16 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

16 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Jika Sahabat tengah berada di Kota Semarang, maka singgah sejenak ke Es Krim Pankuk Pak Yono bisa jadi pilihan tepat saat cuaca sedang terik. Yuk, cari tahu apa itu Es Krim Pankuk Pak Yono ini, Sahabat!

Sejarah Singkat Es Krim Pankuk Pak Yono

Awalnya, es krim ini mulai dijajakan keliling dengan gerobak kecil pada tahun 1950. Wah, sudah lama sekali, ya? Pak Yono sempat bekerja pada penjual es panekuk, lalu terinspirasi untuk membuka usaha sendiri. Pada saat itu, Pak Yono hanya menjual satu rasa, yaitu cokelat.

Nggak ada alasan khusus mengapa panekuk dijadikan sebagai topping. Namun, inilah yang menjadi ciri khas hingga es krim ini terkenal sampai saat ini. Panekuk nggak disajikan secara utuh di atas piring sajian, Sahabat. Sejak awal, panekuk dimasak dalam cetakan bulat, lalu dipotong-potong.

sumber : idntimes.com

Pak Yono juga sempat menambahkan menu baru dan berinovasi dengan topping tambahan, yaitu tape. Sayangnya, tape cepat basi dan nggak banyak yang menyukai topping ini. Inovasi lainnya adalah menambah menu es kelapa, namun pada akhirnya menu ini juga dihapus.

Ketika cuaca hujan, otomatis penjualan es panekuk menjadi menurun. Pak Yono ingin usahanya tetap berjalan di segala cuaca sehingga memutuskan untuk menambahkan menu baru pada tahun 1988, yaitu gado-gado. Menu inilah yang masih bertahan menemani es panekuk hingga saat ini. Sekarang, cucu Pak Yono yang meneruskan usaha kedai ini, Sahabat.

Apa Saja Menu di Kedai Pak Yono

Rasa yang unik dan klasik adalah hal yang diunggulkan dari es krim panekuk ini. Es krim bergaya es puter ini memiliki empat varian rasa, yaitu durian, alpukat, cokelat, dan kelapa. Dalam satu porsi, Sahabat bisa memilih 3 dari 4 varian rasa yang tersedia. Es krim ini disajikan bersama panekuk, agar-agar, dan roti yang menambah kelezatannya.

Berbeda dengan panekuk pada umumnya, panekuk di kedai Pak Yono terbuat dari santan dan susu yang membuat rasanya gurih. Jika memesan rasa cokelat, ada tambahan bubuk kakao di atasnya. Sedangkan untuk rasa kelapa akan ditaburi kelapa yang dihaluskan. Satu porsi es krim panekuk bisa dimakan oleh dua orang. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp14.000 untuk tiga scoop es krim.

sumber : blogspot

Menu lainnya yang menggugah selera adalah gado-gado. Saus gado-gado dibuat dengan racikan sendiri. Jangan cemas jika kamu nggak suka pedas karena saus pedasnya akan dipisah. Isinya adalah irisan kentang, lontong, kubis, telur, dan mentimun ditambah dengan taoge, emping melinjo, dan kerupuk udang. Gado-gado ini dipatok dengan harga Rp20.000.

Lokasi Kedai Pak Yono

sumber : static.net

Kamu bisa menemukan es krim penekuk yang khas ini di Jalan Tanjung, Sekayu, Semarang Tengah. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10.30 hingga pukul 16.00. Jadi, jangan sampai terlalu malam saat ke sana. Lokasi kedai strategis karena dekat dengan perkantoran, pusat kota, dan stasiun kereta Poncol. Ketika jam makan siang, ada banyak pekerja kantor dan para wisatawan yang memadati kedai ini.

Apakah Sahabat tertarik untuk mencicipi kuliner asal Semarang yang melegenda ini? Rasa enak dan harga terjangkau dari Es Krim Pankuk Pak Yono tentunya akan membuat kamu ketagihan untuk mencicipinya. Belum lagi manisnya kudapan klasik ini disandingkan dengan gurih dan pedasnya gado-gado. Yuk, ajak juga keluarga atau teman-temanmu untuk mencoba es krim unik ini!