20 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

20 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Siapa sih yang nggak kenal dengan Danau Kerinci, sebuah danau yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi ditambah dengan hawa sejuk dan angin yang semilir membuat semua orang betah berlama-lama di sana.

Bicara tentang Danau Kerinci, ada sebuah festival unik yang diadakan oleh masyarakat setempat, yaitu Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci yang setiap tahunnya selalu digelar.

Seperti apakah keseruan dan keunikan dari festival yang diadakan di Danau Kerinci ini? Yuk, Sahabat simak informasi menariknya di bawah ini!

Asal Usul Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan sebuah danau yang berukuran sangat luas. Pada zaman dahulu danau ini dinamakan Danau Gedang (Besar). Danau ini tergolong sebagai danau vulkanik karena terbentuk akibat letusan gunung berapi di masa lampau. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Luas dari danau ini sekitar 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter.

Danau Kerinci terletak di dua kecamatan, yakni Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Danau Keliling. Uniknya nih Sahabat, masyarakat setempat masih percaya jika di Danau Kerinci ini ada dua ekor naga kakak beradik yang saling menyayangi.

sumber : flickr.com

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci

Danau Kerinci yang merupakan salah satu dari keindahan alam yang ada di Provinsi Jambi ini mulai diperkenalkan ke dunia melalui festival yang diadakan setiap tahunnya. Festival ini lebih dikenal dengan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) yang menghadirkan berbagai macam pertunjukan dan lomba seni budaya khas masyarakat Kerinci. Festival ini sebenarnya bertujuan untuk mempromosikan keindahan Danau Kerinci ke masyarakat dunia. Jadi, nggak heran jika promosinya juga tinggi, Sahabat.

Festival Danau Kerinci ini sudah diadakan sejak beberapa tahun lalu dan pada tahun 2018 lalu merupakan acara yang diselenggarakan untuk yang ke-17 kalinya. Harapan dari terselenggaranya festival ini adalah semakin banyaknya masyarakat dunia yang mulai tertarik dengan Danau Kerinci dan adat istiadat yang ada di dalamnya.

Nggak hanya itu saja Sahabat, tujuan lain dari acara ini juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang keindahan Danau Kerinci dan meningkatkan potensinya sebagai destinasi wisata dunia.

sumber : flickr.com

Festival Sekaligus Lomba Seni Budaya

Festival Danau Kerinci bukan semata-mata sebagai gelaran festival biasa, namun diadakan juga lomba dan pertunjukan seni budaya yang nggak kalah menarik. Contohnya saja adalah tradisi Tari Rangguk, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, lomba menumbuk padi dan lomba mengaji. Semua pertunjukan dan lomba tadi dibuka untuk umum terutama bagi masyarakat di daerah Kerinci yang ingin ikut meramaikan jalannya acara ini.

Nggak hanya lomba saja lho Sahabat, di sana juga ada pameran kuliner yang menghadirkan berbagai macam kuliner dan pameran hasil kerajinan khas Jambi. Bahkan, terdapat juga acara fashion show antar MAN, SMA, mahasiswa dan sanggar Kabupaten Kerinci.

sumber : flickr.com

Acara ini berlangsung selama lima hari dan diadakan selama 24 jam penuh, keren kan Sahabat? Untuk dapat menyaksikan festival ini, Sahabat bisa menempuh perjalanan dari Kota Jambi kurang lebih selama 8 hingga 9 jam. Apabila berangkat dari Kota Padang, Sahabat bisa menempuh perjalanan kurang lebih 6 jam. Selain jalur darat bisa juga dilalui dari jalur udara, mulai dari Bandara Depati Parbo di Kerinci, Bandara Sultan Thaha di Jambi, atau Bandara Internasional Minangkabau di Padang.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci merupakan sebuah acara yang menarik untuk dilihat karena Sahabat bisa melihat berbagai macam tradisi adat khas dari Jambi khususnya dari Kerinci secara langsung. Segera siapkan hari cuti untuk ikut festival ini, ya Sahabat!