03 April 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

03 April 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan budaya, salah satunya adalah kuliner makanan. Kepiawaian orang Indonesia dalam mengolah bahan baku yang ada sehingga dapat menghasilkan makanan yang disukai banyak orang patut diacungi jempol. Berapa ribu makanan dan resep sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia dengan berbagai rasa. Lalu, apakah Sahabat ingat apa yang menjadi jajanan kesukaan Sahabat dulu ? Berikut adalah beberapa jajanan jaman dulu yang mungkin menjadi kesukaan Sahabat semasa kecil. Yuk simak di bawah ini

Onde Onde

 

Yang pertama adalah Onde Onde. Jajanan tempo dulu yang sampai sekarang masih bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional ini merupakan salah satu jajanan yang terkenal di Indonesia. Onde Onde berbentuk bulat menyerupai bola dengan wijen di permukaannya. Onde Onde terbuat dari tepung beras dan biasanya mempunyai isi berupa kacang hijau. Onde Onde mempunyai tekstur yang empuk.

Kembang Tahu

 

Jika Sahabat ingin jajanan yang berkuah, Kembang Tahu pasti pernah Sahabat coba. Kembang Tahu yang biasa dijual oleh pedagang keliling mempunyai tekstur yang lembut dan mulus sehingga dapat dengan mudah ditelan tenggorokan. Biasanya Kembang tahu disajikan dalam mangkok dengan kuah air jahe. Bagaimana ? terasa hangat bukan Sahabat.

Serabi

 

Jajanan yang satu ini dapat dikatakan sebagai pancake-nya Indonesia. Ya, Serabi. Serabi yang berbentuk seperti kue dadar ini masih kerap ditemui di kota-kota besar. Macam-macam bentuknya pun sudah mulai bervariasi yang dari awalnya hanya memakai gula merah, sekarang ada yang ditaburi dengan coklat, keju dan lain-lain. Tidak hanya yang kering Sahabat, Serabi juga ada yang memakai kuah.

Klepon dan Kue Putu

sumber: Wikimedia

Lalu ada duo jajanan yang biasanya selalu dijual bersamaan, Klepon dan Kue Putu. Sahabat pasti ingat bagaimana suara pedagang Kue Putu bukan? Kedua makanan ini menggunakan gula jawa dan dilengkapi dengan parutan kelapa, hanya saja kalau klepon berbentuk bola dan direbus lalu kue putu dikukus dan berbentuk seperti tabung.

Kue Cubit

Sumber: wikimedia

 

Jajanan jaman dulu yang satu ini dapat dikatakan melegenda dan makin mempunyai banyak varian rasa sampai sekarang. Kue manis yang berbentuk kecil ini bisa jadi merupakan jajanan favorit Sahabat dulu bukan? Hanya saja jika dulu kue cubit hanya ditaburi coklat meses dengan rasa original, sekarang sudah ada bermacam rasa kue cubit seperti green tea, coklat, pandan.

Gethuk

Sumber: wikimedia

 

Bagi Sahabat yang kerap atau tinggal di Pulau Jawa tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini bukan? Getuk merupakan jajanan asal Jawa yang terbuat dari singkong. Biasanya Gethuk mempunyai berbagai macam warna dan disajikan dengan parutan kelapa di atasnya. Dan Sahabat, beberapa daerah di Pulau Jawa mempunyai jenis gethuk yang berbeda-beda dan ada yang dijadikan sebagai oleh-oleh.

Clorot

Sumber: wikimedia

Yang terakhir adalah Clorot. Clorot merupakan jajanan jaman dulu yang berasal dari Pulau Jawa dan mempunyai bentuk yang unik menyerupai terompet. Clorot terbuat dari gula merah, santan dan tepung beras lalu dimasak dengan cara dikukus. Adonan dibungkus dengan janur kuning. Cara makannya pun tidak begitu sulit, Sahabat hanya perlu menekan bagian bawahnya.

Bagaimana? Sahabat menjadi bernostalgia bukan dengan beberapa jajanan jaman dulu di atas. Selamat berburu jajanan Sahabat!