10 Juni 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

10 Juni 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Sahabat, saat ini para traveller tengah dihebohkan oleh keberadaan objek wisata baru yang cukup unik dan berbeda dari wisata pada umumnya. Sebuah jembatan gantung yang terbentang cukup panjang di Sukabumi Jawa Barat, tengah menjadi pusat perhatian. namanya adalah Jembatan Situ Gunung.

sumber gambar : travelingyuk.com

Jembatan Situ Gunung Sukabumi merupakan wisata baru di area Situ Gunung dan Curug Sawer. Sebuah Jembatan Gantung terpanjang di Jawa Barat bahkan Indonesia. Jembatan yang menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer ini menjadi viral di kalangan netizen. Terlebih lagi tempat ini cocok banget untuk spot foto dan langsung upload di sosial media seperti Instagram.

Panjang jembatan ini mencapai 250 m dengan ketinggian 150 m lebar 2 m lho. Bagi Sahabat yang takut ketinggian disarankan untuk tidak mencoba ya.  Karena saat Sahabat melintas di atas, Jembatan Situ Gunung ini akan terasa goyang dan saat menengok ke bawah, Sahabat bisa gemetar jika fobia ketinggian.

Update Akses dan Tiket Masuk ke Jembatan Situ Gunung

sumber gambar : travelingyuk.com

Akses untuk menuju Jembatan Situ Gunung juga sangat mudah sekali dan harganya cukup terjangkau. Berikut akses via kereta dan bus yang bisa Sahabat coba, lengkap dengan tarifnya :

Via kereta

  1. Ambil kereta Jakarta tujuan – St Bogor (tarif Rp 8000)
  2. Lanjutkan dengan naik kereta Pangrango, Kereta Tujuan Bogor Paledang – Sukabumi (tarif Rp 35.000 ) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.
  3. Turun di Stasiun Cisaat (Sebelum stasiun Sukabumi dan setelah Stasiun Karang Tengah)
  4. Tiba di Stasiun Cisaat jika nggak ada angkot yang mengarah langsung ke Jembatan Situ Gunung kalian bisa naik angkot apapun dan turun di Polsek Cisaat, waktunya sekitar 10 menitan karena dekat (tarif Rp 5000)
  5. Sampai di polsek Cisaat lalu disambung angkot merah ke arah Jembatan Situ Gunung (tarif Rp 12.000).
  6. Begitu tiba di gerbang Jembatan Situ Gunung jangan lupa membayar tiket masuk dan izin camp (tarif 35.000).

Total Biaya yang dibutuhkan ke Jembatan Situ Gunung dengan Kereta adalah Rp. 95.000 termasuk izin camping / biaya masuk kawasan situ gunung.

Via Bus

  1. Ambil kereta Jakarta tujuan – St Bogor (tarif Rp 8000)
  2. Dari Stasiun Bogor lanjut naik angkot 03 menuju terminal Baranangsiang (tarif Rp 6000)
  3. Tiba di terminal Baranangsiang, naik ELF atau bus tujuan Bogor – Sukabumi. Jangan lupa berhenti atau turun di pertigaan Cisaat (tarif Rp 30.000) dengan waktu yang nggak tentu tergantung kemacetan.
  4. Sesampainya di pertigaan Cisaat, lanjut naik angkot merah ke arah Jembatan Situ Gunung (tarif Rp 12.000)
  5. Begitu tiba di gerbang Jembatan Situ Gunung jangan lupa membayar tiket masuk & izin camp (tarif Rp 35.000).

Total Biaya yang dibutuhkan ke Jembatan Situ Gunung dengan ELF/ Bus adalah Rp. 91.000 termasuk izin camp / biaya masuk kawasan Jembatan Situ Gunung.

Fasilitas di Situ Gunung Sukabumi:

  1. Parkir
  2. Toilet
  3. Kamar Mandi
  4. Warung
  5. Wahana flying fox
  6. Perahu Sampan
  7. Camping Ground

Tiket masuk yang perlu Sahabat keluarkan untuk masuk ke Jembatan Situ Gunung adalah Rp50.000 untuk dewasa dan Rp25.000 untuk anak-anak. Akan dikenakan biaya tambahan jika Sahabat ingin mencoba wahana yang ada disana. Seperti flying fox (Rp25.000) dan perahu sampan (Rp20.500). Jam operasional Jembatan Situ Gunung ini mulai buka pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB setiap harinya.