04 Februari 2021 | Penulis : Aditia Faturrahman

04 Februari 2021 |
Penulis : Aditia Faturrahman

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, pentingnya digitalisasi untuk mendukung perkembangan pasar rakyat. Adira Finance hadir mendukung perkembangan pasar rakyat dengan gerakan sosial dengan diadakannya festival pasar rakyat, yang mana gerakan ini untuk mendorong pasar rakyat di Indonesia menjadi ruang publik yang kreatif dengan Hashtag #BangkitBersamaSahabat. Serta mendukung penuh keberagaman yang ada dengan berbagai program-program yang berdampak positif untuk pasar rakyat di kondisi sekarang ini. 

Pasar rakyat merupakan aspek penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia untuk mengembangkan ekonomi rakyat. Pasar rakyat ini sendiri merupakan sebuah ekosistem yang tercipta dari banyaknya keragaman yang ada di dalamnya. Dilihat dari Keragaman dagangan yang dijual, bermacam-macam pembeli yang berbeda latar belakang dan juga suku, sehingga terasa nyata perbedaan yang menyatu menjadi satu, dan pasar rakyat Indonesia ini sendiri merupakan sebuah ciri khas suatu daerah. Tak hanya sebagai roda perekonomian, tetapi juga punya nilai wisata dan juga kuliner yang keanekaragaman yang bisa kita temui. 

Pasar rakyat sebagai tonggak ekonomi berperan penting dalam keberlangsungan kehidupan di suatu daerah. “Kemendag telah merevitalisasi 4.949 pasar rakyat di Indonesia, untuk mempercepat pembangunan daerah”. (Dilansir dari jawapos.com). Dan ini menguntungkan bagi pedagang-pedagang dengan adanya revitalisasi ini, bisa memberi kenyamanan dan kelayakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Sehingga mampu membuat kondisi yang lebih kondusif dengan adanya keberagaman yang yang ada di sana. 

Berkembangnya pasar rakyat dari segi kualitas dan fasilitas yang ada, mampu mendukung program penyerapan tenaga kerja. Dengan begitu kasus pengangguran di Indonesia dengan seiring waktu dapat sedikit demi sedikit teratasi. Tidak hanya perekonomian suatu daerah yang berkembang tetapi juga bangsa Indonesia. 

Pasar rakyat mampu menjadi karakter sebuah kota. Seperti kota bukittinggi yang terkenal dengan yang namanya pasar atas dan pasar bawah. Di pasar tersebut dijual berbagai macam barang, dari sepatu, baju, dan juga aksesoris yang beragam. Penjual dan pembeli di sana juga beragam, ada yang berasal dari suku asli minang, batak, tionghoa dan masih banyak lagi. Sehingga dengan adanya keberagaman tersebut munculnya rasa kebersamaan dengan nilai kekeluargaan yang sangat erat. 

Pasar rakyat memiliki nilai destinasi wisata dari keragaman produk yang dijual, Seperti oleh-oleh yang menjadi ciri khas di daerah tersebut. Baik itu berupa aksesoris, pakaian dan juga kuliner yang keanekaragaman. Seperti halnya dengan pasar kuta bali, dengan nilai budaya daerahnya mampu menjadikan pasar tersebut sebagai destinasi wisata, Seperti oleh-oleh baju, patung dan kerajinan ukir yang menjadi nilai jual bagi wisatawan dari manca negara.

Berbicara tentang keberagaman pasar rakyat, yang tidak kalah pentingnya di sini ialah kuliner yang menjadi suatu bentuk budaya di daerah tersebut. Di pasar rakyat ini sendiri kita bisa menemukan berbagai macam olahan kuliner, baik itu berupa makanan dan minuman yang akan menambah rasa nyaman ketika mengunjungi pasar rakyat ada daerah tersebut. 

Pasar rakyat bisa dikatakan sebuah ekosistem, di mana kita bisa melihat keberagaman di satu tempat dengan nyata dan juga merasakan. Berbagai macam pembeli dan penjual yang berbeda suku, berbagai barang dan juga kuliner yang menjadi simbol kebudayaan di dalam masyarakat. Interaksi yang terjadi di dalamnya menambah keberagaman yang tercipta dari proses jual beli. Jadi pasar rakyat merupakan bentuk nyata dari suatu keberagaman yang dapat kita temukan di Indonesia. Sehingga penting berbagai program-program yang dapat membantu perkembangan pasar rakyat. Agar ekosistem yang didasari dari keberagaman tersebut dapat dipertahankan.

Sumber gambar: Unsplash.com/@fauzanazhima