Air Terjun Tirto Kemanten, Surga Alam Tersembunyi di Banyuwangi

Apakah Sahabat menggemari wisata air terjun ? Jika iya, apakah Sahabat tahu bahwa Indonesia memiliki air terjun alami yang memiliki dua pancuran air? Ya, air terjun itu bernama air terjun Tirto Kemanten yang terletak di daerah Banyuwangi. Pada saat Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance lalu, sebuah akun bernama @rizaldby berhasil memotret keindahan air terjun Tirto Kemanten dan foto ini berhasil masuk dalam 50 foto terbaik. Penasaran tentang air terjun ini? Yuk, simak disini.

Apa itu air terjun Tirto Kemanten?

Tirto Kemanten atau air terjun Wonorejo adalah sebuah air terjun yang terletak di Dusun Wonorejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lebih tepatnya di lereng Gunung Raung. Air terjun ini dinamai Tirto Kemanten karena mempunyai dua pancuran air yang sama dan bersebelahan. Tirto Kemanten sendiri mempunyai arti air pengantin. Jadi air terjun ini dinamai Tirto Kemanten karena mempunyai dua pancuran air bersebelahan yang terlihat seperti sepasang pengantin. Unik ya Sahabat.

Akses menuju Tirto Kemanten

Air terjun Tirto Kemanten terletak 60 km dari kabupaten Banyuwangi ke arah selatan. Untuk sampai di air terjun Tirto Kemanten dari luar kota, Sahabat perlu naik kereta dan turun di stasiun Kalibaru. Setelah itu, Sahabat bisa menyewa mobil atau motor untuk menuju air terjun. Jarak dari stasiun ke air terjun kira-kira 5 km. Sahabat disarankan untuk menyewa motor atau mobil karena angkutan umum untuk menuju Tirto Kemanten masih sangat minim.

Lebih spesialnya lagi, selama perjalanan Sahabat akan disuguhkan dengan indahnya rentetan perkebunan kopi dan coklat yang dipercaya merupakan peninggalan dari zaman Belanda. Jadi, dijamin Sahabat bisa menikmati perjalanan ini.

Sesampainya di lokasi, Sahabat perlu melapor ke pos jaga yang dikelola oleh penduduk setempat. Sahabat juga perlu membayar tiket masuk yang sudah termasuk dengan ongkos parkir. Selanjutnya untuk menuju air terjun, Sahabat diharuskan untuk menuruni tangga beton yang ada.

Keindahan air terjun Tirto Kemanten

Sumber : blogspot

 

Salah satu daya tarik dari air terjun Tirto Kemanten ini adalah kecantikan alamnya yang masih alami. Air terjun ini memiliki dua pancuran air terjun yang memiliki tinggi masing-masing sekitar 10 meter dan berdampingan seperti layaknya pengantin yang sedang bersanding di pelaminan. Kedua pancuran air terjun ini hanya dipisahkan dengan batu besar di tengah-tengahnya.

 

Di air terjun Tirto Kemanten, Sahabat bisa mendengar gemuruh percikan air terjun yang memanjakan telinga. Ditambah sesekali Sahabat akan disuguhkan dengan suara-suara dari beberapa satwa yang tinggal di sekitar air terjun seperti kera dan berbagai jenis burung. Sangat menenangkan bukan Sahabat?

Namun akan terasa kurang jika Sahabat berkunjung ke Tirto Kemanten tanpa bermain air. Sahabat bisa merasakan segarnya air dari Tirto Kemanten dari lereng gunung Raung dengan cara bermain-main, mencuci muka atau menceburkan badan. Dijamin, Sahabat akan merasa sangat segar. Lalu, bagi Sahabat yang hanya ingin bersantai duduk sambil menikmati keindahan air terjun kembar ini, jangan khawatir. Karena di lokasi sudah tersedia bangunan joglo untuk tempat Sahabat menikmati indahnya air terjun tirto Kemanten.

Jadi, jangan lupa untuk masukan air terjun Tirto Kemanten sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berada di Banyuwangi ya, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : banyuwangi, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

06-08-2017 10:29 AM
Keramik Dinoyo

08-08-2017 7:45 AM
Sanggar Genjah Arum

08-08-2017 7:48 AM
Fauzi Tour Travel

08-08-2017 8:27 AM
Pendiks Rental

06-08-2017 10:04 AM
Deva Trans