04 Februari 2021 | Penulis : Arief Rachman

04 Februari 2021 |
Penulis : Arief Rachman

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Pandemi telah merubah dunia. Semua orang terdampak terutama di bidang perekonomian, banyak yang terpuruk, ada yang bertahan, dan ada yang masih berjuang sampai saat ini. Itulah kenapa dibutuhkan platform untuk membantu semua yang terdampak karena pandemi. Melalui Festival Pasar Rakyat 2020, Adira Finance membantu pihak terdampak dengan digitalisasi untuk bersama-sama Bangkit Bersama Sahabat di dalam keberagaman negeri ini.

Pandemi tidak memandang bulu. Semua suku, ras, agama terdampak. Karena seluruh dunia mengalaminya. Laju perekonomian menurun, volume perdagangan fisik mengecil, karena interaksi yang berkurang signifikan. Salah satu yang terdampak parah adalah pasar tradisional atau Pasar Rakyat.

Untuk membantu mereka yang terdampak, Adira Finance mengajak para sahabat untuk bangkit bersama dalam Program Festival Pasar Rakyat 2020. Masih dalam rangka HUT Ke-30 Adira Finance, Festival Pasar Rakyat 2020 adalah saluran untuk memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan, sekaligus mempersiapkan pasar rakyat menuju era digital sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Festival Pasar Rakyat 2020 ini adalah bagian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, ajang motivasi pelaku UKM dan generasi muda agar bangkit membangun perekonomian Indonesia.

Pasar rakyat penting sekali bagi masyarakat, sebagai tonggak perekonomian dan sarana pengembangan ekonomi kerakyatan kreatif, edukatif, dan berbudaya.

Pasar rakyat adalah etalase kekayaan daerah serta kamus hidup kuliner Indonesia, memberi karakter pada sebuah kota, dan menjadi destinasi wisata yang unik. Kalau berkunjung ke sebuah daerah biasanya akan datang ke pasar, disana bisa melihat aktivitas, interaksi orang-orangnya, barang yang dijual khas dan beragam.

Walaupun sama-sama menjual keperluan sehari-hari, Pasar Hamadi  Jayapura akan berbeda dengan Pajak Sambu Medan. Di Pasar Beringharjo Jogja, Kita bisa belanja aneka macam produk batik dengan aneka macam  harga dan kualitas, lalu jajan gudeg kerecek, sementara di Pabaeng-baeng, Sulawesi Selatan, kita bisa menemukan hal yang berbeda.

Keberagaman Indonesia terpampang nyata di wajah pasar rakyat di seluruh Nusantara. Pasar bukan hanya pusat perdagangan saja, tapi juga tempat meneruskan budaya setempat, berinteraksi dan menjalankan kehidupan mereka. Pasar Rakyat adalah denyut nadi negeri yang keberadaanya terguncang wabah.

Program Pembagian Masker dan Edukasi Pencegahan Covid-19 dilakukan di 30 pasar di 6 kota Indonesia yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Cirebon, Yogyakarta, Aceh dan Makassar. Harapannya dengan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan bisa mencegah penularan virus, dan pasar bisa beroperasi maksimal.

Apabila pasar rakyat bisa beroperasi dengan kebiasaan baru bisa disiplin memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun, maka semua bisa bangkit bersama.

Jalan keluar efektif saat pandemi adalah berjualan online. Para pedagang pasar bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan perdagangan mereka. Perlu ada pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan  pemahaman juga penggunaan sarana online untuk membantu mereka. Berjualan secara digital juga membuka peluang bisnis baru di daerah lain. Potensi pasar pun makin besar.

Festival Pasar Rakyat 2020 mengadakan webinar secara simultan di 6 kota dengan tema Ayo, Berdagang Secara Online.

Dibawakan para pakar dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dengan  penyampaian yang approachable, sehingga mudah dipahami supaya bisa diaplikasikan di lapangan. Sharingnya bersifat konkrit dan sangat bermanfaat.

Festival Pasar Rakyat 2020 juga melakukan Program Pendampingan. Jadi tidak dilepas begitu saja, supaya peserta memiliki sarana informasi dan konsultasi untuk mencapai tujuan. Semua dilakukan secara online untuk menerapkan protokol kesehatan.

Forum komunikasinya berbentuk grup Whatsapp sesuai kota dan Facebook Fanpage. Inilah sarana pendampingan para pedagang pasar rakyat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pengembangan usaha.

Adira Finance berencana mendirikan Pasar Rakyat Corner, sebuah aplikasi berbasis Whatsapp, nantinya akan ditempatkan di kantor-kantor cabang Adira Finance di sekitar pasar rakyat setempat. Pasar Rakyat Corner ini diharapakan akan menjadi saluran informasi tambahan bagi para pedagang pasar.

Saya mengapresiasi program Festival Pasar Rakyat 2020 ini, beragam hal telah dilakukan seperti pembagian masker dan edukasi pencegahan Covid-19 di 30 pasar di Indonesia, lalu webinar Ayo Berdagang Secara Online, dan juga program pendampingan untuk memastikan para peserta dari berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan bekal yang cukup untuk usaha mereka.

Semoga segala upaya ini bisa berhasil, karena Pasar Rakyat itu penting. Dengan edukasi yang sesuai dan cukup, perekonomian negara ini pun bisa terbantu. Melalui Festival Pasar Rakyat 2020, Adira Finance bisa membantu banyak pihak terdampak dengan program digitalisasi untuk bersama-sama Bangkit Bersama Sahabat di dalam keberagaman negeri ini agar bisa melalui masa sulit seperti sekarang ini. Dan ini semua adalah upaya bersama. Semuanya harus bersama-sama mendukung, menjalankan perannya, supaya kita semua bisa bangkit dan berkembang.