konsumennya. Rata-rata besarnya mencapai 0,5% hingga 1% dari jumlah cicilan bulanan dikalikan dengan jumlah hari keterlambatan.

Nah dalam skema kredit mobil syariah , tidak ada istilah denda, namun yang dikenal adalah ta’zir. Ta’zir adalah sejumlah dana yang harus dikeluarkan jika kamu terlambat membayar cicilan dengan tujuan agar kamu lebih disiplin. Namun dana tersebut tidak akan diambil oleh perusahaan pembiayaan syariah. Melainkan akan disalurkan sebagai dana kebajikan.

Tetapi jangan juga sengaja dibiarkan terlambat, karena bagaimanapun rekam jejak kamu dalam membayarkan cicilan bisa sangat membantu untuk mendapatkan akses keuangan yang lebih luas lagi. Jika kamu sering terlambat membayarkan cicilan, kamu akan meninggalkan jejak keuangan yang buruk. Hal itu akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan fasilitas kredit lainnya dari lembaga keuangan lain.

3. Dijamin halal

Ada anggapan bahwa mekanisme bisnis keuangan syariah dan konvensional hanya berbeda nama saja, tetapi prinsipnya sama. Hal tersebut sepenuhnya tidak benar, karena lembaga keuangan syariah dalam menjalankan bisnisnya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).
Jadi fasilitas kredit mobil syariah kamu bisa dipastikan status halalnya. DPS sendiri merupakan badan yang terdapat dalam lembaga keuangan syariah yang bertugas mengawasi pelaksanaan keputusan Dewan Syariah Nasional (DSN MUI).

Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi meragukan prinsip syariah yang dijalankan oleh lembaga keuangan syariah di Indonesia. Kredit mobil syariah merupakan salah satu produk syariah yang bisa kamu gunakan.

Kredit mobil syariah di Adira Finance bisa melayani kamu yang menginginkan mobil baru dan mobil bekas. Untuk mobil bekas, Kamu hanya tinggal mencari mobil bekas yang kamu idamkan, lalu ajukan di Adira Finance untuk memperoleh kemudahannya. Tidak banyak lembaga pembiayaan yang mau melayani pembiayaan mobil bekas. Hal itu tentu membuat sedih kamu yang baru saja menapaki karir namun membutuhkan kendaraan roda empat untuk beraktivitas.

Syaratnya juga mudah, yang pertama adalah kamu sudah harus berusia 21 tahun. Kemudian kamu juga perlu melengkapi data dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), kartu Nama Pokok Wajib Pajak (NPWP), kartu keluarga (KK), fotokopi rekening Koran selama 3 bulan terakhir dan juga surat keterangan kerja dari perusahaan.

Buat kamu yang berstatus sebagai wirausaha muda,kamu hanya perlu melampirkan persyaratan diatas minus surat keterangan kerja. Jangan lupa juga untuk melampirkan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP), Ijin Praktek dan dokumen pendukung lainnya guna mendapatkan fasilitas kredit mobil syariah.

Jadi tidak perlu lagi ragu menggunakan kredit mobil syariah, karena mobil yang kamu peroleh sudah dipastikan halal dan bebas dari transaksi ribawi. Mobil baru ataupun mobil bekas nan ciamik, bisa kamu bawa pulang dengan skema kredit mobil syariah.