08 Januari 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

08 Januari 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Apakah Sahabat seorang pencinta aktivitas ekstrem? Jika iya, maka Sahabat wajib memacu adrenalin di Goa Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di mulut gua, Sahabat akan dihadapkan pada jalur yang tak biasa karena Sahabat harus memiliki keahlian dalam menggunakan tali agar bisa sampai ke dasar gua. Kedalaman jalur masuk gua ini bervariasi antara 15 hingga 80 meter, lho.

Jalur yang ada untuk masuk ke dalam gua pun bervariasi, Sahabat. Ada beberapa pilihan jalur yang bisa dipilih, antara lain jalur pemula yang masih bisa ditapaki dengan kaki meski jalurnya sangat terjal. Lalu, ada pula jalur A atau jalur utama yang memiliki kedalaman 80 meter. Jalur B yang memiliki kedalaman 60 meter atau jalur C dengan kedalaman 40 meter pun bisa Sahabat pilih sebagai jalur masuk.

Menemukan Dunia Lain di Goa Jomblang

Sumber : Flickr.com

Salah satu daya tarik utama di Goa Jomblang adalah hutan purbanya yang akan membuat takjub siapa pun yang melihatnya. Di dalam gua ini Sahabat bisa menemukan pohon-pohon yang berusia ribuan tahun tersembunyi dalam gua. Ya, ini adalah hutan purba yang tersohor tersebut. Sahabat akan menemukan berbagai jenis tanaman yang tak pernah Sahabat lihat sebelumnya.

Melihat vegetasi purba yang ada di dasar gua ini membuat Sahabat akan merasa seperti di dunia lain. Ditambah stalaktit dan stalagmit yang ada di sekitarnya dijamin akan membuatmu berdecak kagum karenanya.

Cahaya Surga di Goa Jomblang

Sumber : Foto Kontestan Sahabat Lokal

Selain melihat hutan purba, setelah menikmati dasar gua kamu juga bisa melanjutkan petualangan ke Luweng Grubug. Di sana ada ruangan yang cukup luas dan Sahabat harus berhati-hati karena treknya yang cukup licin. Namun tak perlu khawatir karena pengelola sudah memasang batu pijakan dan juga lampu sebagai penerang jalan.

Setelah berjalan kurang lebih 300 meter, Sahabat mulai bisa mendengar suara air dari sungai bawah tanah, Sahabat! Keren, kan?

Perjalanan ini akan membawamu menuju cahaya surga yang tersohor itu, Sahabat. Foto yang diabadikan oleh @yogifebrianto hingga berhasil membawanya mendapat predikat Foto Favorit dalam Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance ini akan menjadi bukti keindahan tempat ini. Cahaya surga ini berasal dari sebuah lubang yang ada pada Luweng Grubug. Cahaya akan masuk melalui lubang ini, terlebih pada saat hari sedang cerah dan usahakan Sahabat berada di sana sekitar pukul 10.00-12.00 WIB, ya. Siapkan kameramu dan abadikan momen langka ini, Sahabat!

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Sebenarnya untuk masuk ke Goa Jomblang tidak dipungut biaya apapun asalkan Sahabat memiliki peralatan sendiri. Namun, Sahabat tetap harus meminta izin kepada pengelola agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ya.

Nah, untuk yang tidak memiliki peralatan sendiri, Sahabat harus merogoh kocek kurang lebih Rp450.000, ya. Memang tidak murah, namun sebanding dengan apa yang akan Sahabat dapatkan, kok. Dengan membayar ini Sahabat akan mendapatkan peralatan SRT (single rope technique) lengkap, makan siang, asuransi dan juga seorang pemandu pastinya.

Jika Sahabat datang bersama rombongan, pastikan jumlahnya tak lebih dari 25 orang, ya. Batas maksimal pengunjung yang masuk bersamaan ke dalam gua adalah 25 orang guna menjaga stabilitas ekosistem yang ada dalam gua ini, Sahabat.

Itu tadi informasi seputar Goa Jomblang yang sangat eksotis, Sahabat. Sudah siap berpetualang di dunia lain, melihat hutan purba hingga menyaksikan secercah cahaya surga di gua ini? Yuk, kemasi barangmu sekarang juga, Sahabat!