05 Februari 2021 | Penulis : Fendi Haris

05 Februari 2021 |
Penulis : Fendi Haris

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Salah satu strategi memerangi virus corona bagi para pelaku usaha UMKM yaitu memulai budaya baru bermasker dan go digital di pasar rakyat. #AdiraFinanceID #BangkitBersamaSahabat #FestivalPasarRakyat

Ditengah hiruk pikuk corona yang belum tamat, nafas UMKM menjadi kekuatan penuh untuk meminimalisir tingkat krisis ekonomi nasional. Memang, pandemi memiliki banyak sekali dampak terutama pada perekonomian di Indonesia saat ini.

Suntikan berupa bantuan dana sosial dan juga dana untuk para pelaku bisnis yang digelontorkan oleh pemerintah merupakan salah satu cara supaya UMKM tetap bertahan dan bahkan berkembang untuk masa-masa normal mendatang.

Namun ada hal paling sangat vital selain faktor dana dalam memerangi COVID 19 ini. Apa itu? Masker dan Go Digital, kemudian menaati protokol kesehatan. Saya akan fokus pada 2 hal yaitu Masker dan Go digital karena kedua hal ini sangat penting untuk dimulai bahkan harus dapat menjadi budaya bagi seluruh para pelaku bisnis UMKM yang ada di pasar rakyat di indonesia ini.

Keberagaman di Pasar Rakyat Dalam Melihat Kasus COVID19

Bagi para pelaku bisnis UMKM yang berjualan di dalam pasar rakyat, memakai masker merupakan salah satu kewajiban yang harus dipraktekkan setiap harinya. Penting sekali semua pedagang menyadari bahwa masker merupakan tindakan preventif dalam memerangi penularan virus corona.

Memang, setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda dalam melihat kasus corona COVID 19 ini.

  • Ada yang taat terhadap peraturan seperti melakukan protokol kesehatan dan juga bermasker,
  •  Namun ada juga yang acuh bahkan tidak mengindahkan berbagai instruksi yang diberikan dari pemerintah pusat mengenai bahaya tertularnya virus corona ini.

Cara Menangani Pedagang Yang Acuh Terhadap Masker

Dan dalam menangani pedagang yang acuh tersebut memang harus dengan cara yang tepat. Misalkan memberikan pemahaman bahwa dengan memakai masker maka dapat menjaga diri sendiri sekaligus juga menjaga para pelanggannya yang sedang membeli seluruh barang dagangannya.

Jikalau sang pedagang memang tidak mempunyai masker untuk dikenakan, maka kita bisa untuk memberikan masker secara gratis dan cuma-cuma seperti yang telah dilakukan oleh komunitas gerakan pakai masker.

Langkah ini ternyata sangat ampuh untuk membuat seluruh para pedagang untuk mulai mengenakan masker tersebut.

Efek Pedagang Yang Terbiasa Memakai Masker

Kemudian disaat para pedagang pasar tersebut telah terbiasa setiap harinya untuk mengenakan masker, maka secara otomatis nanti akan menjadi budaya bermasker. Dan tindakan preventif terhadap penyebaran virus corona pun dapat ditekan. Di masa-masa mendatang maka budaya hidup sehat juga akan dengan sendirinya akan diterapkan.

Dengan begitu impian terciptanya membasmi virus corona dan impian seluruh masyarakat indonesia sehat akan terealisasikan. Dan pada saat itulah dampak terhadap keberhasilan perekonomian nasional dapat bertahan dan bahkan berkembang positif.

Jadi tidak akan ada lagi kata ‘Positif’ COVID 19 melainkan yang ada adalah perekonomian yang sangat ‘Positif’.

Pedagang Pasar Rakyat Harus Mulai Go Digital

Selain budaya bermasker, faktor vital berikutnya dalam memerangi virus corona agar dapat bertahan di masa pandemi yaitu saatnya semua pedagang di pasar rakyat mulai melek teknologi dan go digital.

Jika melihat fakta yang ada di lapangan pada saat ini, memang mayoritas pedagang di pasar rakyat masih merasa masa bodoh terhadap pelibatan digital dalam proses jual beli dagangannya. Kebanyakan para pedagang hanya menggunakan ponselnya untuk kebutuhan yang ringan seperti untuk menelpon dan mengirimkan pesan teks atau SMS saja.

Cara Untuk Pedagang Pasar Rakyat Bisa Go Digital

Cara tepat supaya seluruh pedagang dapat go digital yaitu tetap dengan cara memberikan pengarahan dan pemahaman bahwasanya untuk zaman ini dan masa mendatang proses transaksi melalui digital akan jauh lebih efisien dan menghasilkan seraya tetap bekerja di pasar rakyat tersebut.

Bisa juga dengan memberikan penyuluhan, baik berdasarkan sistem waktu misalkan ada waktu khusus untuk mengumpulkan seluruh pedagang agar dapat menyimak secara seksama informasi terkait berdagang secara digital. Atau bisa juga dengan secara langsung mendatangi booth atau etalase dagangan mereka kemudian mengadakan penyuluhan kepada para pedagang yang sedang berada ditempat.

Efek Saat Semua Pedagang Pasar Mulai Go Digital

Disaat para pedagang pasar telah memahami bahwa berdagang dengan cara digital begitu menguntungkan, maka kesempatan untuk bertahan di masa pandemi seperti saat ini akan semakin besar dan peluang untuk mengembangkan bisnis kedepannya juga semakin lebar.

Karena kenyataannya, zaman sekarang ini membeli produk seperti sayur mayur, ikan dan daging yang notabene dulu biasanya hanya bisa didapatkan melalui pasar rakyat ternyata kini bisa didapatkan melalui aplikasi digital dan hasilnya juga berjalan lancar.

Saatnya Bangkit Bersama Sahabat

Saya mengajak semua untuk bangkit bersama sahabat kita yang ada di festival pasar rakyat, supaya memakai masker dan berdagang secara digital dapat menjadi budaya.

Hal ini sebagai wujud nyata untuk mendukung para UMKM agar dapat bertahan di masa kini dan berjaya di masa mendatang yang notabene zamannya digitalisasi.