22 Mei 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

22 Mei 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Kawasan Pasar Lama Kota Tangerang memang tempatnya kuliner legendaris. Jika Sahabat sedang berada di Tangerang, coba saja mampir ke pasar tersebut. Ada satu kuliner kekunoan yang masih diburu hingga kini yaitu jus kode.

Warung di Jalan Soleh Ali, Kecamatan Tangerang yang sudah buka sejak tahun 1960 itu masih eksis meski hanya berjualan jus buah.

Dari Mana Asal Usul Kode?

Jus kode konon didapat dari julukan ayah pemiliknya, `Kokoh yang paling gede` sehingga warungnya dinamai kode. Usaha yang dirintis sejak tahun 1954 kini dikelola oleh pak Andy bersama kakak perempuannya. Pak Andy mengambil alih usaha berjualan jus sejak tahun 1992 dari ayahnya.

Untuk meladeni pembeli yang selalu membludak, pak Andy mempekerjakan 4 orang karyawan. Karena saking larisnya, pak Andy hanya menutup warung sehari dalam dua minggu. Itu pun masih sering ditanyakan pelanggan jika warung tidak beroperasi.

Enak dan Murah, Jus Kode Bikin Ketagihan

Sumber : Instagram.com/dewinels

Sahabat pasti dibuat kaget dengan harga minuman yang begitu murah. Harga es jus kode ukuran gelas besar dipatok Rp10.000 sementara gelas kecil Rp8.000. Rasanya segar dan manis dari buah-buahan yang fresh dan gula asli.

Tak hanya es jus kode yang sudah dikenal seantero Tangerang, Sahabat juga bisa lho memesan minuman lain seperti es buah, es teler, dan es campur. Minum es sambil ditemani camilan pisang molen, kremes ubi manis, keripik singkong, makaroni, kacang goreng, rengginang, kerupuk bawang, biji ketapang, atau cheese stick. Camilan juga nggak kalah murah, hanya Rp1.000 - Rp2.000 saja per bungkus. Pak Andy juga melayani pesan antar minimal 10 bungkus tanpa tambahan biaya.

Pelanggan jus kode tak hanya anak sekolah tetapi juga karyawan kantoran. Meski sekarang sudah zaman media sosial, pak Andy mengaku tidak pernah melakukan promosi. Menurutnya, sasaran pembeli adalah masyarakat menengah ke bawah yang datang ke pasar, sehingga tidak perlu melakukan berbagai promosi.

Meski demikian, pelanggannya terus berdatangan hasil cerita dari mulut ke mulut oleh orang-orang yang pernah singgah ke warungnya. Dalam sehari ratusan jus bisa dijual oleh pak Andy di warung ini.

Menurut pengakuan para pelanggan, jus kode tidak hanya enak dan segar serta murah luar biasa. Ada beberapa faktor lain yang membuat warung selalu ramai yaitu karena pemiliknya sangat ramah dan pelayanan memuaskan. Ketika memesan jus, Sahabat boleh meminta takaran gula dan susu sesuai keinginan. Mereka akan mencatat dan menyajikan sesuai pesanan. Boleh juga meminta campur dua atau tiga macam buah untuk jus.

Sayangnya, hingga saat ini pak Andy masih menyewa warung tersebut. Beliau pun pasrah jika sewaktu-waktu pemilik warung akan memintanya kembali.

Tertarik mencicipi segarnya jus kode di warung pak Andy? Sahabat harus siap antre untuk mendapatkan jus istimewa ini, solusinya datanglah sebelum waktu makan siang. Selamat berwisata kuliner di Tangerang dan sekitarnya.