Danamon Syariah, Adira Finance, dan Adira Insurance Gelar Buka Puasa Bersama Media

Danamon Syariah, Adira Finance, dan Adira Insurance Gelar Buka Puasa Bersama Media
03 Jul 2015

Jakarta, 19 Juni 2014. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) menggelar acara buka puasa bersama dengan media sekaligus memaparkan informasi terkini mengenai perkembangan unit usaha syariahnya, dimana pada kesempatan yang sama Danamon Syariah meluncurkan produk terbarunya yaitu Tabungan Bisa Umrah iB. Hadir dalam acara buka puasa bersama ini Sng Seow Wah (Direktur Utama Danamon) Herry Hykmanto (Direktur Danamon Syariah) Willy S. Dharma (Direktur Utama Adira Finance), Indra Baruna (Direktur Utama Adira Insurance) dan Dewan Pengawas Syariah dari Danamon, Adira Finance dan Adira Insurance.

Dalam acara buka puasa bersama dengan media ini, Herry Hykmanto, Direktur Danamon Syariah juga menyerahkan paket Umrah sebesar Rp 135 juta kepada Hafiz Quran yang akan disalurkan melalui lembaga yang bekerjasama dengan Danamon Syariah: Rumah Zakat, Al Azhar Peduli Umat, dan Dompet Dhuafa. Dana untuk paket umrah ini berasal dana sosial qordhul hasan Danamon Syariah. Sementara itu, Adira Finance juga menyerahkan bantuan sekitar Rp130 juta untuk Madrasah Nurul Falah dari Serang, Provinsi Banten. Pada kesempatan yang sama, Adira Insurance juga menyerahkan beberapa bantuan dalam bentuk wakaf jembatan di daerah Garut melalui Rumah Wakaf Indonesia, sumbangan modal usaha bagi kaum penyandang disabilitas melalui Dompet Dhuafa, dan beasiswa untuk 100 siswa melalui Rumah Zakat Indonesia.

“Sebagai salah satu kelompok keuangan terbesar di Indonesia, Danamon, Adira Finance, dan Adira Insurance memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia dan pengelolaan keuangan masyarakatnya melalui layanan keuangan yang komprehensif mulai dari pendanaan, pembiayaan hingga asuransi. Melalui ajang kebersamaan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang selama ini senantiasa mendukung Danamon, Adira Finance serta Adira Insurance,” ungkap Herry Hykmanto, Direktur Danamon Syariah.

Dalam rangkaian acara ini, Danamon Syariah meluncurkan produk tabungan terbaru mereka, yaitu Tabungan Bisa Umrah iB. Tabungan rencana dengan akad Mudharabah (bagi hasil) dan Wadiah (titipan) ini dirancang khusus untuk persiapan ibadah umrah. nasabah memiliki keleluasaan untuk menentukan pilihan mata uang saat menabung (tersedia dalam mata uang Rupiah dan US Dollar), menentukan jangka waktu menabung (mulai 6 bulan hingga 72 bulan), serta besarnya setoran bulanan sesuai dengan kebutuhan, nasabah juga dapat memilih biro travel rekanan Bank ataupun biro travel pilihan sendiri. Disamping itu, nasabah akan terlindungi oleh asuransi jiwa gratis hingga Rp200 juta (untuk Tabungan Bisa Umrah iB dalam mata uang Rupiah), dari mulai masa menabung, masa tunggu, berangkat umrah, sampai kembali ke Tanah air.

“Danamon Syariah terus menunjukkan pertumbuhan usaha seiring dengan kebutuhan masyarakat dan usaha akan layanan keuangan syariah. Kami terus berinovasi untuk menghadirkan produk dan layanan seperti Tabungan Bisa Umrah iB ini yang memberikan solusi pengelolaan keuangan guna mendukung pelaksanaan ibadah umrah. Cukup dengan membuka tabungan Bisa Umrah iB, menyiapkan dana rutin bulanan dan memilih biro travel, Insya Allah nasabah dapat melaksanakan ibadah Umrah dengan mudah dan terlindungi,” tambah Herry Hykmanto.

Pada kesempatan ini, Adira Finance juga memaparkan perkembangan kinerja Unit Usaha Syariah Adira Finance dimana sepanjang tahun 2014, pembiayaan kendaraan bermotor berbasis syariah tercatat tumbuh dua kali lipat setelah sempat melambat pada tahun 2013 lalu, yakni dari Rp 672 miliar pada tahun 2013 menjadi sebesar Rp 2.4 triliun pada tahun 2014, di mana lebih dari 80% dikontribusi oleh pembiayaan sepeda motor. Sedangkan pada tahun 2015, unit usaha Adira Finance Syariah sampai dengan bulan Mei 2015 telah menyalurkan pembiayaan baru mencapai Rp 1.385 triliun atau meningkat sebesar 110.70% dibandingkan dengan bulan Mei tahun 2014.

“Pembiayaan syariah yang terus bertumbuh menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap produk berprinsip syariah. Pertumbuhan ini kami dukung dengan kehadiran program Adira Syariah Vaganza yang merupakan Inisiatif Adira Finance Syariah bekerjasama dengan Adira Syariah Community (ASC) dalam mengadakan event bersama seperti tabligh akbar, pameran Islam dan event lainnya dengan tujuan mempererat tali hubungan antara Adira Finance dan komunitas Muslim,” kata Willy S. Dharma, Direktur Utama Adira Finance.

Adira Finance kembali menyalurkan dana kebajikan atau bantuan sosial sebesar Rp 130.149.500 kepada MTs Nurul Falah Rego Padasuka , Petir, Banten untuk pembangunan ruang kelas. Dari survey yang telah dilakukan oleh tim Adira Finance Syariah, sekolah ini menjadi tumpuan lebih dari 500 siswa di sekitar Petir untuk mengenyam pendidikan baik tingkat SD, SMP/MTs dan SMA, namun, hal ini ternyata tidak sebanding dengan ketersediaan ruang kelas di sekolah tersebut. Dengan adanya pembangunan ini diharapkan dapat menjadi solusi keterbatasan ruang kelas dan menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih kondusif, sehingga siswa-siswi di MTs Nurul Falah dapat lebih berprestasi lagi di kemudian hari.

Selain itu, Adira Insurance juga memaparkan kinerja asuransi berbasis syariah yang telah memberikan kontribusi sebesar 6% dari total gross written premium Adira Insurance pada tahun 2014. Adapun total premi bruto asuransi syariah pada tahun 2014 yang dimiliki oleh Adira Insurance adalah sekitar Rp 156 miliar dimana angka tersebut meningkat sebesar 10% dari tahun sebelumnya.

Pada bulan Ramadhan ini, Adira Insurance Syariah juga melakukan launching asuransi perjalanan bagi para Jamaah Dompet Dhuafa Travel yang melakukan perjalanan haji dan umroh. Selain itu, Adira Insurance Syariah juga memberikan perlindungan kesehatan dalam bentuk Kartu Sehat bagi siswa kurang mampu yang menerima beasiswa melalui Rumah Zakat Indonesia. Adira Insurance Syariah juga memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia akibat kecelakaan bagi para member Rumah Wakaf Indonesia berupa santunan wakaf terakhir yang akan disumbangkan melalui Rumah Wakaf Indonesia.

“Melalui beragam produk asuransi berbasis syariah ini, kami yakin masyarakat dapat menemukan perlindungan yang memenuhi kebutuhan mereka secara syariah,” tambah Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Adira Insurance sendiri juga memiliki beberapa program khusus mudik di tahun 2015 ini melalui berbagai jalur distribusi. Kerja sama yang dilakukan yaitu dengan Dompetku Indosat dan provider XL dimana Adira Insurance menyediakan produk asuransi bagi pemudik. Produk ini memberikan santunan kematian dan cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan. Namun, khusus untuk Indosat, terdapat tambahan perlindungan berupa santunan kebakaran rumah yang ditinggal pada saat mudik.
Selain itu, Adira Insurance juga bekerjasama dengan market place www.elevenia.co.id dan www.rakuten.co.id yang menyediakan produk Proteku dengan jaminan berupa santunan kematian dan cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan untuk diri sendiri dan pasangannya. Produk ini juga memberikan perlindungan terhadap aset yang dimiliki Pelanggan diantaranya santunan terhadap risiko kebakaran dan perampokan rumah tinggal serta santunan kehilangan mobil atau motor. Khusus kerja sama dengan www.elevenia.co.id, Adira Insurance juga menyediakan produk asuransi untuk perjalanan dengan jaminan berupa santunan kecelakaan dalam perjalanan, biaya pengobatan, dan ketidaknyaman dalam perjalanan melalui produk asuransi Travellin.

Bagi para pelanggan yang akan melakukan perjalanan dalam rangka mengisi musim liburan lebaran, tersedia juga produk asuransi perjalanan Travellin. Produk ini memberikan santunan kecelakaan dalam perjalanan, biaya pengobatan, dan ketidaknyamanan dalam perjalanan baik domestik maupun internasional. Asuransi Travellin bisa diakses online melalui www.travellin.co.id.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan, Adira Insurance juga memberikan beberapa bantuan sosial pada bulan puasa ini. Adira Insurance memberikan wakaf jembatan di daerah Garut yang disalurkan melalui lembaga sosial Rumah Wakaf Indonesia, donasi berupa modal usaha bagi penyandang disabilitas melalui Dompet Dhuafa, dan beasiswa untuk 100 siswa yang disalurkan melalui Rumah Zakat Indonesia.Bukber-2015