Indahnya Deretan Seni Kontemporer Di Festival Seni Tahunan Art Jog, Yogyakarta

Indonesia memiliki banyak seniman dengan hasil karya yang begitu indah. Bahkan, karya-karya dari seniman Indonesia ini banyak dikenali oleh penikmat seni dari mancanegara. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya seniman Indonesia nggak kalah dari seniman luar negeri, lho. Nah, dari situlah pemerintah Yogyakarta mengagendakan festival tahunan untuk menampung hasil karya para seniman dalam Art Jog.

Sahabat pasti ingin tahu lebih banyak tentang Art Jog dan apa saja yang ada di dalamnya, kan? Yuk, simak informasi lengkap tentang Art Jog di bawah ini!

Mengenal Art Jog

Art Jog merupakan festival seni tahunan yang diadakan di Yogyakarta. Acara ini pertama kali digelar pada tahun 2006 dengan nama Jogja Art Fair yang dulu merupakan rangkaian acara Festival Kesenian Yogyakarta. Namun pada tahun 2010 namanya diubah menjadi Art Jog oleh pendiri sekaligus pencetusnya yaitu Heri Pemad Art Management.

http://destinasian.co.id/id/wp/wp-content/uploads/Artjog-2018-01.jpg

Alasan namanya diubah menjadi Art Jog agar acara ini lebih dikenal oleh dunia Internasional sehingga mudah untuk ditemukan dan semakin banyak seniman internasional yang ikut hadir. Namun, tidak semua kategori seni bisa masuk di sini, lho Sahabat. Art Jog hanya terbatas pada seni kontemporer dan modern.

Mulai dari bahan pembuatan, tema hingga nuansa yang dibuat oleh seniman di Art Jog pasti dapat membuat takjub para pengunjung.

Deretan Seni Kontemporer Di Art Jog 2018

Sebagai festival, pameran sekaligus pasar seni rupa kontemporer. Karya seni yang ditampilkan di Art Jog sangat menakjubkan bahkan sampai ada puluhan seniman yang terlibat di acara ini. Di bawah ini ada beberapa contoh jajaran karya seni yang dipajang di Art Jog pada tahun 2018 dengan tema enlightenment atau pencerahan.

1. Sea Remember

Karya dari seniman bernama Mulyana ini bertajuk Sea Remember. Seperti judulnya, karya seni ini menampilkan kehidupan laut melalui praktik modular berupa rajutan. Ya, karya seni ini terbuat dari berbagai jenis rajutan yang membentuk pemandangan yang Indah.

http://www.infodjakarta.com/wp-content/uploads/2018/05/Sea-Remembers-karya-Mulyana-.jpg

Mulyana memilih teknik rajutan ini karena memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Proses pengerjaannya juga dilakukan secara manual dengan tangan. Dalam proses pembuatannya, Mulyana tak bekerja secara sendirian. Beliau juga meminta bantuan dari ibu-ibu yang berasal dari Sorogenen, Sleman untuk merajut karyanya tersebut. Meskipun begitu karya seni ini hadir dengan hasil yang Menakjubkan.

2. Hutan Dilipat

https://oumagz.com/ou-cool/art-jog-11-enlightenment-towards-various-future/#images-14

 

Karya dari seniman perupa bernama Nasirun yang membuat karya seni sepanjang 75 meter pada media kertas tisu bekas yang didaur ulang. Dalam karya seni ini Nasirun ingin memberikan pencerahan dan kritik sosial kepada setiap individu untuk merenungkan “kontribusi apa yang telah diberikan pada alam?”. Hal ini dilakukan mengingat kertas tisu merupakan penyumbang sampah terbesar di dunia.

3. Chinese God of War

https://indoartnow.com/uploads/artwork/image/26952/artwork-1528353188.jpg

Dari bentuknya saja kita sudah dapat mengetahui bahwa karya seni ini sangatlah mengagumkan. Perupa bernama Ichwan Noor menggunakan penggambaran Dewa Guan Yu. Guan Yu merupakan seorang ksatria yang sangat dipuja karena kesetiaannya dan kejujurannya.

Di Art Jog ada banyak sekali seniman yang menampilkan berbagai idealisnya. Masing-masing berbeda dalam bentuk seninya, jadi jika Sahabat mengunjunginya akan melihat berbagai karya yang menakjubkan. Nggak hanya dari seniman lokal saja, di Art Jog juga mempertemukan seniman dari luar negeri untuk ikut tampil memeriahkan Art Jog tersebut.

Menjadi bagian dari Art Jog adalah mimpi bagi banyak seniman. Jika Sahabat memiliki karya seni kontemporer Sahabat bisa lho mencoba mendaftarkan karya Sahabat agar dikurasi oleh panitia Art Jog. Siapa tahu karya Sahabat terpilih dan bisa ditampilkan di Art Jog. Selain itu, dengan turut aktif dalam Art Jog ini Sahabat bisa berjejaring secara langsung dengan pegiat seni. Tertarik, Sahabat?

 

Nah Sahabat, sebagian kecil dari seni tersebut memang mengesankan. Bisa dibilang bangga akan hasil karya bangsa Indonesia sendiri. Jika Sahabat penasaran bisa kunjungi festival seni Art Jog tahun 2019 ini, ya!

 


Keterangan
Lokasi : yogyakarta, di yogyakarta
Jelajah DI YOGYAKARTA