05 Februari 2021 | Penulis : Rachma Anisa Maulani

05 Februari 2021 |
Penulis : Rachma Anisa Maulani

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Pasar Rakyat sebagai Saksi Bisu Keberagaman Budaya

Pasar rakyat merupakan suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melangsungkan proses jual beli yang diwarnai dengan adanya kegiatan tawar-menawar. Seiring dengan perkembangannya, pasar rakyat dinilai tidak hanya sebagai tempat jual beli semata, tetapi juga sebagai tempat eksplorasi UMKM dan sarana pertumbuhan ekonomi rakyat yang diwarnai dengan keberagaman budaya setempat. Pembangunan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk mempertahankan pasar rakyat agar tetap dapat bersaing sesuai dengan perkembangan zaman. Revitalisasi pasar rakyat terus dilakukan guna mewujudkan pasar rakyat yang bermanajemen modern sehingga tetap memiliki peran sebagai primadona penggerak perekonomian daerah. Keberagaman budaya yang dimiliki secara alami pada setiap daerah membuat pasar rakyat menjadi destinasi wisata unik yang merupakan karakter sebuah kota. 

Sudah Saatnya Memperbaiki Diri 

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, menyatakan bahwa kondisi pandemi menyebabkan omzet pedagang pasar rakyat turun 40–70%. Tak bisa dipungkiri, kondisi pandemi telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat pada hampir semua sendi kehidupan. Perubahan perilaku masyarakat saat ini semakin membawa sistem perekonomian low touch economy ke permukaan. Kepraktisan dan keamanan yang dirasakan pada cashless society menyebabkan kebiasaan ini dinilai akan tetap ada meskipun pandemi telah usai nantinya. 

Zaman beralih, musim bertukar. Perubahan zaman terus diikuti dengan perubahan semua elemen yang terlibat di dalamnya. Hal ini yang menyebabkan modernisasi terlihat seperti suatu keharusan yang tidak dapat disangkal lagi. Cepat atau lambat, suka atau tidak suka, hal ini pasti terjadi. 

Digitalisasi sebagai Awal yang Baru

Era kebiasaan baru menuntut pasar rakyat beserta pelaku-pelaku yang terlibat di dalamnya menjadi lebih resilien. Program digitalisasi menjadi salah satu jawaban yang tepat dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi di pasar rakyat. Kepuasan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam pasar rakyat menjadi tujuan utama program digitalisasi ini, terlebih lagi untuk menurunkan mobilitas di ruang publik dalam upaya mengurangi penyebaran Covid-19.

Transformasi digital mengacu pada penggunaan teknologi untuk menyelesaikan masalah. Digitalisasi ini dapat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan reputasi usaha, pengalaman pelanggan, dan rasio retensi pelanggan menggunakan perangkat lunak. Implementasi program digitalisasi pasar rakyat yang dapat direalisasikan meliputi layanan jual beli online, penggunaan kurir, pembayaran nontunai, dan pendataan omzet. Implementasi ini juga bisa diwarnai dengan keberagaman yang dimiliki masing-masing pasar rakyat untuk menjamah pangsa pasar yang lebih luas sekaligus memperkenalkan budaya masyarakat setempat pada dunia luar. 

Semua Punya Perannya Masing-Masing

Program digitalisasi pasar rakyat tidak dapat direalisasikan hanya dari satu pihak saja. Program ini diharapkan dapat menjaring lebih banyak sektor swasta yang ikut bersinergi dengan pemerintah dalam pengembangan pasar rakyat. Gerakan sosial pemberdayaan, sosialisasi, kesenian, dan budaya yang menjadikan pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif merupakan gerakan yang dilakukan pada Festival Pasar Rakyat oleh Adira Finance dan menjadi salah satu wujud kepedulian terbaik dalam mengimplementasikan program digitalisasi pasar rakyat. Dengan mengusung tema besar Bangkit Bersama Sahabat, Festival Pasar Rakyat 2020 tidak kenal lelah memberikan pembekalan berupa pelatihan dan program pendampingan untuk menciptakan ekosistem pasar rakyat yang lebih baik dan lebih resilien ke depannya. Keberagaman justru menjadi katalis untuk bangkit bersama dalam situasi yang tak menentu ini.

Cepat atau lambat, transformasi digital pasar rakyat akan dapat menjamah teknologi robotika, internet of things, big data, machine learning, dan artificial intelligence. Transformasi ini memang terbilang masih cukup jauh untuk direalisasikan. Namun, hal ini bukan merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Pada akhirnya, apa pun bentuk transformasi pasar rakyat, harus disertai dengan kajian yang matang untuk mendukung pasar rakyat yang mampu bersaing di era baru tanpa harus kehilangan karakter aslinya. 

#AdiraFinanceID #BangkitBersamaSahabat #FestivalPasarRakyat