06 Maret 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

06 Maret 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Riau memiliki keunikan tersendiri dari cara penamaan sajian minumannya yang khas. Jika Sahabat belum pernah ke sana pasti akan mengernyitkan dahi saat mendengar nama-nama kuliner tersebut. Beberapa contoh, antara lain es laksamana mengamuk, es air mata pengantin, es lancang kuning, es samudera dan masih banyak lagi. Unik, kan?

Nah, masih ada satu minuman yang unik lagi, nih. Masyarakat Riau sering menyebutnya dengan nama air tebu nostalgia. Wah apa lagi, tuh? Di balik namanya yang unik ternyata memang ada makna tersendiri di dalamnya. Siapa pun yang meminumnya diharapkan akan teringat dan bernostalgia dengan air tebu nostalgia ini.

Maka dari itu, banyak pengunjung yang pernah mencoba minuman ini pasti akan kangen dengan rasanya yang khas. Sebetulnya apa sih air tebu nostalgia tersebut dan apa saja yang ada di dalamnya? Yuk, simak di bawah ini Sahabat!

Merasakan Kesegaran Air Tebu Nostalgia

Dari namanya tentu sudah tahu bahan utamanya, kan Sahabat? Yup, bahan utamanya adalah air tebu asli! Batang tebu yang diperas kemudian mengeluarkan sari air tebu yang memiliki rasa sangat manis. Setelah itu, air tebu tadi dicampur dengan jahe, kacang tanah, selasih dan serutan kelapa. Sudah kebayang kesegarannya Sahabat?

sumber : idntimes.com

Rasanya yang khas memang sering membuat penikmatnya bernostalgia saat berkunjung di Riau. Segar dan manisnya air tebu bercampur dengan sensasi pedas dari jahe akan membuat paduan rasa yang nggak akan bisa Sahabat temukan di tempat lain.

Sebetulnya memang mudah untuk membuatnya, namun menikmatinya saat di Riau bisa jadi pengalaman tersendiri, lho. Maka dari itu, jika Sahabat sedang berkunjung ke Riau jangan sampai lupa untuk mencicipi segarnya air tebu nostalgia.

Minuman Wajib Saat Bulan Ramadan

Bagi masyarakat Riau, air tebu nostalgia ini menjadi minuman wajib saat berbuka puasa. Jadi, jangan heran jika datang ke Riau saat bulan Ramadan pasti banyak yang membuat minuman ini. Meski begitu, selain di bulan Ramadan Sahabat masih tetap bisa menemukan penjual minuman ini, kok.

Sahabat hanya perlu berkunjung ke Sultan Resto di Jalan Ronggo Warsito, Riau, karena tempat ini menjual air tebu nostalgia dengan rasa yang sangat enak dan pas. Banyak pengunjung yang datang ke Riau mampir ke restoran ini untuk bisa mencicipi air tebu nostalgia ini.

Sebagai makanan pendamping, Sahabat bisa juga memesan makanan khas Riau, seperti ikan selais asap, asam pedas baung, gulai ikan patin dan masih banyak lagi. Kelezatan dari makanan khasnya ditambah dengan kesegaran dari air tebu nostalgia ini akan membuat perjalanan di Riau semakin berkesan.

Sumber : resepaneka.com

Setelah puas menikmati hidangan makanan dan minuman tersebut, Sahabat bisa melanjutkan perjalanan untuk berkunjung ke tempat wisata di Riau. Ada banyak tempat wisata di sana, seperti Taman Nasional Tesso Nilo, Ulu Kasok, Istana Siak Sri Inderapura dan masih banyak lagi.

Jadi, kapan Sahabat akan datang ke Riau untuk mencicipi saijan kuliner ini?