Mobil-Mobil Baru Calon Bintang di Tahun 2018

Mobil-Mobil Baru Calon Bintang di Tahun 2018
25 Dec 2017

JAKARTA – 2017 sudah hampir berakhir, dan sepanjang tahun ini telah banyak mobil meluncur di Indonesia menjadi buah bibir dan menjadi fenomena. Sebut saja Mitsubishi Xpander, Wuling Confero S, Suzuki Ignis dan Honda CR-V yang telah mencuri banyak perhatian masyarakat.

Di 2018 sendiri para pemain di pasar otomotif nasional juga telah memiliki produk-produk baru yang diprediksi akan menjadi bintang baru dan membuat kegemparan tersendiri. Baik itu produk yang herganya terjangkau atau mahal, maupun yang bermain di segmen gemuk atau ceruk.

Berikut daftar mobil-mobil baru yang akan meluncur di tahun 2018 di Indonesia:

Datsun Go Cross

Setelah selama dua tahun (2016-2017) tidak ada produk baru dari Nissan-Datsun di Indonesia, akhirnya Datsun GO Cross telah tunjukkan tanda-tanda akan meluncur di Indonesia. Selain telah berkeliaran di jalanan untuk tes, bocoran foto dan kisaran harganya juga sudah beredar belakangan ini.

GO Cross dengan platform sama seperti GO Panca dan GO+ Panca akan hadir dengan desain ala SUV/crossover. Desainnya akan lebih modern dan tangguh seperti konsepnya, sementara bocoran mengatakan Datsun akan pada akhirnya menggunakan transmisi otomatis (CVT) pada GO Cross.

Kemungkinan Datsun akan merilis GO Cross pada awal tahun 2018, pada kuartal pertama.

Wuling Cortez

Setelah Confero S yang melawan Toyota Avanza dan kawan-kawan, Wuling Motors akan kembali meluncurkan sebuah MPV yang kali ini akan berhadapan dengan Kijang Innova. Cortez sempat diperkenalkan ke media pada beberapa hari lalu, yang dibekali sejumlah fitur unggulan.

Akan diluncurkan pada kuartal pertama 2018, Cortez akan mengusung desain maskulin dan elegan pada eksterior, berikut melimpahnya fitur seperti Tyre Pressure Monitoring System, electric sunroof, layar sentuh 8 inci, electric parking brake, AVH, transmisi intelligent-AMT pada mesin 1.800 cc VVT-i.

Sama seperti sang adik Confero S, Cortez juga akan memiliki konfigurasi kursi tujuh penumpang model captain seat.

Toyota Avanza / Daihatsu Xenia

Memang belum ada bocoran atau tanda-tanda kelahirannya sampai saat ini, namun duo kembar ‘MPV sejuta umat’ Avanza-Xenia justru telah disampaikan oleh beberapa sales kepada kami. Isu tentang Avanza-Xenia muncul bersamaan saat jelang peluncuran All New Rush-Terios.

Dikatakan, Avanza-Xenia akan lahir sebagai generasi baru atau model yang benar-benar baru. Desainnya akan terpengaruh dari RushTerios terbaru, sehingga membuatnya akan jauh lebih “keren”.

Seperti kita tahu, sejak 2004 Avanza dan Xenia hanya mengalami penyegaran tampilan, tanpa ada perubahan secara menyeluruh. Belum diketahui kapan waktu peluncuran untuk All New Avanza-Xenia di 2018 yang konon akan terinspirasi dari konsep Daihatsu DN Multisix.

Toyota C-HR

Menjadi salah satu SUV/crossover yang paling ditunggu di Indonesia, Toyota masih malu-malu membawa C-HR ke pasar Indonesia. Padahal, C-HR sempat ditampilkan sebagai bintang booth Toyota di GIIAS 2017.

Sempat dikatakan akan meluncur paling cepat awal 2018, Toyota terus melakukan studi untuk C-HR agar cocok dibawa ke Tanah Air. Ada tiga opsi mesin yang bisa dipilih untuk C-HR yakni 1.500cc, 1.800cc dan satu varian hybrid.

Toyota juga mempertimbangkan untuk memproduksi C-HR dari dalam negeri, yang bisa jadi membuat harganya nanti lebih menarik.

BMW X3 (G01)

Jika menganut pada tradisi merek premium, seharusnya BMW X3 akan meluncur pada tahun depan menyusul peluncuran perdananya saat pada bulan Juni 2017 lalu. X3 dengan kode G01 ini akan menjadi generasi ketiga dari pesaing Mercedes-Benz GLC, Audi Q5 dan Range Rover Evoque.

Dimensi dan kedinamisan performa menjadi fokus peningkatan pada X3 terbaru, yang juga tidak melupakan tampilan lebih modern. Opsi mesin yang dimiliki X3 adalah bensin 2.0 liter dan 3.0 liter enam silinder, serta diesel 2.0 liter dan 3.0 liter.

Melihat urutan meluncurnya model-model baru BMW, seharusnya X3 yang paling dulu hadir di 2018.

Mazda CX-9

Generasi terbaru Mazda CX-9 sudah dipastikan akan meluncur di Indonesia pada awal tahun 2018. CX-9 menjadi model flagship dan terbesar SUV Mazda, di atas CX-5 dan CX-3.

Dengan konfigurasi kapasitas tujuh orang penumpang, dimensi CX-9 membengkak demi kenyamanan lebih di dalam kabin. Sementara mesin andalan yang dipakai adalah SkyActiv 2.5 liter turbo.

Generasi baru bahasa desain Kodo pada CX-9 menjadi inspirasi dari CX-5 terbaru. Mazda berjanji akan meluncurkan CX-9 pada awal tahun 2018.

Beberapa Model Potensial

Sebenarnya masih ada sejumlah mobil menarik lainnya yang kemungkinan besar akan datang ke Indonesia. Contohnya Nissan, bukan tidak mungkin menyusul Datsun dengan meluncurkan X-Trail facelift dan March generasi baru agar tidak memperpanjang ‘puasa’ model barunya.

Di segmen hatchback, meski baru saja meluncurkan Baleno, Suzuki juga bisa kembali menjadi perhatian seandainya berani membawa Swift terbaru. Nama Swift saat ini sudah tidak ada di daftar model yang dipasarkan Suzuki di Indonesia.

Sementara untuk segmen premium, akan menarik juga jika dua seteru asal Jerman Mercedes dan BMW membawa AMG E 63 dan M5 terbaru.