16 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

16 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Tradisi dan budaya yang ada di Indonesia memang sangat beragam. Nah, salah satu cara untuk melihat tradisi dan budaya tersebut adalah dengan datang ke daerah masing-masing secara langsung. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan biaya yang nggak sedikit, kan?

Kini, bagi Sahabat yang berada di Jakarta dan sekitarnya nggak perlu repot lagi melakukan hal tersebut karena berbagai pertunjukan budaya di Indonesia bisa disaksikan di Galeri Indonesia Kaya, lho!

Galeri Indonesia Kaya setiap akhir pekan akan mengadakan pertunjukan budaya yang berbeda-beda. Jadi, Sahabat bisa lebih mengenal apa saja kebudayaan yang ada di Indonesia. Seperti apakah Galeri Indonesia Kaya ini? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini, Sahabat!

Mengenal Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya berada di Grand Indonesia, West Mall Lt. 8, Jakarta Pusat. Galeri ini mudah untuk ditemukan karena dekat dengan Bundaran HI dan Monas. Saat Sahabat sedang berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk mampir ke Galeri Indonesia Kaya, ya.

Untuk masuk ke Galeri Indonesia Kaya nggak dipungut biaya sepeser pun sehingga pengunjung dapat bebas menikmati fasilitas yang ada. Tempat ini memadukan konsep edukasi dan digital. Tujuannya untuk memperkenalkan dan mengapresiasi seni budaya Indonesia kepada masyarakat terutama ke generasi muda.

sumber : flickr

Biasanya, kegiatan pertunjukan budaya tersebut dilakukan di Auditorium. Ruangan ini cukup besar dan bisa menampung hingga 150 orang. Selain itu terdapat 1 layar proyektor utama dan 2 proyektor pendukung ditambah lagi terdapat lampu-lampu yang membuat pertunjukan jadi lebih hidup. Sahabat bisa menikmati pertunjukan budaya dengan tampilan yang lebih modern di sini.

Pertunjukan yang diadakan setiap akhir pekan memiliki tema yang berbeda-beda. Ada yang berupa pertunjukan wayang, tari tradisional, teater, hingga drama musikal yang kental dengan unsur budaya Indonesia. Saat nggak ada pertunjukan, ruangan ini tetap akan menampilkan pertunjukan seni tari secara visual digital, jadi pengunjung bisa ikut menari bersama.

sumber : flickr

Sebagai contoh, pertunjukan “Hip Hop Papua” yang dibawakan oleh Indonesia Art Movement. Mereka menghadirkan pertunjukan musik rap dan street dance yang dikolaborasikan dengan instrumen musik, vokal serta ragam gerak dari Papua. Pertunjukan mereka memberikan representasi minor dan harapan generasi muda tentang kerusakan alam yang terjadi di Papua.

Acara yang diadakan sudah terjadwal dan Sahabat bisa memesan kursi terlebih dahulu secara online agar nggak kehabisan tempat. Pastikan untuk datang ke Galeri Indonesia Kaya 30 menit sebelum pagelaran dimulai ya, Sahabat.

Fasilitas Yang Beragam

Nggak sekadar fasilitas untuk pertunjukan budaya Indonesia yang ada di sini, namun terdapat juga fasilitas lain yang bisa dinikmati, yaitu kaca pintar Indonesia yang menampilkan pariwisata, kuliner, kesenian hingga berbagai tradisi di Indonesia.

Ada juga Melodi Alunan Daerah yang menampilkan suara dan gambar dari alat musik tradisional. Semuanya hadir dalam teknologi digital yang interaktif dan informatif pastinya.

sumber : flickr

Selain itu Sahabat bisa menikmati keseruan lain seperti bermain permainan tradisional, melihat pembuatan kerajinan tradisional. Di tempat ini Sahabat akan lebih mengenal bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat banyak. Jadi, jangan sampai tertinggal atau bahkan melupakan kebudayaan sendiri.

Jika Sahabat tertarik untuk datang ke sini bisa mengajak keluarga dan kerabat untuk datang menikmati pertunjukan budaya Indonesia. Yuk, terus kenali dan lestarikan budaya yang ada di Indonesia, Sahabat!